Bagaimana Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Lidah Buaya?

Lotion Masker Lidah Buaya - www.insider.comLotion Masker Lidah Buaya - www.insider.com

Jerawat memang dapat sembuh dalam waktu yang relatif cepat, namun tidak dengan bekasnya. Bekas jerawat yang cenderung lama hilang, menjadi salah satu alasan banyak orang merasa kurang percaya diri. Untuk menghilangkan bekas jerawat dengan cara alami, Anda bisa memakai daging lidah buaya.

Tanaman lidah buaya sudah dikenal secara luas oleh masyarakat Indonesia. Umumnya, tumbuhan ini dipakai sebagai bahan dalam pembuatan produk kosmetik dan kecantikan, makanan, obat luka, hingga skincare penghilang jerawat.[1] Sementara produk dengan kandungan lidah buaya harganya di pasaran terbilang tidak murah, Anda bisa membuatnya sendiri dengan cara yang terbilang lebih mudah dan pastinya ekonomis.

Gel Lidah Buaya Murni

Untuk menghilangkan bekas jerawat, cara yang paling mudah yaitu menggunakan lidah buaya murni. Anda bisa membeli aloe vera di supermarket terdekat atau mengambilnya dari pekarangan. Setelah itu, siapkan pisau, talenan, sendok, dan mangkuk plastik.

Cuci lidah buaya yang baru dipetik atau dibeli hingga bersih. Jika perlu, gunakan sikat atau alat penggosok untuk menghilangkan kotoran atau sisa tanah yang menempel. Setelah dicuci, keringkan lidah buaya menggunakan lap bersih. Hilangkan duri yang ada di bagian pinggir lidah buaya menggunakan pisau.

Baca juga:  Tampilkan Finishing Matte, Produk Foundation Wardah Jadi Best Seller

Belah bagian tengah lidah buaya untuk mempermudah memisahkan daging buah dan kulitnya. Pakailah sendok untuk mengambil daging lidah buaya beserta lendirnya dan masukkan ke dalam mangkuk plastik. Aplikasikan lendir dan daging buah pada permukaan kulit yang ada bekas jerawatnya. Diamkan selama 5 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih.

Gel Lidah Buaya Murni - www.honestdocs.id

Gel Lidah Buaya Murni – www.honestdocs.id

Sheet Mask Lidah Buaya

Selain menjadikannya obat oles, Anda bisa membuat sheet mask lidah buaya sendiri untuk menghilangkan jerawat. Siapkan lidah buaya segar yang baru dibeli atau dipanen. Bersihkan kulit lidah buaya menggunakan air hingga bersih, lalu keringkan memakai serbet bersih atau diangin-anginkan.

Hilangkan duri lidah buaya di bagian samping dan ujungnya. Setelah itu, belah lidah buaya menjadi dua bagian dan pisahkan bagian kulit dengan daging buahnya. Potong daging buah lidah buaya dengan pola dadu, lalu masukkan ke dalam blender. Blender daging buah aloe vera tanpa menggunakan air.

Baca juga:  Simak Pelembab Wajah Pilihan untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat!

Setelah Anda mendapatkan jus aloe vera yang kental dengan tekstur menyerupai gel, ambil tisu atau kapas. Masukkan tisu atau kapas ke dalam mangkuk dan masukkan jus lidah buaya untuk merendamnya. Aplikasikan tisu atau kapas ke permukaan kulit Anda secara merata, atau kulit yang ada bekas jerawatnya saja. Biarkan sheet mask menempel di permukaan kulit selama 10-15 menit. Bilas wajah Anda hingga bersih dan lakukan hal ini secara rutin untuk mencerahkan wajah dan menghilangkan bekas jerawat.

Sheet Mask Lidah Buaya - (YouTube: Mom Life & Style randomerscloud)

Sheet Mask Lidah Buaya – (YouTube: Mom Life & Style randomerscloud)

Lotion Masker Lidah Buaya

Lidah buaya yang diperkaya air dan vitamin, juga bisa dijadikan sebagai bahan pembuatan lotion masker. Lotion masker lidah buaya memiliki tekstur yang kental namun lebih cair daripada gel. Untuk membuatnya, Anda harus mencuci bersih lidah buaya dan memotongnya dengan pola dadu.

Dilansir dari hellosehat, masukkan lidah buaya ke dalam panci berisi air. Didihkan air lidah buaya selama beberapa menit. Aduk airnya hingga teksturnya sedikit berubah menjadi lebih kental. Setelah itu, tambahkan madu ke dalam air rebusan dan tunggu hingga suhunya turun.

Baca juga:  Penyebab dan Cara Atasi Kulit Kusam Agar Lebih Bercahaya

Aplikasikan lotion tersebut ke permukaan kulit secara merata. Sebaiknya Anda memakai lotion saat suhunya sudah dingin, karena akan memberikan sensasi sejuk dan segar di kulit. Biarkan lotion sedikit terserap oleh kulit, biasanya sekitar 3-5 menit. Setelah itu, cuci wajah Anda menggunakan air hingga bersih. Lotion masker lidah buaya ini tidak hanya bermanfaat untuk menghilangkan bekas jerawat, tetapi juga mengobati jerawat.

Selain hanya memakai aloe vera, untuk masker, Anda bisa menambahkan beberapa bahan lain, seperti kunyit dan lemon sebagai campuran. Dua bahan tersebut memiliki kandungan vitamin C dan E, serta mineral yang baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Selain itu, kunyit dan lemon memiliki sifat anti-inflamasi, antiseptik, dan antibakteri. Dengan sifatnya tersebut, masker buatan Anda bisa menghentikan peradangan kulit akibat jerawat sekaligus mencegah jerawat datang kembali.

Lotion Masker Lidah Buaya - www.insider.com

Lotion Masker Lidah Buaya – www.insider.com

[1] Kamal, Sainal Edi & Dwi Septia Saputri. 2018. Uji Aktivitas Infusa Daun Lidah Buaya (Aloe Vera.) terhadap Propionibacterium Acnes Penyebab Jerawat. Jurnal Farmasi Sandi Karsa, Vol. 6(7): 1-4.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: