Memiliki Manfaat Bagus Untuk Kesehatan, Begini Langkah Membuat Manisan Jambu Air

Manisan Jambu Air - (Sumber: cookpad.com) Manisan Jambu Air - (Sumber: cookpad.com)

Manisan merupakan salah satu olahan yang kerap menggunakan -buah sebagai bahan baku utamanya. Di Indonesia sendiri, manisan memiliki ciri khas yang unik di setiap daerah. Namun pada dasarnya manisan mempunyai cita rasa yang manis dan gurih dan dikombinasikan dengan rasa yang diolah sebelumnya.

Untuk dapat membuat manisan, kita perlu mempersiapkan buah-buahan khusus yang cukup populer untuk dapat dijadikan manisan. Pada umumnya buah yang dapat diolah menjadi manisan adalah yang memiliki tekstur padat dan keras seperti mangga muda, salak, ceremai, pepaya bahkan jambu air.

Manisan Jambu Air - (Sumber: cookpad.com)

Manisan Jambu Air – (Sumber: cookpad.com)

Meski memiliki tekstur yang menyerupai spons pada permukaannya dan menjadikan buah jambu air ini sulit untuk diolah menjadi berbagai produk rumahan. Nyatanya, buah jambu air dapat diolah menjadi manisan yang lezat dan lembut. Berikut adalah cara beserta bahan yang perlu dipersiapkan dalam membuat manisan jambu air:

Bahan yang dipersiapkan.

  • 1 kilogram jambu air (yang agak mentah).
  • 1 liter air bersih (dibubuhi ½ sendok teh kapur sirih).
  • 700 gram gula pasir.
  • 450 ml air masak.
  • 4 biji cengkeh.
  • 1 biji kayu manis.
  • 1 sendok teh air perasan jeruk nipis.
  • Garam seperlunya.

Langkah pembuatan manisan jambu air.

  1. Potong jambu air dalam berbagai bentuk yang sesuai selera.
  2. Rendam potongan jambu air ke dalam air dengan bubuhan kapur sirih.
  3. Siapkan panci dan masak gula bersama dengan 450 ml air.
  4. Tambahkan kayu manis, biji cengkeh, garam serta perasan jeruk nipis.
  5. Setelah air mendidih, diamkan selama beberapa waktu hingga dingin.
  6. Masukkan potongan jambu air ke dalam rebusan gula serta bahan lainnya.
  7. Diamkan selama 12 jam dan jambu air siap disajikan tanpa atau dengan air.

Manisan jambu air bisa jadi pilihan alternatif bagi Anda yang ingin variasi dalam menikmati buah ini.  Buah jambu air bisa dengan mudahnya Anda dapatkan di berbagai tempat seperti pasar tradisional maupun pusat perbelanjaan yang lainnya.

Jambu Air - (Sumber: agropustaka.com)

Jambu Air – (Sumber: agropustaka.com)

Selain memiliki rasa yang khas, dengan mengkonsumsi buah jambu air juga dipercaya memiliki berbagai . Jambu air sangat bagus untuk mereka yang terkena diabetes karena dapat menjaga kadar gula darah tetap terkontrol dengan baik. Kemudian dengan adanya kandungan serta dan yang tinggi, maka buah ini juga sangat bagus untuk mengurangi kolesterol dalam tubuh.

Buah jambu air juga dianggap mampu membantu untuk melindungi diri dari penyakit kanker payudara yang mematikan. Terlebih apabila dikonsumsi dengan rutin, maka buah jambu air ini membantu untuk mengurangi kemungkinan terkena kanker prostat pada pria. Selain itu dengan mengkonsumsi buah yang satu ini diyakini sehat karena mengandung banyak vitamin dan mineral, seperti sodium, zat besi, kalium, protein, serat dan lain sebagainya.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: