Simpel, Ini Cara Mengobati Fungal Acne dengan Shampo Anti Ketombe

Menuangkan sampo (sumber: menshealth.com)Menuangkan sampo (sumber: menshealth.com)

Salah satu jenis jerawat yang menjadi beban pikiran banyak wanita, yaitu fungal acne atau biasa disebut dengan jerawat jamur. Jerawat akibat jamur memiliki sifat yang sulit dihilangkan dan cepat menyebar. Meskipun begitu, ternyata jerawat jamur dapat diobati dengan shampo anti ketombe yang ada di pasaran.

Shampo Anti Ketombe Ampuh Atasi Fungal Acne

Jerawat sendiri adalah kondisi abnormal kulit akibat gangguan produksi kelenjar minyak atau sebaceous gland, sehingga menyebabkan produksi minyak berlebih. Keadaan inilah yang memicu terjadinya penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit. Selain itu, minyak berlebih akan membuat bakteri dan jamur penyebab jerawat menjadi betah tinggal di kulit.[1]

Dilansir dari allure, jerawat jamur dapat diobati atau dicegah kambuh kembali dengan cara yang mudah dan sederhana. Salah satu perawatan kulit untuk membasmi jerawat jamur yang terbilang efektif, yaitu menggunakan sampo anti ketombe atau anti dandruff. Bahkan, para dermatologi juga setuju dengan cara tersebut.

Secara klinis, jerawat jamur juga dikenal sebagai pityrosporum folliculitis. Jerawat jamur sebenarnya adalah bentuk peradangan pada folikel rambut karena pertumbuhan ragi yang disebut Malassezia. Jerawat yang diakibatkan oleh jamur memang tidak hanya tumbuh di kulit wajah. Fungal acne akan terlihat di beberapa bagian kulit dengan kadar minyak berlebihan, seperti punggung, leher, lengan bagian atas, dan pantat. Apalagi bagian-bagian kulit tersebut sering mengalami perubahan suhu drastis akibat cuaca.

Baca juga:  Tanda-tanda Anda Memiliki Gangguan Kecemasan yang Patut Diwaspadai

Kondisi cuaca dan iklim di suatu negara atau daerah juga berdampak bagi para penderita fungal acne. Kondisi iklim yang panas dan lembap akan membuat jerawat jamur tumbuh lebih subur dan sulit dihilangkan. Karena itu, dibandingkan negara beriklim dingin atau empat musim, negara tropis memiliki jumlah penderita fungal acne lebih banyak.

Jerawat jamur sendiri selain membuat kulit terasa nyeri, juga berisiko terhadap ketombe. Secara tidak sadar, jerawat jamur akan membuat kulit menjadi kering di bagian tertentu dan mengelupas. Hal ini mirip dengan karakteristik ketombe di kepala. Inilah yang membuat shampo anti dandruff memiliki potensi untuk menghilangkan fungal acne.

Shampo anti ketombe diklaim dapat membantu mengobati jerawat jamur lebih baik daripada pembersih yang diformulasikan dengan bahan jerawat standar, seperti benzoil peroksida atau asam salisilat. Shampo ketombe dianggap sebagai perawatan fungal acne yang ampuh, karena mengandung ketoconazole, zinc pyrithione, atau selenium sulfide. Ketoconazole memiliki manfaat untuk menekan proses pertumbuhan dan penyebaran ragi jamur.

Baca juga:  See You Latte, Shade Wardah Lip Cream No 3 Dikenal Sebagai Warna Nude Favorit

Selain itu, beberapa shampo anti ketombe juga dilengkapi dengan sulfur yang cukup baik untuk menghasilkan asam pentatonic. Asam pentatonic adalah racun yang bertugas membunuh dan membersihkan jamur penyebab jerawat. Setelah Anda mengetahui bahwa shampo anti ketombe dapat menyembuhkan jerawat, lalu bagaimana cara menggunakannya?

Ilustrasi: fungal acne di punggung (sumber: medicalnewstoday.com)

Ilustrasi: fungal acne di punggung (sumber: medicalnewstoday.com)

Cara Mengobati Fungal Acne

Cara mengobati fungal jerawat memakai shampo anti ketombe tidaklah sulit. Pastikan Anda menyiapkan shampo anti dandruff yang biasa Anda gunakan sehari-hari. Para ahli menyarankan untuk memakai shampo anti ketombe merek Selsun Blue dan Head and Shoulders. Kedua shampo tersebut diklaim ampuh untuk mengatasi ketombe sekaligus jerawat jamur karena kandungannya.

Pastikan Anda sudah mencuci kulit Anda menggunakan sabun badan atau sabun wajah. Setelah itu tuangkan sedikit shampo anti ketombe di telapak tangan dan oleskan ke kulit yang berjerawat, bahkan Anda bisa mengaplikasikannya ke leher dan wajah. Gosok dengan lembut kulit Anda yang berjerawat menggunakan jari tangan sambil dipijat sesekali. Lalu, bilas menggunakan air dengan suhu normal hingga bersih dan lanjutkan pembersihan kulit menggunakan produk pembersih kulit Anda.

Baca juga:  Diklaim Aman Digunakan Untuk Bayi, Bedak Egret Dijual Sekitar Harga Rp 15 Ribuan

Hindari membilas shampo anti ketombe memakai air hangat atau air bersuhu di atas normal, karena dapat memicu jerawat semakin berkembang pesat. Hawa panas dari air hangat dapat membuat ragi pada jamur makin berkembang dan jerawat makin meradang. Selain itu, jangan lupa untuk segera mengeringkan kulit dengan handuk. Usahakan setelah Anda melakukan pengobatan menggunakan shampo, kulit berada dalam kondisi kering dan tidak terkena panas.

Perlu Anda ketahui bahwa shampo anti ketombe memerlukan waktu yang sedikit lama untuk bereaksi di kulit Anda. Sesuai dengan rekomendasi para ahli, untuk menyembuhkan fungal acne di kulit dada, punggung, pantat, dan lengan atas, Anda memerlukan waktu 10 menit sebelum membilasnya. Gunakanlah shampo anti ketombe secara rutin, akan lebih baik jika Anda memakainya setiap hari. Hal ini karena fungal acne dapat kambuh kapan saja.

[1] Sahara, Amita. 2015. Efektivitas Gel Campuran Daun Jambu Biji (Psidium guajava) dan Lidah Buaya (Aloe vera) untuk Mengurangi Radang Jerawat pada Kulit Wajah (Skripsi). Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: