Memprediksi Tanda Kehamilan Seminggu Sebelum Haid

tanda, kehamilan, urine, pagi, hari, testpack, 1, minggu, seminggu, sebelum, haid, masa, subur, wanita, istri, peluang, kecil, hCG, kondisi, lain, positif, dua, garis, strip, gejala, kram, nyeri, pinggangMemprediksi Tanda Kehamilan Seminggu Sebelum Haid (foodmatters.com)

Bagi pasangan suami istri, terlebih yang baru saja menikah, kehamilan merupakan saat yang ditunggu-tunggu. Mengetahui kehamilan sebelum pergi ke dokter, bisa menjadi alternatif cara yang bisa digunakan.

Memprediksi kehamilan bisa dilakukan dengan beberapa cara, di antaranya melakukan cek urine dengan testpack, atau menghitung kalender untuk mengetahui masa subur. Mungkin hingga kini masih ada yang masih melakukan cara kedua, yaitu dengan menghitung masa subur. Dengan mengetahui masa subur, pasangan suami istri dapat memprediksi tanda kehamilan atau kemungkinan apakah istri hamil atau tidak.

Misalnya saja ketika pasangan suami istri yang telah berhubungan pada saat 1 minggu (seminggu) sebelum masa datang bulan istri tiba. Dilansir dari Alodokter, 1 minggu sebelum haid umumnya wanita tidak berada di sekitar masa subur, sehingga hubungan intim yang dilakukan pada masa ini memiliki peluang yang lebih kecil untuk menunjukkan tanda kehamilan.

Masa subur terjadi pada rentang waktu 12-16 hari sebelum menstruasi berikutnya. Jika hubungan intim dilakukan pada rentang waktu ini maka peluang untuk hamil akan lebih besar. Jika terjadi kehamilan maka gejala kehamilan umumnya baru muncul 2 minggu setelah pembuahan, yaitu di sekitar waktu di mana seorang wanita mulai mengalami keterlambatan menstruasi.

Saat wanita mengalami kehamilan memang dapat timbul gejala tertentu seperti mual dan muntah, payudara sensitif, pusing, cepat lelah dan sebagainya. Namun perlu dipahami bahwa semua gejala tersebut bukanlah merupakan tanda pasti kehamilan. Artinya gejala yang timbul dapat pula diakibatkan oleh faktor yang lain di luar kehamilan, seperti gangguan lambung, masalah pencernaan, atau perubahan hormonal. Gejala-gejala ini dapat pula menyerupai gejala yang timbul menjelang menstruasi (premenstrual syndrome/PMS) sehingga kerap sulit dibedakan.

tanda, kehamilan, urine, pagi, hari, testpack, 1, minggu, seminggu, sebelum, haid, masa, subur, wanita, istri, peluang, kecil, hCG, kondisi, lain, positif, dua, garis, strip, gejala, kram, nyeri, pinggang

Memprediksi Tanda Kehamilan Seminggu Sebelum Haid (theplab.net)

Oleh karena itu ada/tidaknya kehamilan tidak dapat ditentukan semata-mata hanya berdasarkan gejala yang timbul. Untuk mendeteksi dan memastikan adanya kehamilan tentunya diperlukan pemeriksaan medis, yaitu dengan tes urine, tes darah, dan USG.

Apabila dicurigai adanya kehamilan, maka sebagai deteksi awal istri Anda dapat melakukan tes kehamilan dengan testpack di rumah. Testpack dapat mendeteksi kehamilan secara sederhana melalui tes urine, namun pemeriksaannya sebaiknya dilakukan bila sudah terjadi keterlambatan menstruasi. Disarankan untuk menggunakan urine pertama pada pagi hari dan pastikan tes dilakukan dengan benar sesuai dengan petunjuk pemakaian. Jika hasilnya negatif maka tes dapat kembali diulang 1 minggu kemudian untuk memastikan hasilnya. Namun, apabila Anda mengalami menstruasi seperti biasa maka artinya tidak terjadi kehamilan.

Kehamilan sendiri berkaitan erat dengan ovulasi. Ovulasi merupakan proses pelepasan sel telur matang dari indung telur ke tuba falopi (saluran antara indung telur dan rahim) yang siap untuk dibuahi.

Tanda ovulasi atau masa subur pada setiap wanita terbilang bervariasi. Beberapa tanda ovulasi bisa diketahui dari gejala fisik yang dirasakan, antara lain kram ringan atau nyeri pada satu sisi bagian panggul, perut terasa kembung atau tidak nyaman, nyeri pada bagian payudara, suhu tubuh basal atau sebagian besar wanita mengalami sedikit peningkatan suhu tubuh, dan masih ada tanda-tanda lainnya.

Ovulasi umumnya terjadi sekitar dua minggu sebelum hari pertama menstruasi berikutnya dimulai. Pembuahan sendiri terjadi sehari setelah berhubungan, atau beberapa hari kemudian.

tanda, kehamilan, urine, pagi, hari, testpack, 1, minggu, seminggu, sebelum, haid, masa, subur, wanita, istri, peluang, kecil, hCG, kondisi, lain, positif, dua, garis, strip, gejala, kram, nyeri, pinggang

Memprediksi Tanda Kehamilan Seminggu Sebelum Haid (descopera.ro)

Sepuluh (10) hingga empat belas hari (14) hari setelahnya, sel telur yang berhasil dibuahi akan tertanam pada dinding rahim dan bisa menyebabkan pendarahan ringan. Pada masa ini bisa diartikan sebagai tanda bahwa sel telur berhasil dibuahi dan merupakan salah satu tanda awal kehamilan.

Pendarahan yang mungkin dialami tidak akan berlangsung lama, dan akan menghilang dalam beberapa jam atau berlangsung hingga dua hari. Pendarahan yang terjadi biasanya akan disertai dengan gejala-gejala seperti kram perut ringan, suasana hati yang mudah berubah, sakit kepala, dan gejala-gejala lain yang mungkin dialami.

Gejala-gejala yang muncul, bisa berupa gejala ringan hingga berat. Namun, ada yang menyebutkan bahwa satu dari dua wanita mengalami tanda kehamilan pada usia kehamilan 5 minggu, tujuh dari sepuluh wanita mengalami tanda kehamilan pada usia kehamilan 6 minggu, dan sebanyak 9 dari 10 wanita mengalami tanda kehamilan pada usia kehamilan 8 minggu.

Gejala awal yang bisa diprediksi sebagai awal kehamilan antara lain mual dan muntah, badan terasa sering capek atau pegal-pegal, sering buang air kecil, dan gejala lainnya. Jika Anda mengalami gejala-gejala seperti itu, ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan kehamilan dengan test pack terlebih dahulu. Atau, untuk hasil lebih akurat, bisa dengan melakukan pemeriksaan ke dokter.

tanda, kehamilan, urine, pagi, hari, testpack, 1, minggu, seminggu, sebelum, haid, masa, subur, wanita, istri, peluang, kecil, hCG, kondisi, lain, positif, dua, garis, strip, gejala, kram, nyeri, pinggang

Memprediksi Tanda Kehamilan Seminggu Sebelum Haid (medicalnewstoday.com)

Mungkin sebagian dari Anda ada yang masih bingung mengenai kapan tepatnya pemakaian testpack. Pada prinsipnya, tes kehamilan bisa dilakukan sesering mungkin, bahkan pada hari pertama seseorang mengalami keterlambatan jadwal datang bulan.

Pada beberapa testpack, bahkan ada yang sudah bisa mengetahui hasil sebelum seseorang mengalami terlambat datang bulan. Pemakaian alat tes tersebut ada yang bisa dilakukan paling cepat delapan hari sejak pembuahan terjadi.

Pengecekan bisa dilakukan kapan saja, tidak sebatas pada pagi hari, walaupun waktu yang disarankan adalah pagi hari (urine pertama). Anda hanya perlu menampung urine secukupnya untuk dijadikan sampel. Anda perlu memastikan bahwa sampel urine dan penampung tidak tercemar oleh substansi lain seperti sabun.

Inti dari pemakaian testpack adalah stik alat tersebut bersentuhan dengan urina yang dijadikan sampel. Setelah stik atau alat bersentuhan dengan urine, maka Anda bisa menunggu beberapa saat hingga muncul garis. Garis yang muncul dan menandakan bahwa Anda hamil adalah adanya dua strip atau garis.

Tetapi, ada beberapa kasus yang mengalami walaupun sudah muncul dua garis atau strip bisa saja bukan merupakan tanda kehamilan. Hal itu bisa saja terjadi terkait dengan konsumsi obat yang mengandung hCG, atau kondisi lain yang mengakibatkan meningkatnya kadar hormon hCG.

 

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: