Haruskah Mencantumkan Anak dalam Profil Aplikasi Kencan Online?

Ilustrasi: aplikasi kencan online (sumber: theweddingmile.com)Ilustrasi: aplikasi kencan online (sumber: theweddingmile.com)

Hadirnya aplikasi kencan online membuat orang mudah menemukan pasangan, tak hanya bagi remaja, tetapi juga untuk single parent yang ingin mencoba membina rumah tangga lagi.[1] Namun, sebagai single parent, haruskah mencantumkan anak dalam profil aplikasi kencan online? Apakah ini cukup aman?

Kenapa Ragu Mencantumkan Anak dalam Profil Kencan Online?

“Saya pikir setiap single parent takut akan hal yang sama,” kata Lily Womble, seorang pelatih kencan dan pendiri Date Brazen dalam HuffPost. “Tak hanya takut jika anak mereka kurang setuju dengan kencan online, para single parent merasa ragu untuk mencantumkan bahwa mereka sudah punya anak supaya mudah mendapatkan pasangan.”

Mungkin ketakutan ini muncul karena seseorang di masa lalu Anda menolak Anda setelah mengetahui bahwa Anda memiliki anak. Apapun alasannya, ketahuilah bahwa itu normal untuk memiliki keraguan, tetapi cobalah untuk tidak membiarkan pengalaman buruk itu menghalangi Anda.

“Anak-anak Anda akan menjadi salah satu dari banyak alasan mengapa pasangan Anda akan mencintai Anda,” kata Womble. “Dan sementara itu, Anda bisa mendiskualifikasi mereka yang kurang tepat untuk anak-anak dari akun aplikasi kencan online. Jika Anda mencari hubungan yang berkomitmen, bukan hanya kencan biasa atau hubungan asmara, maka kejujuran tentang anak-anak Anda sejak awal adalah kuncinya.”

Baca juga:  Jenis Foundation Viva yang Cocok untuk Kulit Berjerawat dan Berminyak

Bagaimana Mencantumkan Anda Sudah Memiliki Anak?

Situs dan aplikasi kencan memiliki format yang berbeda, tetapi jika Anda menggunakan yang memiliki pertanyaan yang telah ditetapkan sebelumnya, opsi termudah adalah mencentang kotak yang menunjukkan bahwa Anda memiliki anak. Anda juga dapat menuliskan baris sederhana di bio Anda mengenai jumlah anak Anda.

Katie Bingham Smith, yang telah menggunakan Match, Bumble, dan Tinder, mengatakan hal pertama yang dia tulis di profilnya adalah, ‘Saya seorang ibu dari tiga remaja.’ Untungnya, pria yang dia temui di aplikasi tersebut tidak mempermasalahkannya dan dapat menerimanya serta anak-anaknya dengan baik.

“Profil kencan Anda harus mencerminkan diri Anda dan apa yang bisa membuat Anda bahagia,” kata Womble. ”Katakan sesuatu seperti pada akhir pekan Anda dapat melihat saya menonton pertandingan sepak bola putra saya, lalu pergi ke kafe dengan pacar saya, atau yang penting bagi saya adalah anak-anak saya, baru berkencan dengan orang terkasih.”

Ilustrasi: ibu dan anak (sumber: huffpost)

Ilustrasi: ibu dan anak (sumber: huffpost)

Hal yang Harus Dihindari Single Parents di Aplikasi Kencan Online

Beberapa orang tua memilih untuk membagikan bahwa mereka memiliki anak dengan menyertakan foto bersama anak-anak mereka di profil mereka. Meskipun bermaksud baik, beberapa ahli telah mengangkat masalah keamanan seputar praktik ini, karena berpotensi membuat anak-anak menjadi sasaran tindak kejahatan.

Baca juga:  Update Cara Pakai Masker Bedak Marcks Untuk Atasi Jerawat

“AS sendiri memiliki jutaan pengguna aplikasi kencan online aktif, dan itu berarti gambar Anda setidaknya dilihat oleh beberapa ribu orang,” kata Womble. “Jadi untuk alasan keamanan dan privasi, saya sarankan untuk tidak menampilkan wajah anak-anak Anda di foto profil Anda.”

Jika Anda benar-benar ingin menggunakan foto yang menampilkan anak-anak Anda, pertimbangkan untuk memangkasnya atau memilih bidikan yang tidak menghadap kamera. Anda juga dapat mengedit foto untuk menutupi wajah mereka dengan emoji.

“Selain itu, berikan batasan yang jelas kepada para pengguna aplikasi online lainnya, seperti ‘Saya punya anak, sehingga jangan kirim pesan kepada saya jika Anda tidak suka anak-anak,’ ini sangat penting demi kenyamanan Anda dan anak Anda,” Kata Womble. “Atau, ‘Saya lebih mementingkan anak saya, jangan kirim pesan jika Anda ingin kehidupan yang lebih hemat dan mudah.”

Baca juga:  Studi: Ini Efek Alkohol Prenatal untuk Wanita Hamil dan Bayinya

Dengan adanya batasan yang Anda tulis di bio akun aplikasi kencan online, Anda akan mendapatkan pasangan berkencan yang lebih sesuai dengan kondisi Anda. Ini juga yang membuat banyak single parent merasa beruntung karena bisa mendapatkan pasangan yang menerima mereka apa adanya. Mereka sudah tidak perlu risau untuk menyembunyikan fakta bahwa mereka sudah memiliki anak.

Namun, Anda juga perlu berhati-hati untuk memilih pasangan, meskipun orang tersebut terlihat sangat mendambakan Anda. Kencan online memang mempermudah Anda untuk mengetahui bagaimana baiknya pasangan Anda, tetapi akan lebih baik lagi jika Anda bertemu dengan pasangan kencan online Anda secara langsung. Apalagi jika Anda ingin menuju hubungan yang lebih serius.

[1] Julianti & Rifky Andhika. 2021. Fenomena Keberhasilan Hubungan Asmara Melalui Aplikasi Kencan Online Tinder: Dari Jari, Turun Ke Hati. Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi, Vol. 6(1):1-18.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: