Mengapa Komedo dan Jerawat Selalu Muncul di Tempat yang Sama?

Ilustrasi: masalah komedo dan jerawat yang mengganggu (sumber: marieclaire.com) Ilustrasi: masalah komedo dan jerawat yang mengganggu (sumber: marieclaire.com)

Seseorang dengan jenis kulit berminyak tentunya juga mengalami masalah dengan munculnya komedo. Bagaimana tidak, karena kulit berminyak adalah salah satu penyebab  munculnya komedo dan juga jerawat. Untuk mengatasinya, Anda perlu memilih jenis produk dari brand perawatan kulit yang secara khusus diformulasikan untuk jenis kulit berminyak dan berkomedo.

Komedo sendiri merupakan salah satu jenis jerawat ringan yang dapat dibagi menjadi 2 jenis, yakni komedo hitam (blackhead) dan komedo putih (whitehead). Namun, meski berbeda jenis, pada dasarnya penyebab komedo hitam dan penyebab komedo putih adalah sama, yakni adanya penyumbatan pori-pori oleh kontaminan, entah itu berupa debu, kotoran, sel kulit mati, atau kadar minyak berlebih. Jadi untuk pemilik jenis kulit berminyak memang dianggap paling rentan untuk memiliki masalah komedo.

Cara Memilih Produk Pengangkat Komedo

Agar tidak salah memilih, Anda harus terlebih dahulu mengetahui empat poin yang harus Anda perhitungkan dalam memilih produk pengangkat komedo. Berikut ulasannya:

Pilih produk berdasarkan jenisnya

Produk pengangkat komedo yang berkembang di pasaran terbagi atas dua jenis yaitu jenis strip dan jenis clay. Keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pengangkat komedo jenis strip langsung ditempelkan ke hidung Anda. Sebelum diaplikasikan, hidung harus dalam keadaan basah agar produk ini dapat menempel sempurna.

Jika Anda memiliki kulit sensitif dan mudah teriritasi, disarankan untuk memilih produk pengangkat komedo jenis clay. Umumnya, pengangkat komedo jenis clay menggunakan lumpur atau partikel-partikel baik dari dasar laut yang memiliki tingkat adsorpsi tinggi. Sama dengan jenis strip, produk ini juga akan membersihkan komedo hingga ke pori-pori. Beberapa produk bahkan dilengkapi dengan bahan anti-inflamasi dan antibakteri yang menjadikannya lebih unggul dibandingkan jenis strip. Namun, produk semacam ini masih sulit ditemukan di pasaran Indonesia.

Ilustrasi: memilih produk untuk mengatasi jerawat (sumber: anews.com)

Ilustrasi: memilih produk untuk mengatasi jerawat (sumber: anews.com)

Perhatikan kandungan bahannya

Baca juga:  Solusi Atasi Kulit Wajah Berjerawat Dengan Rangkaian Produk Toner Ponds Untuk Jerawat

Perlu Anda ingat, baik itu jenis strip maupun jenis clay, keduanya memiliki cara kerja yang sama yaitu membersihkan komedo dengan menyerap air dan minyak dari pori wajah. Oleh sebab itu, beberapa produk pengangkat komedo menambahkan bahan-bahan untuk memperbaiki struktur kulit setelah pembersihan komedo. Produk seperti ini akan memberi kenyamanan bagi penggunanya karena selain membersihkan juga dapat merawat kulit.

Kebanyakan produk pengangkat komedo diperkaya kandungan volcanic lava karena kemampuannya untuk membersihkan kulit tidak perlu diragukan lagi. Produk dengan kandungan volcanic lava dari merek terkenal juga mudah didapatkan di toko online di Indonesia. Selain itu, Anda juga dapat memilih produk dengan kandungan ekstrak mint atau bamboo charcoal yang mampu mengecilkan pori-pori.

Waktu yang dibutuhkan untuk mendiamkan produk

Semua produk pengangkat komedo membutuhkan waktu beberapa saat untuk didiamkan sebelum Anda bersihkan. Jadi, penting untuk Anda memperhatikan berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh suatu produk dalam membersihkan komedo. Sebaiknya, Anda menggunakan pengingat atau stopwatch saat sedang menggunakan produk agar tepat waktu dalam mengelupas dan membersihkannya.

Mendiamkan produk pengangkat komedo lebih lama dari waktu yang dianjurkan dapat berdampak buruk. Bukan hanya mengangkat komedo saja, dikhawatirkan produk pengangkat komedo juga dapat merusak kulit wajah

Pilih produk yang dilengkapi dengan bahan-bahan berkualitas
Produk pengangkat komedo yang berkualitas baik memang dijual dengan harga yang cukup  mahal. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena produk tersebut tidak akan sering digunakan. Walau frekuensi penggunaan produk pengangkat komedo berbeda-beda untuk setiap orang, tetapi disarankan untuk menggunakannya 1-2 kali seminggu. Oleh karena itu, prioritaskanlah produk yang dilengkapi dengan bahan-bahan berkualitas. Jangan sampai kulit Anda menjadi bermasalah karena menjatuhkan pilihan pada produk yang kurang baik.

Penyebab Komedo dan Jerawat Selalu Muncul di Tempat yang Sama

Ilustrasi: memencet komedo dan jerawat (sumber: verywellhealth.com)

Ilustrasi: memencet komedo dan jerawat (sumber: verywellhealth.com)

Belum banyak yang tahu jika jerawat dan komedo yang sering atau bahkan terus muncul di tempat yang sama, ternyata itu dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Menurut Alain Michon, MD seorang dokter kecantikan dan Medical Director di Ottawa Skin Clinic, ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab jerawat dan komedo kembali muncul di area yang sama. Apa saja?

Menyentuh Wajah dengan Tangan

Baca juga:  Referensi Produk Pond’s Untuk Kulit Berminyak dan Berkomedo

Salah satu penyebab jerawat dan komedo kerap muncul di area yang sama adalah karena kebiasaan menyentuh atau memegang wajah, baik secara sengaja maupun tidak disengaja. Tanpa disadari, tangan Anda sebenarnya penuh dengan berbagai macam kuman dan bakteri yang tak kasat mata dan dapat mengakibatkan infeksi dan peradangan pada kulit, sehingga berpotensi menimbulkan jerawat di area yang sama, khususnya pada bagian wajah yang paling sering tersentuh. Untuk mencegahnya, Anda perlu memastikan kebersihan tangan, terutama sebelum menggunakan skin care agar wajah tidak terkontaminasi bakteri dan kuman yang berpindah dari tangan.

Menggunakan Produk Riasan yang Salah

Label harga untuk produk riasan mungkin tidak selalu penting, tetapi bahan-bahan yang terkandung di dalamnya adalah hal penting yang harus kita pertimbangkan. “Riasan komedogenik menyebabkan penyumbatan di pori-pori dan dapat menyebabkan jerawat muncul dari komedo,” kata Michon. “Jika area tertentu dari wajah kita terus-menerus berjerawat, periksa label riasan untuk melihat apakah itu mungkin penyebabnya. Idealnya, semua produk riasan harus bersifat harus non-comedogenic,” tambah dia.

Faktor Hormon

Baca juga:  Manfaat Mammografi Sebagai Pendeteksi Sel Kanker Payudara

Terkadang, jerawat dan komedo yang bermunculan ini juga bisa diakibatkan oleh hormon. Praktik memeriksa lokasi jerawat di wajah untuk mendiagnosa masalah kesehatan, yang dikenal sebagai pemetaan wajah, merupakan teknik pengobatan kuno dari China. Meskipun teknik dari metode ini telah berevolusi dari waktu ke waktu, inti pengobatan ini tetap sama, yaitu dengan mempelajari di mana jerawat muncul. Cara ini digunakan untuk menemukan potensi masalah kesehatan di dalam tubuh kita, dan menemukan cara untuk memperbaiki masalah internal dan eksternal.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: