Apa Saja yang Harus Dikonsumsi Sebelum Melakukan Olahraga Pagi?

Pemanasan Olahraga Pagi - www.popsugar.com

Berolahraga di pagi hari merupakan salah satu rutinitas wajib yang tidak boleh dilewatkan bagi sebagian besar orang. Hal ini tentu karena demi menjaga kesehatan dan penampilan. Ada banyak sekali manfaat dari melakukan olahraga pagi, beberapa manfaat tersebut bisa Anda dapatkan apabila Anda juga memperhatikan apa yang Anda konsumsi sebelum berolahraga. Dan hingga saat ini, banyak sekali orang meremehkan bahan ataupun makanan apa yang perlu mereka konsumsi sebelum berolahraga.

Tentu ini sangat tidak baik mengingat olahraga adalah sebuah hal positif, maka harus didukung juga dengan hal positif seperti memperhatikan makanan yang harus dikonsumsi sebelumnya. Kebanyakan orang bahkan lupa dengan makan atau sarapan sebelum melakukan olahraga.  Padahal mengonsumsi makanan setelah berolahraga tidak baik untuk kesehatan Anda, karena bisa jadi jumlah kalori yang sudah dibuang justru lebih sedikit daripada jumlah kalori makanan Anda setelah olahraga.

Dan Anda akan merasakan manfaat ketika mengonsumsi makanan terlebih dahulu sebelum berolahraga. Seorang ahli gizi juga mengatakan bahwa akan lebih baik jika Anda mengonsumsi beberapa jenis makanan tertentu sebelum olahraga di pagi hari. Dan berdasarkan hasil penelitian, para ahli gizi juga membantu Anda untuk mengetahui bagaimana dan kapan Anda bisa makan untuk mendukung hasil olahraga Anda setiap paginya. 

Apakah Anda Perlu Makan Sebelum Olahraga Pagi?

Dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan tertentu sebelum melakukan olahraga pagi, akan membantu Anda dalam melewati olahraga pagi Anda. Namun, perlu Anda ketahui pula waktu dan jenis makanan yang Anda konsumsi juga tergantung pada kemampuan tubuh Anda untuk mencerna makanan. Jika kemampuan tubuh Anda untuk mencerna makanan sangat lambat, Anda tidak perlu mengonsumsi apapun sebelum berolahraga.

Melakukan Olahraga Pagi - www.self.com

Melakukan Olahraga Pagi – www.self.com

Tetapi jika sistem pencernaan Anda dapat mencerna makanan dengan normal atau cepat, akan lebih baik jika Anda mengonsumsi makanan terlebih makanan dengan kandungan glukosa normal. Pasokan glukosa dalam tubuh Anda akan cenderung menurun hingga habis setelah bangun tidur, jika Anda memaksakan diri untuk tidak memenuhi kadar glukosa atau menambah kadar glukosa dalam tubuh maka hasil dari olahraga pagi Anda setiap harinya juga tidak akan berdampak banyak terhadap tubuh Anda. 

Jenis Makanan Sesuai dengan Jenis Olahraga Pagi Anda

Makanan yang Harus Dikonsumsi Sebelum Lari Pagi

Ada beberapa jenis makanan yang bisa Anda konsumsi sebelum melakukan lari pagi. Lari pagi sendiri merupakan salah satu jenis olahraga kardio atau olahraga yang erat hubungannya dengan kesehatan jantung. Lari pagi memiliki manfaat yang baik untuk meningkatkan kesehatan jantung dan pernapasan. Sangat cocok bagi Anda yang memiliki gangguan pernapasan ataupun ingin menjaga jantung Anda agar tetap sehat.

Sebelumnya, Anda perlu mempertimbangkan berapa lama Anda akan olahraga terlebih dahulu dan akan lebih baik sebagai permulaan Anda mencoba untuk berlari mulai dari 15-30 menit. Untuk lari dengan waktu tersebut, Anda perlu mengonsumsi camilan ataupun keripik, namun jika Anda ingin berlari lebih dari 30 menit maka Anda perlu mengonsumsi jenis makanan berat seperti sereal, roti, ataupun nasi. 

Makanan yang Harus Dikonsumsi Sebelum Melakukan Aerobik

Bagi Anda yang memiliki jenis olahraga pagi berupa aerobik, sebaiknya Anda juga memperhatikan waktu tidur Anda. Sebelum melakukan aerobik, pastikan Anda cukup tidur minimal selama 4-8 jam. Aerobik sendiri merupakan salah satu jenis olahraga yang juga berhubungan dengan kardio dan pernapasan. Dan perhatikan juga waktu yang Anda gunakan untuk melakukan jenis olahraga ini, jika Anda seorang pemula maka ada baiknya Anda melakukan aerobik hingga 45 menit. 

Namun, jika Anda ingin melakukannya secara intens maka Anda bisa menambahkan waktu hingga 90 menit setiap paginya. Dan terlebih dahulu pastikan Anda telah mengonsumsi beberapa jenis makanan berat untuk menambah kadar glukosa dalam tubuh Anda. Jenis makanan yang baik untuk olahraga ini, yaitu susu, telur, nasi, dan roti. Dan bila perlu, hindari beberapa makanan instan serta minuman bersoda sebelum atau sesudah melakukan jenis olahraga ini. 

Sarapan Sebelum Melakukan Olahraga Pagi - www.undergroundprep.com

Sarapan Sebelum Melakukan Olahraga Pagi – www.undergroundprep.com

Makanan yang Harus Dikonsumsi Sebelum Berenang

Bagi sebagian besar orang cenderung menghindari makanan sebelum berenang, hal ini karena sebagian beranggapan bahwa ketika mengonsumsi makanan dapat menimbulkan efek samping seperti kram ataupun mual saat berenang. Namun, perlu Anda ketahui, tidak semua orang akan mengalami hal tersebut. Terlebih jika sistem metabolisme Anda tergolong cepat. Jika Anda termasuk orang dengan sistem metabolisme cepat, Ada baiknya Anda mengonsumsi sesuatu terlebih dahulu sebelum berenang.

Sebagai pemula, jika Anda menghabiskan waktu berenang selama 15-30 menit, ada baiknya Anda mengonsumsi beberapa jenis camilan terlebih dahulu. Namun, jika Anda ingin melakukannya secara intens dengan waktu berenang mulai dari 30 menit hingga 2 jam, maka Anda perlu mengonsumsi beberapa jenis makanan berat dengan kadar karbohidrat, protein, dan glukosa cukup. Jenis makanan tersebut yaitu, susu dan telur. Adapun makanan yang perlu Anda hindari yaitu makanan dengan kandungan lemak berlebih dan makanan instan. 

Itulah berbagai jenis makanan yang cocok Anda konsumsi sesuai dengan jenis olahraga yang Anda lakukan. Pastikan Anda memperhatikan jenis makanan yang Anda konsumsi terlebih dahulu sebelum melakukan olahraga pagi. Selain itu setelah melakukan olahraga penting juga bagi Anda untuk mengonsumsi makanan. Tentunya Anda juga perlu mengukur bahwa kalori yang telah Anda buang selama melakukan olahraga harus lebih besar daripada kalori yang Anda konsumsi.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: