Tak Perlu Minder, Ini Pengobatan Atasi Eczema

Ilustrasi: gangguan di kulit punggung (sumber: allure.com)

Eczema merupakan salah satu jenis penyakit dermatitis atopik yang sering dialami oleh anak-anak. Untuk mengatasinya, pasien harus berkonsultasi ke dokter kulit dan mendapatkan perawatan secara intens. Secara fisik, eczema membuat para penderitanya minder karena kulit yang belang-belang. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada cara untuk mengobatinya.

Sebagai salah satu jenis dermatitis atopik (DA), eczema sebenarnya adalah masalah kesehatan global dengan peningkatan prevalensi dan biaya untuk pengobatan yang tinggi. Prevalensi DA bisa meningkat dua hingga tiga kali di negara industri selama tiga dekade terakhir, yaitu 15-30% pada anak dan 2-10% pada dewasa. Dari data terbaru, menunjukkan bahwa DA adalah masalah terbesar di beberapa negara, termasuk Indonesia. Sekitar 85% pasien dengan DA adalah anak usia dini dan 70% adalah orang dewasa.[1]

Dilansir dari allure, penderita eczema yang berasal dari kalangan orang dewasa biasanya memiliki kulit sensitif dan mudah terkena eksim. Pengobatan yang harus dilakukan oleh orang dewasa dengan DA tentu berbeda dengan anak-anak. Mereka memerlukan perawatan yang khusus dengan produk-produk tertentu, tergantung pada tingkat keparahannya.

Pengobatan Eczema di tangan (sumber: eczema.org)

Pengobatan Eczema di tangan (sumber: eczema.org)

Selain itu, gejala eczema pada orang dewasa biasanya membuat mereka merasa tertekan dan kurang percaya diri. Bahkan, untuk menghilangkan perasaan tersebut, dokter tak jarang memberikan obat penenang dan obat tidur kepada pasiennya. Padahal, jika Anda mengalami gejala DA, Anda tidak perlu merasa terlalu terbebani karena penyakit ini bisa disembuhkan.

Baca juga:  Apakah Diabetes Merupakan Penyakit Turunan?

Seorang wanita bernama Elle Fanning telah membuktikan bahwa ia bisa terlepas dari rasa tidak pede karena eczema yang ia alami. Fanning juga telah membuat sejumlah orang merasa percaya diri dengan cuitannya di Instagram pribadinya. Dalam statusnya, terlampir sebuah foto selfie Fanning yang mengenakan tanktop berwarna putih dengan pose memperlihatkan matanya yang indah. Gejala eczema yang ia alami telah membuat dirinya menjadi cantik tanpa harus mengenakan make up dekoratif. Di bawah fotonya tertulis, “Eczema bisa diubah jadi eyeshadow.”

Wanita yang dikenal sebagai aktor tersebut juga memamerkan betapa indahnya warna kelopak mata tanpa riasan yang terkena eczema. Gejala tersebut membuat kelopak matanya menjadi berwarna lebih gelap. Karena Fanning memiliki kulit yang putih kemerahan, maka kelopak mata dengan eczema terlihat berwarna pink dengan semburat peach.

Baca juga:  Tips Eyebrow Threading, Teknik Membentuk Alis Agar Tampak Indah

Melihat pilihan aktor cantik tersebut yang lebih ingin menjadi cantik dengan eczema, tentunya membuat para pasien lain sedikit terhibur. Mereka tidak perlu mengkhawatirkan bentuk penyakit serta warna kulit akibat DA. Dengan postingan dari Fanning, diharapkan pasien eczema dapat menjalani perawatan tanpa rasa minder atau cemas akan warna kulit dan fisiknya.

Penyebab Eczema

Ilustrasi: eczema di wajah (sumber: allure.com)

Ilustrasi: eczema di wajah (sumber: allure.com)

Eczema atau eksim tidak hanya bisa terjadi di wajah. penyakit ini juga sering dijumpai di bagian kulit tubuh lainnya, seperti tangan dan kaki. Meskipun begitu, kebanyakan penderita eczema yang mengalami di wajah lebih merasa malu dibanding pasien yang mengalami eksim di tangan atau kaki. Eczema yang muncul di wajah bisa disebabkan oleh banyak faktor, di antaranya hawa dingin, kulit kering, penggunaan produk kosmetik yang kurang tepat, dan alergi dengan musim tertentu.

Gejala eczema pada setiap pasien berbeda-beda, tidak hanya mengalami bercak kemerahan di kulit. Dilansir dari Alodokter, beberapa pasien juga mengalami ruam yang melepuh dan mengeluarkan cairan, area mata lebih gelap, kering, bersisik, pergelangan tangan atau bawah mata menebal, pergelangan tangan atau bawah mata mengkerut, pecah-pecah, terkelupas, berdarah, dan gatal-gatal pada kulit. Gejala eczema juga bisa membuat pasien merasa sulit tidur, apalagi jika eksimnya parah dan gatal.

Baca juga:  Rekomendasi Sunscreen Bagus dan Berkualitas untuk Kulit Berminyak

Untuk mengatasinya, biasanya dokter akan memberikan obat topikal dan oral. Selain itu, bagi pasien yang memiliki kulit sensitif, dianjurkan untuk memakai produk sabun yang tepat saat membersihkan kulit yang terkena eczema. Jika pasien tidak dapat menemukan produk sabun yang tepat, mereka bisa menggunakan air hangat dan handuk untuk membersihkannya.

Selain itu, para penderita eksim tidak boleh menggunakan baju yang ketat dan terlalu tebal. Mereka disarankan untuk memakai sandang yang tipis dan longgar. Sehingga, kulit yang bermasalah tidak tergesek dengan kain. Pasien juga akan merasa nyaman karena tidak ada keringat yang keluar yang dapat menyebabkan rasa gatal dan sensasi panas.

[1] Eliska, Noviyanti, dkk. 2015. Faktor Risiko pada Dermatitis Atopik. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan Universitas Sriwijaya, Vol. 2(1): 143-149.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: