Bisakah Menghilangkan Keloid dengan Dermatix Ultra?

Keloid pada bekas luka (sumber: medi-call.id)Keloid pada bekas luka (sumber: medi-call.id)

Memiliki bekas luka bagi sebagian besar orang memang cukup mengganggu, terlebih jika kulit seseorang mempunyai kecenderungan untuk mengalami keloid. Keloid biasanya menjadi kondisi yang menghantui para wanita yang baru menjalani operasi caesar atau orang-orang dengan bekas luka lainnya. Meski menjadi kondisi yang belum bisa disembuhkan secara sempurna, kini banyak bermunculan produk salep atau krim yang diklaim bisa menghilangkan keloid, misalnya saja seperti Dermatix Ultra.

Tentang Keloid

Keloid adalah pertumbuhan jaringan parut kulit yang berlebihan saat proses penyembuhan luka. Umumnya, pertumbuhan kulit akan terhenti jika kulit yang luka atau terbuka sudah menyatu. Namun, pada orang dengan “bakat” keloid, kulit baru tumbuh melebihi batas luka sehingga tampak menonjol dengan warna cokelat kemerahan. Keloid dapat dicegah dengan pemberian steroid saat proses penyembuhan luka agar tidak terbentuk jaringan parut yang berlebihan. Keloid yang sudah terbentuk sulit dihilangkan.

Meskipun umumnya sulit hilang tanpa bekas, dokter biasanya memiliki beberapa alternatif tindakan pengobatan untuk mengatasi keloid. Berikut di antaranya.

Pengobatan Keloid

  • Injeksi dengan kortison. Cara ini aman dan tidak menyakitkan. Injeksi biasanya diberikan sebulan sekali sampai manfaat maksimal diperoleh. Injeksi kortison, sejenis steroid, akan meratakan keloid dengan cara memaksimalkan fungsi pembuluh darah pada daerah keloid.
  • Operasi. Tindakan ini sangat berisiko karena irisan pisau bisa menyebabkan tumbuhnya keloid baru. Beberapa ahli bedah biasanya mengombinasikan pengobatan injeksi kortison dengan pembedahan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
  • Laser. Pengobatan dengan laser terbukti efektif untuk meratakan keloid dan memudarkan warnanya. Sayangnya, terapi yang cukup aman dan tidak menyakitkan ini masih jarang digunakan.
  • Salep silikon. Penggunaan salep silikon untuk menutup keloid masih menimbulkan hasil yang beragam. Beberapa ada yang berhasil, tetapi ada pula yang gagal.
  • Pembekuan. Pembekuan keloid dengan menggunakan nitrogen cair kadang mampu meratakannya, tetapi efek sampingnya bisa menyebabkan daerah keloid menjadi lebih gelap.

    Keloid bekas luka di tangan (sumber: medicalnewstoday.com)

    Keloid bekas luka di tangan (sumber: medicalnewstoday.com)

Apakah Dermatix Bisa Digunakan untuk Keloid?

Dermatix Ultra merupakan produk salep seharga Rp177 ribuan yang memiliki indikasi untuk perawatan, meratakan, menghaluskan, serta memudarkan luka parut yang timbul setelah proses operasi atau trauma kulit, misalnya seperti keloid atau bekas luka yang menonjol setelah luka sembuh dan biasanya terjadi pada luka bekas operasi caesar atau bekas luka gores.

Selain keloid, Dermatix pun diklaim dapat mengatasi luka hipertrofik yang menonjol akibat respons abnormal kulit terhadap trauma atau luka, umumnya bisa terjadi di mana saja di kulit tubuh dan masih relatif lebih mudah diatasi daripada keloid. Tak ketinggalan, Dermatix pun kabarnya bisa mengatasi luka bakar yang sudah mulai sembuh, tetapi sebaiknya tidak digunakan untuk luka bakar yang masih baru.

Nah, supaya lebih memahami seputar Dermatix, Anda bisa melihat ulasan lengkap mengenai komposisi dan cara kerja dari produk Dermatix ditinjau dari bahan-bahan yang terkandung di dalamnya, seperti dilansir Honestdocs.

Komposisi Dermatix Ultra

Cyclopentasiloxane, Phenyl Trimethicone, Polysilicone-11, Dimethicone, Polymethylsilsesquioxane, Tetrahexyldecyl Ascorbate.

Kemasan Dermatix Ultra (sumber: yulibu.com)

Kemasan Dermatix Ultra (sumber: yulibu.com)

Mekanisme Kerja Dermatix

  • Cyclopentacyloxane: adalah senyawa yang digunakan dalam industri kosmetik sebagai kondisioner, pelumas, dan pelarut. Ketika digunakan untuk kulit bisa membuat kulit lebih halus, licin, dan kenyal, sehingga kerap digunakan untuk mengurangi keriput.
  • Dimethicone: adalah senyawa yang digunakan sebagai obat untuk melindungi kulit lantaran bersifat mengganggu homeostatis air, sehingga bisa mengurangi rasa gatal di kulit, kulit yang lecet, maupun pecah-pecah.
  • Vinyl dimethicone ascorbyl tetraisopalmitate: adalah bentuk lain dari dimethicone dan vitamin E ester (turunan vitamin C). Zat ini disebut-sebut bisa diserap lebih dalam ke dalam kulit dan lebih sulit dipecah oleh kondisi lingkungan sekitar. Selain itu, sifatnya non-acid, sehingga bisa meminimalisir efek iritatif pada kulit dan larut dalam lemak.

Cara Pakai Dermatix Ultra

  1. Bersihkan area yang akan diobati dengan sabun dan air.
  2. Keringkan dengan handuk bersih.
  3. Taruh sedikit gel Dermatix Ultra di ujung jari dan aplikasikan pada bekas luka.
  4. Biarkan kering selama 1-2 menit.
Mengoleskan krim penghilang keloid (sumber: keloid.com)

Mengoleskan krim penghilang keloid (sumber: keloid.com)

Peringatan & Perhatian Penggunaan Dermatix

  • Bekas luka merupakan bentuk reaksi alami tubuh untuk memperbaiki kerusakan pada jaringan. Tetapi apabila bekas luka tersebut dirasa mengganggu, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter kulit. Dokter kulit dapat membantu Anda untuk menemukan cara terbaik dalam menghilangkan bekas luka.
  • Sebaiknya hindari mengoleskan Dermatix Ultra ke luka terbuka dan luka yang masih basah, jaringan di dalam hidung dan mulut, serta kulit di sekitar mata.
  • Jangan mengoleskan Dermatix Ultra ke bekas luka yang cekung (kulit kelihatan berlubang-lubang), seperti bekas luka dari cacar air dan jerawat parah.
  • Dermatix Ultra juga tidak boleh digunakan bersamaan dengan antibiotik atau obat perawatan kulit lain tanpa petunjuk dokter.
  • Hindari paparan sinar matahari yang terik dan berada di tempat dengan suhu ekstrem saat Anda sedang menggunakan Dermatix Ultra.
  • Kandungan vitamin C pada Dermatix Ultra berpotensi menyebabkan kulit menjadi kering.
  • Simpanlah Dermatix Ultra gel di ruangan bersuhu di bawah 25 derajat celcius dan jauh dari sumber panas. Jauhkan dari jangkauan anak-anak. Jangan gunakan setelah masa kedaluwarsa.
  • Apabila terjadi reaksi alergi setelah pemakaian Dermatix Ultra, segera temui dokter.

Perlu Anda ingat, keloid pada dasarnya adalah kondisi kulit yang cukup sulit untuk dihilangkan secara sempurna. Oleh sebab itu, pemakaian krim atau salep tertentu seperti Dermatix juga harus dilakukan secara teratur dalam jangka waktu yang lama sampai setidaknya keloid di kulit Anda agak tersamarkan.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: