Mengapa Anda Harus Selalu Menghapus Makeup Sebelum Tidur?

makeup, riasan, mata, wajah, sebelum, tidur, jerawat, penuaan, dini, kering, regenerasi, tua, kusam, bahan, kimia, iritasi, maskara, eyeliner, lem, bulu, mata, sel, kulit, membersihkan, pori-pori Membersihkan make up

Kemungkinan Anda pernah mendengar kalimat ‘jangan pernah tidur dalam keadaan memakai riasan’ dalam hidup. Jika tujuan Anda ketika bangun tidur adalah menghindari jerawat, maka tidak seharusnya Anda malas untuk membersihkan muka sebelum tidur. Tidur dengan masih memakai riasan mata, bisa membahayakan bagi kesehatan.

Berdasarkan laporan penelitian yang dilakukan di New York, sebuah studi baru dari American Academy of Ophthalmology menceritakan kisah seorang wanita Australia berusia 50 tahun yang pergi ke dokter mata setelah mengalami rasa sakit dan iritasi di matanya. Ketika dokter membalikkan kelopak mata atasnya, dokter menemukan massa padat yang disebut konkret yang terdiri dari peningkatan penumpukan maskara yang belum dibersihkan dengan benar.

Eyeshadow, maskara yang tebal, dan eyeliner yang terkelupas mungkin mengiritasi mata dan akar bulu mata yang dapat menyebabkan kemerahan dan bulu mata yang tumbuh ke dalam. Hal itu diutarakan oleh dokter kulit New York City, Ellen Marmur, kepada Teen Vogue. Sementara itu, ia menekankan bahwa produk yang digunakan harus standar keamanan yang cukup ketat.

Untuk menghapus riasan mata sebelum tidur, gunakan sesuatu yang lembut seperti Beautycounter Instant Eye Makeup Remover atau Neutrogena Oil Free Makeup Remover. Namun, Marmur, dokter kulit, menunjukkan bahwa tidak mungkin tidur dengan riasan mata akan secara langsung menyebabkan kebutaan.

Tidak hanya makeup mata, makeup full seluruh wajah juga seharusnya dibersihkan sebelum tidur. Mengapa Anda diharuskan menghapus makeup atau riasan sebelum tidur? Jika tidak membersihkan wajah, maka akan dapat menyebabkan beberapa masalah, seperti:

Baca juga:  Info Resep & Cara Mengolah Daun Katuk untuk Memperlancar ASI

Jerawat

Seorang ahli dermatologi berrnama Dr. Harold Lancer mengatakan bahwa kulit tidak pernah berhenti bekerja, sama halnya dengan jantung yang tidak pernah berhenti berdetak. Kulit ditutupi oleh pori-pori dan makeup yang menempel terus-menerus hanya akan menutupi pori-pori kulit. Saat itulah, kulit akan gagal melepaskan sebum sehingga jerawat akan muncul sebagai gantinya.

makeup, riasan, mata, wajah, sebelum, tidur, jerawat, penuaan, dini, kering, regenerasi, tua, kusam, bahan, kimia, iritasi, maskara, eyeliner, lem, bulu, mata, sel, kulit, membersihkan, pori-pori

Tidur dengan make up masih menempel (sumber: thelist.com)

Sel kulit bisa rusak

Penggunaan makeup, terlebih bagi Anda yang beraktivitas di luar ruangan, dapat menjebak polutan dan radikal bebas yang dapat merusak sel kulit. Pada akhirnya, hal ini bisa menyebabkan penuaan dini, kata ahli kulit Dr. Knight.

Pori-pori wajah tersumbat

Kata seorang dermatologi asal New York, Debra Jalman mengatakan bahwa tidur dengan makeup akan membunuh pori-pori kulit. Makeup mengandung bahan kimia seperti silikon bisa menutupi pori-pori. Pori-pori yang tersumbat bisa menyebabkan jerawat tumbuh.

Kulit menjadi kusam

Saat Anda tidur dengan makeup dan pori-pori menjadi tersumbat, komedo akan bermunculan, dan minyak di kulit akan juga diproduksi secara berlebihan. Kulit tidak lagi cerah dan bersinar, malah sebaliknya, yakni menjadi kusam dan kering. Hal ini disebabkan karena komedo telah mengambil alih sel kulit mati yang masih menempel, tetap tertinggal pada kulit karena tertutup oleh makeup. Makeup lah yang menghalangi kulit untuk melepaskan sebum dan keringat.

Baca juga:  Harga Produk ZAP Underarm Brightening Cream

Iritasi mata

Produk makeup termasuk dengan maskara dan eyeliner. Saat Anda langsung tidur tanpa membersihkannya lebih dahulu, bisa saja makeup akan turun ke mata sehingga menyebabkan mata Anda merah saat bangun pagi harinya. Jika tidur tanpa membersihkan maskara, kemungkinan Anda akan susah membuka mata ketika bangun, karena bulu mata yang saling menempel satu sama lain. Bahan kimia yang terkandung pada maskara atau lem bulu mata pun bisa mengakibatkan mata merah dan iritasi.

Menjadi lebih cepat keriput

Sebagian besar wanita menginginkan memiliki kulit yang tampak lebih muda, bukan sebaliknya. Seorang ahli kulit bernama Andrea Rodriguez mengatakan bahwa tidur dengan makeup, hanya akan membuat keriput halus tumbuh lebih cepat dan juga mempercepat penuaan dini. Belum lagi ditambah dengan keringnya kulit wajah yang akan membuatnya tampak lebih tua beberapa tahun lebih cepat. Tidur dengan makeup hanya akan merusak kolagen. Jika kolagen tidak bisa diproduksi dengan benar, maka usia kulit otomatis akan semakin tua.

Regenerasi sel kulit menjadi terganggu

makeup, riasan, mata, wajah, sebelum, tidur, jerawat, penuaan, dini, kering, regenerasi, tua, kusam, bahan, kimia, iritasi, maskara, eyeliner, lem, bulu, mata, sel, kulit, membersihkan, pori-pori

Ilustrasi: menggunakan makeup penuh

Makeup penuh dengan bahan kimia yang tidak baik menempel di kulit untuk jangka waktu yang panjang. Jika Anda membiarkan makeup tinggal di kulitmu saat tidur, hal ini bisa mencegah perputaran sel yang akan membuat kulit menjadi kering, kusam dan juga tua. Selain itu, sel kulit tidak bisa bekerja dengan baik dan regenerasinya akan terganggu.

Baca juga:  Banyak Wanita Alami Depresi Saat Menopause, Perlukah Terapi Hormon?

Oleh karena itu, demi mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti di atas terjadi, sebelum tidur, Anda wajib membersihkan riasan. Untuk riasan mata, kini di pasaran sudah banyak tersedia pembersih mata khusus atau eye makeup remover dari berbagai merek. Bahkan, sudah ada yang mengklaim bahwa produknya alcohol free. Selain berbentuk air (micellar water), ada pula yang berupa campuran air dan minyak. Anda tinggal menentukan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kulit.

Lalu, untuk pembersih wajah. Selain menggunakan micellar water, dilanjutkan dengan tahap double cleansing, atau membersihkan wajah dua kali. Pertama, bisa dengan sabun wajah berbentuk gel, kemudian dilanjutkan dengan sabun wajah yang ada butiran scrubnya. Sabun wajah yang pertama, ditujukan untuk melunturkan semua riasan di wajah. Dan, yang bertekstur scrub, dimaksudkan untuk mengeksfoliasi kulit (mengangkat sel kulit mati).

Tidak hanya berbentuk gel dan scrub, Anda bisa memilih sabun wajah sesuai dengan kondisi wajah. Misalnya, Anda memiliki kulit normal, mungkin akan lebih mudah untuk memilih pembersih wajah dengan berbagai tekstur. Tetapi, mungkin berbeda dengan kulit berminyak dan berjerawat. Jika tidak cocok, jangan paksakan menggunakan pembersih dengan kandungan minyak atau yang ada scrubnya (bisa menyebabkan jerawat meradang).

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: