Penyebab dan Cara Menghentikan Tanda Penuaan pada Kulit Wanita

Ilustrasi: wanita tua & mudaIlustrasi: wanita tua & muda

Memperhatikan kesehatan kulit merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan, hal ini karena kulit merupakan salah satu bagian tubuh paling penting. Dengan melindungi kesehatan kulit, tidak hanya membuat kulit lebih sehat tetapi juga dapat menghentikan tanda penuaan pada kulit. Tentunya memiliki kulit dengan tanda penuaan menjadi salah satu hal yang dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri, apalagi bagi seorang wanita. 

Ada banyak sekali cara untuk merawat dan menjaga kulit agar tetap sehat dan terhindar dari tanda-tanda penuaan dini. Salah satunya, dengan menghindari sinar matahari saat terik. Jika kulit terlalu sering terpapar sinar matahari dan tidak terlindungi maka ada beberapa hal yang dapat terjadi terkait dengan penurunan kesehatan kulit Anda.

Anda dapat melakukan banyak hal untuk melindungi kulit dari sinar matahari menyangkut kesehatan kulit Anda. Sinar matahari sendiri merupakan salah satu musuh alami bagi kulit apabila Anda terlalu sering berjemur. Dan sama halnya dengan usia, kulit tubuh juga dapat menua seiring berjalannya waktu. 

Ada tanda-tanda penuaan pada kulit secara fisik seperti kekeringan dan tampak garis-garis halus di sekitar kulit. Salah satu penyebab dari munculnya gejala ini yaitu karena kulit terlalu sering terpapar sinar matahari. Ada baiknya Anda menghindari sinar matahari saat siang dan menjelang sore hari. Namun jika Anda tidak bisa menghindarinya, Anda bisa melindungi kulit Anda dengan menggunakan krim atau sejenisnya. 

Apa Saja Penyebab Munculnya Tanda Penuaan Kulit?

Kurangnya Kadar Kolagen dalam Kulit Tubuh

Semakin bertambahnya usia tampaknya membuat produksi kolagen dalam kulit juga akan semakin berkurang. Begitupun pada wanita, setiap wanita pada dasarnya memiliki kandungan kolagen berbeda-beda tergantung dari jenis kulit dan pola hidupnya. Bagi Anda yang cenderung jarang mengonsumsi makanan mengandung kolagen seperti makanan berlemak dan buah ataupun sayur hijau, maka kandungan kolagen dalam kulit pun cenderung lebih sedikit. 

Ilustrasi: tanda penuaan

Ilustrasi: tanda penuaan

Untuk meningkatkan kandungan kolagen pada kulit, Anda bisa mencoba untuk mengubah pola hidup Anda menjadi pola hidup sehat. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengonsumsi makanan ataupun minuman dengan kandungan kolagen tinggi. Selain dapat meningkatkan kadar kolagen dalam kulit, tubuh Anda juga akan lebih sehat dan jarang terkena penyakit. 

Efek dari Hormon Estrogen pada Wanita

Selain kekurangan kadar kolagen dalam kulit, tampaknya seorang wanita akan lebih cepat mengalami penuaan kulit dibanding seorang pria. Hal ini dilansir dari sebuah penelitian mengenai perbedaan usia penuaan pada kulit pria dan wanita. Hasilnya, seorang wanita dapat mengalami penuaan kulit lebih cepat karena mereka memiliki kadar hormon estrogen lebih tinggi dibanding pria.

Selain itu, ketika seorang wanita mengalami menstruasi, ini juga sangat berpengaruh terhadap cepatnya mereka mengalami penuaan pada kulit. Ketika seorang wanita menstruasi maka kadar hormon estrogen akan meningkat dan sebagian sel tubuh pada wanita juga akan ikut rusak sehingga beberapa sel di dalam tubuh termasuk kulit akan mengalami kerusakan dan penuaan lebih cepat. 

Merokok

Jika Anda memiliki kebiasaan merokok, ada baiknya Anda untuk memperhatikan efek samping dari hal tersebut. Bagi sebagian besar orang, merokok merupakan hal yang wajar tetapi perlu Anda ketahui bahwa merokok tidak hanya memiliki efek samping dapat menyebabkan penyakit kronis tetapi juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan kulit Anda.

Seringnya merokok tidak hanya dapat merusak kulit tetapi juga dapat memicu munculnya garis-garis halus di sekitar mata bagian bawah. Hal ini diakibatkan karena menyipitkan mata berulang-ulang dari asap dapat membantu membentuk jaringan garis-garis halus secara permanen di sekitar mata. Dan zat kimia pada asap rokok dapat menyebabkan kulit kehilangan nutrisi, elastisitas, dan kelembapan. 

Bagaimana Cara mengatasi dan Menghentikan Tanda Penuaan pada Kulit?

Ilustrasi: penggunaan krim tabir surya (sumber: verywellhealth.com)

Ilustrasi: penggunaan krim tabir surya (sumber: verywellhealth.com)

Menggunakan Sunscreen 

Cara pertama yang bisa Anda lakukan setiap hari untuk menjaga kulit agar tampak awet muda dan terhindar dari gejala penuaan yaitu menggunakan sunscreen setiap hari. Sebenarnya kulit dapat mengatasi dan memperbaiki dirinya sendiri, tetapi akan lebih baik jika Anda membantu untuk mempercepat prosesnya. Tidak hanya agar cepat tetapi juga untuk mengatasi dan menghindari gejala penuaan dini.

Usahakan ketika Anda memilih jenis sunscreen, pilihlah jenis sunscreen dengan kandungan SPF mulai dari 15. Untuk sehari-hari sunscreen dengan kandungan SPF 15 ini sangat baik karena dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Namun jika Anda ingin berlama-lama di bawah sinar matahari seperti jika Anda ingin pergi ke pantai ataupun berenang, ada baiknya Anda menggunakan sunscreen dengan SPF lebih tinggi hingga SPF 50.

Menggunakan Moisturizer

Cara berikutnya yaitu dengan memperhatikan kelembapan kulit, semakin bertambahnya usia maka kulit seseorang akan cenderung memiliki tingkat kelembapan semakin berkurang. Jika ini tidak diatasi, akan terlihat garis-garis halus, bercak atau spot, dan flek di kulit Anda.

Untuk itu, gunakan beberapa jenis krim ataupun lotion dengan kandungan moisturizer tinggi. Beberapa produk skincare saat ini juga memiliki produk moisturizer sendiri yang khusus untuk mengatasi dan mencegah timbulnya gejala penuaan pada kulit. Gunakan setiap hari dan secara rutin agar Anda memiliki kulit awet muda. 

Menggunakan Serum Vitamin

Ada beberapa jenis serum yang bisa Anda gunakan sebagai salah satu langkah pencegahan timbulnya gejala penuaan pada kulit seperti serum dengan kandungan vitamin A dan C. namun, jika Anda ingin mengatasi gejala penuaan dini, akan lebih baik jika Anda mencoba menggunakan jenis serum dengan kandungan vitamin A, C, dan E.

Beberapa cara di atas tampaknya akan berbeda hasilnya pada setiap orang tergantung dari jenis kulit masing-masing. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: