Bagaimana Tips Memilih Sabun Cuci Tangan untuk Penderita Eksim?

Ilustrasi: mencuci tangan dengan sabun (sumber: theasianparent.com)Ilustrasi: mencuci tangan dengan sabun (sumber: theasianparent.com)

Bagi penderita eksim, memilih sabun cuci tangan merupakan hal yang melelahkan sekaligus membingungkan. Ini karena pasien tidak boleh sembarangan memakai produk. Pemakaian produk yang salah bisa membuat eksim makin meradang atau kering, sehingga berisiko terhadap infeksi. Lalu, bagaimana cara memilih sabun cuci tangan yang tepat?

Gejala Eksim Tangan

Eksim merupakan salah satu jenis alergi kulit atau kelainan pada kulit yang menyebabkan peradangan serta iritasi. Gejala yang timbul akibat eksim, di antaranya gatal-gatal, kulit berwarna kemerahan, sensasi panas, pembengkakan, dan bercak-bercak merah. Sebagian besar orang mengalami eksim di bagian tangan dan bisa menjalar ke seluruh tubuh jika tidak diatasi.[1]

Dilansir dari Vogue, eksim lebih sering diderita oleh orang yang memiliki kulit sensitif. Gejala eksim akan muncul jika orang tersebut melakukan kesalahan dalam memilih sabun cuci tangan dan produk skincare lain. Kadang, gejala eksim juga bisa diakibatkan oleh zat atau benda yang bersifat alergen yang secara tidak sengaja menyentuh kulit tangan.

Kulit yang terkena eksim tentunya memerlukan perawatan khusus, termasuk dalam membersihkannya. Eksim yang ada di tangan memang bisa dibersihkan dengan memakai sabun cuci tangan. Namun, pasien harus berhati-hati ketika memilih produk sabun cuci tangan yang tepat.

Baca juga:  Apakah yang Dimaksud Susu Formula Bayi Hypoallergenic?

Tidak semua produk sabun cuci tangan di pasaran baik untuk membersihkan kulit tangan pasien eksim. Kadar alkohol yang terlalu berlebihan atau produk pembersih yang mengandung alkohol sedikit saja, bisa menyebabkan eksim pada tangan menjadi infeksi dan menyebar ke seluruh tubuh.

Produk pembersih juga tidak bisa dipakai terus-menerus oleh penderita eksim. Pemakaian produk pembersih berbasis alkohol atau surfaktan kasar dapat membuat kulit menjadi kering. Kulit tangan yang terkena eksim juga akan menjadi kering dan kasar, yang memicu rasa panas, gatal, dan kemerahan pada kulit.

Kondisi kulit penderita eksim (sumber: medi-call.id)

Kondisi kulit penderita eksim (sumber: medi-call.id)

Selain memperhatikan kandungan alkohol yang ada pada produk, Anda juga perlu memperhatikan bahan dasar pembuatan sabun lainnya. Untuk lebih jelas mengenai tips memilih sabun cuci tangan bagi penderita eksim, Anda bisa melihat ulasan berikut.

Tips Memilih Sabun Cuci Tangan untuk Eksim

  • Perhatikan pH sabun. Menurut dermatologis bernama Naana Boakye, sangat penting memperhatikan pH sabun yang dipakai untuk penderita eksim. pH sabun yang lebih tinggi atau berkadar asam rendah, mampu membuat kulit menjadi lebih kering. Ini berisiko infeksi dan basa yang terlalu tinggi akan membuat kulit jadi gatal serta kemerahan pada penderita eksim.
  • Gunakan sabun anti bakteri. Untuk menghindari penyebaran eksim ke bagian kulit lainnya, sebaiknya Anda memakai sabun antibakteri. Tentunya, pakailah sabun antibakteri yang tidak berbahan alkohol. Anda bisa mencoba sabun yang berbasis gliserin. Selain lebih sehat bagi penderita eksim, sabun dengan kandungan gliserin tinggi bermanfaat untuk menghaluskan dan melembapkan kulit.
  • Pilih sabun dengan kandungan minyak nabati. Agar tangan Anda tidak mengering selama masa penyembuhan dari eksim, Anda bisa memilih sabun dengan kandungan minyak nabati, seperti minyak zaitun, minyak kelapa, minyak kelapa sawit, dan sebagainya. Sebaiknya penderita eksim memakai sabun dari minyak zaitun. Ini karena minyak zaitun memiliki kandungan vitamin yang dapat membantu mempercepat proses penyembuhan eksim.
  • Pilih sabun dengan kandungan yang menghidrasi. Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif dan rentan eksim, sebaiknya memperhatikan jenis sabun cuci tangan yang Anda pakai. Eksim juga bisa muncul karena kulit tangan tidak terhidrasi dengan baik. Untuk itu, pilihlah sabun yang mengandung moisturizer, minyak essensial, dan lidah buaya. Bahan-bahan tersebut akan menjaga kelembapan kulit Anda. Sehingga, eksim dapat dihilangkan dengan mudah.
  • Gunakan sabun cair. Kebanyakan sabun batang pasti mengandung alkohol atau etanol sebagai bahan bakunya. Sementara itu, sabun cair cenderung tidak mengandung alkohol, apalagi jenis sabun cair antiseptik yang dikhususkan untuk penderita eksim. Anda bisa membeli sabun cair seperti ini di apotek.
Baca juga:  Manfaat dan Harga Inlacta DHA Bagi Ibu Hamil & Menyusui

Itulah beberapa tips ampuh memilih sabun cuci tangan untuk kulit sensitif. Selain itu, bagi pasien eksim, dianjurkan untuk memakai lotion atau pelembap tangan setelah cuci tangan. Cara ini akan membantu proses penyembuhan eksim lebih cepat. Anda juga harus mengoleskan obat topikal dari dokter jika dirasa eksim tidak kunjung sembuh.

[1] Utomo, Yoga & Permanan Ginting. 2016. Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Alergi Kulit Eksim pada Orang Dewasa Menggunakan Metode Certainty Factor. Jurnal Riset Komputer STMIK Budi Darma, Vol. 3(1): 102-107.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: