Bagaimana Cara Mengobati Jerawat Kistik dengan Vaseline?

Ilustrasi: wanita berjerawat (sumber: instyle.com)Ilustrasi: wanita berjerawat (sumber: instyle.com)

Jerawat merupakan kondisi yang sangat umum yang melibatkan gangguan dari unit pilosebasea pada kulit dan umumnya lebih sering diderita oleh remaja.[1] Jerawat yang mudah hilang disebut dengan komedo, sementara jerawat yang membandel dan meradang biasanya disebut jerawat kistik atau jerawat batu. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengobatinya dan salah satunya dengan mengoleskan petroleum jelly yang biasa dijual dengan merk Vaseline. Meskipun begitu, apakah cara ini benar-benar ampuh?

Manfaat Vaseline

Memiliki jerawat kistik memang sangat menyebalkan, karena tidak bisa sembuh dalam waktu yang cepat. Selain itu, diketahui jerawat kistik mudah menyebar, berkembang, dan menginfeksi bagian kulit lain di wajah. Jerawat batu ini juga akan menimbulkan bekas lubang atau cekungan yang mendalam di kulit. Ini membuat kulit wajah tampak tidak rata dan bertekstur.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini, seperti pergi ke dokter kulit supaya mendapatkan resep obat atau perawatan topikal. Obat-obat yang diresepkan oleh dokter kepada pasien dengan keluhan jerawat batu, antara lain accutane, asam salisilat, suntikan kortison, dan benzoyl peroxide. Tentunya, obat-obatan ini harganya tidak bisa dibilang murah, apalagi Anda harus membayar biaya pemeriksaan yang dilakukan oleh tim medis sebelum mendapatkan obat.

Baca juga:  Tips Cepat Memanjangkan Rambut Secara Alami

Dilansir dari allure, ada obat yang terbilang lebih ekonomis karena bisa Anda dapatkan dengan mudah tanpa harus memeriksakan diri ke dokter, yakni Vaseline. Produk ini sudah cukup populer, karena banyak beauty vlogger yang membuat review pemakaian Vaseline untuk berbagai kebutuhan, khususnya untuk mengatasi masalah jerawat membandel.

Vaseline (sumber: vaseline.com)

Vaseline (sumber: vaseline.com)

Vaseline, yang mengandung petroleum jelly atau jeli minyak bumi, sudah dijadikan sebagai salah satu produk andalan beberapa orang untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit. Menurut seorang konsumen, petroleum jelly ini mampu menghaluskan kulit dan meredakan peradangan akibat jerawat, sehingga kulit tidak terlihat terlalu merah.

Beberapa orang juga memakai Vaseline sebagai skincare untuk melindungi kulit dari komedo putih. Jeli minyak bumi diklaim mampu mengangkat komedo yang ada di kulit, sehingga kulit terhindar dari jerawat ringan ini. Konsumen lain menambahkan, Anda bisa memakainya sebagai produk untuk membersihkan kulit dari kotoran yang menyumbat pori-pori, sehingga kulit bebas jerawat.

Baca juga:  Apa Saja Efek Positif dan Negatif Olahraga untuk Kulit?

Meskipun Vaseline memiliki sifat yang berminyak dan padat, Anda tidak perlu khawatir jika kondisi kulit Anda sedang berminyak. Produk ini diklaim tidak akan mengubah atau menambah kadar minyak di dalam kulit. Seorang wanita yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat mengatakan, petroleum jelly pada Vaseline akan membantu mengontrol dan mengurangi kadar minyak di wajah.

Cara Mengobati Jerawat dengan Vaseline

Untuk mengobati jerawat kistik dengan Vaseline, tentunya tidak bisa sembarangan. Ada yang memakainya sebagai skincare malam untuk menghilangkan peradangan akibat jerawat batu. Caranya, oleskan produk perawatan wajah yang mengandung asam glikolat sebelum mengoleskan Vaseline. Pastikan Anda mengoleskannya dengan merata dan biarkan produk pertama meresap ke dalam kulit sebelum mengaplikasikan produk berikutnya.

Ilustrasi: wanita memakai krim wajah (sumber: allperfectstories.com)

Ilustrasi: wanita memakai krim wajah (sumber: allperfectstories.com)

Langkah ini akan membuat kulit Anda menjadi lebih lembap tanpa minyak di pagi hari. Kondisi kulit yang tidak terlalu berminyak membuat jerawat kistik tidak berkembang dan ini membuat radang di kulit berangsur membaik. Cara ini konon juga membuat kulit Anda tampak halus dan lebih bersih di pagi hari.

Baca juga:  Khawatir Dengan Warnanya Yang Gelap? Inilah Beberapa Cara Memerahkan Miss V Secara Alami

Seorang peneliti klinis dari Rumah Sakit Mount Sinai di New York bernama Joshua Zeichner mengatakan, menerapkan Vaseline di atas jerawat kistik yang menyakitkan sebenarnya dapat membantu menjaga fungsi pelindung kulit yang sehat saat kulit meradang. Dengan mengaplikasikan petroleum jelly dosis tinggi ke kulit sebagai langkah terakhir dalam rutinitas perawatan kulit di malam hari, diklaim akan membantu kulit Anda lebih kebal dengan jerawat di masa depan.

Zeichner juga mengatakan, minyak bumi tingkat kosmetik pada Vaseline seharusnya tidak membuat wajah Anda berjerawat. Meskipun begitu, pada beberapa kasus ditemukan orang yang alergi terhadap produk. Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya Anda melakukan uji tempel sebelum benar-benar meletakkan Vaseline dalam daftar produk daily skincare Anda.

[1] Pratama, Antonius Nugraha Widhi, Maulina Hari Pradipta, Afifah Machlaurin. 2017. Survei Pengetahuan dan Pilihan Pengobatan Jerawat di Kalangan Mahasiswa Kesehatan Universitas Jember. e-Jurnal Pustaka Kesehatan Universitas Jember, Vol. 5(2): 389-393.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: