Bagaimana Cara Memilih Tabir Surya yang Tepat?

Cara Memilih Tabir Surya - www.prevention.comCara Memilih Tabir Surya - www.prevention.com

Pastinya Anda tidak mau kan memiliki kulit yang belang? Apalagi setelah pergi ke pantai. Sebagai pencegahan, Anda wajib memakai sunblock atau sunscreen. Sayangnya, masih banyak orang yang mengalami hiperpigmentasi setelah menggunakan tabir surya. Hal ini dapat terjadi jika Anda kurang tepat memilih produk sunscreen atau sunblock.

Tabir surya sendiri merupakan bahan-bahan kosmetik yang secara fisik atau kimia dapat menghambat penetrasi sinar UV ke dalam kulit. Tabir surya dapat dibagi menjadi beberapa jenis, antara lain tabir surya kimia dan alami. Ada juga tabir surya yang bisa Anda dapatkan di alam, yaitu senyawa fenolik.

Senyawa fenolik merupakan tabir surya yang bisa Anda dapatkan dari beberapa jenis tumbuhan, seperti lidah buaya, rumput laut, dan lainnya. Senyawa fenolik pada tumbuhan ini berfungsi untuk melindungi jaringan tanaman dari kerusakan akibat radiasi matahari. Sehingga, tak jarang ada banyak varian produk sunblock atau sunscreen yang berbahan dasar tumbuh-tumbuhan.[1]

Dilansir dari allure, tabir surya yang baik adalah tabir surya yang memiliki perlindungan sinar UVB dan UVA dengan jangkauan spektrum yang luas. Namun, tidak semua jenis produk dengan kandungan tumbuhan memiliki perlindungan dengan jangkauan spektrum luas. Inilah penyebab kulit tetap gosong meskipun Anda menggunakan sunscreen atau sunblock. Selain itu, Anda juga perlu memilih produk tabir surya dengan beberapa kriteria, seperti bahan kimia yang digunakan, kualitas produk, dan lain-lain.

Baca juga:  Tempe VS Tahu, Mana yang Lebih Sehat?
Cara Menggunakan Tabir Surya - www.shutterstock.com

Cara Menggunakan Tabir Surya – www.shutterstock.com

Cara Memilih Tabir Surya

Pilih Produk Berkualitas

Pastikan Anda memilih produk yang berkualitas. Tidak hanya dilihat dari mereknya, Anda juga harus melihat kualitas produk. Tidak semua produk bermerek adalah produk berkualitas, sehingga Anda perlu memastikannya dengan melihat label pada kemasan. Pilihlah produk dengan label resmi yang sudah teruji secara klinis.

Alangkah bijak jika Anda memilih produk yang sudah teruji secara dermatologis. Pasalnya, jika produk sudah teruji secara dermatologis, pastinya produk tersebut tidak berbahaya untuk kulit Anda dan memiliki manfaat yang lebih, baik untuk kesehatan maupun kecantikan.

Sesuaikan Varian Produk dengan Kondisi Kulit

Pilihlah produk yang variannya memang tepat untuk kondisi kulit Anda saat ini. Apalagi saat ini sudah banyak produk yang berlabel khusus untuk berbagai macam kondisi kulit, mulai dari kulit sensitif hingga berminyak. Selain itu, Anda juga perlu menggunakan tabir surya sesuai dengan fungsinya.

Baca juga:  Referensi Produk Wardah Untuk Kulit Sensitif dan Berminyak

Ada sunblock atau sunscreen yang digunakan khusus untuk kulit wajah, dan ada untuk kulit tubuh. Sunblock untuk kulit muka pastinya tidak cocok untuk kulit tubuh. Hal ini karena jenis kulit tubuh dan wajah berbeda, terutama dari ketebalan dan teksturnya. Kulit wajah memiliki ukuran kulit yang terbilang lebih tipis dengan tekstur lebih halus dan lembut. Sehingga, tabir surya yang baik untuk wajah adalah yang punya tekstur ringan dan tidak terlalu berminyak.

Sementara itu, kulit tubuh yang memiliki ukuran kulit lebih tebal dengan tekstur lebih kasar dan kering, tentunya membutuhkan tabir surya dengan tekstur lebih kental dan berminyak. Ini untuk melindungi kulit tubuh sekaligus merawat kulit agar lebih lembap dan halus.

Menggunakan Tabir Surya di Pantai - www.healthywomen.org

Menggunakan Tabir Surya di Pantai – www.healthywomen.org

Pilih Tabir Surya Hypoallergenic

Bagi Anda yang baru saja mencoba menggunakan tabir surya atau memiliki kulit sensitif, sebaiknya Anda memilih sunblock atau sunscreen dengan label hypoallergenic. Produk tabir surya seperti itu biasanya terbuat dari bahan-bahan alami atau bahan kimia yang memiliki kemungkinan rendah terhadap reaksi alergi.

Reaksi alergi sendiri sering terjadi jika Anda menggunakan sunblock atau sunscreen wajah yang tidak sesuai dengan kondisi kulit Anda, atau jika Anda sensitif terhadap satu atau lebih komposisi produk. Kebanyakan orang biasanya akan berjerawat, terasa panas, gatal, hingga timbul kemerahan pada kulit wajah saat alergi tabir surya.

Baca juga:  Intip Kekurangan dan Kelebihan Wardah Matte Lipstick Rosy Pink No 18

Pilih Tabir Surya Berdasarkan Tingkat SPF

Setiap memilih produk tabir surya, pilihlah produk yang memiliki SPF minimal 30. Kadar SPF tersebut adalah kadar yang tepat untuk Anda yang hidup di wilayah tropis. Meskipun begitu, Anda perlu menggunakan sunscreen atau sunblock lebih dari sekali pemakaian. Hal ini karena SPF 30 tidak dapat bertahan selama seharian penuh.

Sementara itu, bagi Anda yang ingin pergi ke pantai atau daerah dengan cahaya matahari berlebihan, kurang tepat jika Anda menggunakan tabir surya dengan SPF terlalu tinggi, apalagi yang mengandung vitamin C tinggi. Hal ini karena SPF yang tinggi dapat membuat kulit Anda terbakar dan kemerahan. Inilah alasan kulit bisa gelap atau belang setelah menggunakan sunblock dan sunscreen.

[1] Ismail, Isriany dkk. 2014. Formulasi dan Penentuan Nilai SPF (Sun Protecting Factor) Sediaan Krim Tabir Surya Ekstrak Etanol Daun Kemangi (Ocimum sanctum L.). JK FIK UINAM, Vol. 2(1): 6-11.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: