Jenis dan Cara Memilih Pisau Cukur yang Tepat

Ilustrasi: mencukur rambut di wajahIlustrasi: mencukur rambut di wajah

Mencukur kumis, jenggot, bulu ketiak, bahkan alis, ternyata tidak bisa sembarangan. Anda tidak bisa menggunakan sembarang gunting atau pisau cukur. Mencukur rambut dengan sembarangan dapat menyebabkan kulit menjadi iritasi, ingrown atau rambut tumbuh ke dalam, benjolan, bahkan luka. Untuk itu, Anda perlu mengetahui jenis pisau cukur yang baik dan cara memilihnya sesuai dengan kegunaanya.

Cara Memilih Pisau Cukur yang Tepat

Ada banyak pisau cukur yang beredar di pasaran, mulai dari pisau cukur biasa atau bisa disebut dengan silet, pisau cukur listrik, pisau cukur sekali pakai, dan masih banyak lagi. Setiap pisau cukur pastinya memiliki fungsi yang berbeda-beda. Beberapa pisau cukur baik digunakan untuk mencukur alis, tetapi beberapa lainnya tidak.

Perlu Anda ketahui juga, jenis pisau cukur yang berbeda, memiliki fungsi yang berbeda pula, tergantung dari ketebalan rambut dan permukaan kulit Anda. “Kulit dengan rambut tebal dan kasar harus dicukur dengan jenis pisau khusus dan tidak bisa diperlakukan secara sembarangan,” kata Erum Ilyas, dokter kulit bersertifikat di Pennsylvania.

Langkah tepat ketika Anda ingin mencukur rambut, gunakan jenis pisau cukur dengan mata pisau khusus untuk setiap area yang akan dicukur. Komponen utama yang terdapat pada pisau cukur yang baik untuk mencukur, yaitu mata pisau, gagang, dan bagian penjepit mata pisau yang halus dan lembut. Perhatikan juga jarak mata pisau pada pisau cukur untuk menghindari goresan.

Baca juga:  Review Manfaat La Tulipe Essential Whitening Serum Untuk Cegah Penuaan Dini

“Banyak mata pisau dapat mencukur dengan sedikit goresan pada kulit. Idealnya, mata pisau harus lebih dekat satu sama lain untuk menghindari kulit tergores,” sambung Ilyas. “Jika jaraknya terlalu luas, dapat membuat kulit Anda terlalu masuk ke dalam penjepit dan tergores mata pisau.”

Ketika mencukur rambut, Anda juga harus memilih pisau cukur dengan gagang yang nyaman untuk digenggam. Gagang pada alat cukur harus bisa Anda pegang dengan nyaman, ini bertujuan untuk mempermudah Anda ketika memvariasikan tekanan selama bercukur.  Setelah Anda mengetahui cara memilih pisau cukur yang tepat, berikut adalah berbagai jenis pisau cukur yang ada di pasaran.

Jenis Pisau Cukur

Pisau Cukur Cartridge

Ilustrasi: pisau cukur cartridge

Ilustrasi: pisau cukur cartridge

Pisau cukur katrid adalah salah satu jenis pisau cukur yang sering dijumpai di toko. Pisau cukur ini hanya dapat digunakan dalam beberapa kali pakai. Ciri dari pisau cukur ini, memiliki katrid yang terletak di bagian kepala pisau cukur. Dalam katridnya, terdapat dua hingga tiga bilah mata pisau yang terkunci rapat. Jarak mata pisau yang berdekatan antara satu sama lain, tidak menyebabkan kulit Anda mudah tergores.

Untuk menggunakan pisau cukur dalam beberapa kali pakai, Anda harus mengganti cartridge pada pisau cukur. Jika Anda malas mengganti cartridge atau mata pisau, ini akan membuat pisau cukur mudah tumpul. Alhasil, mata pisau yang tumpul dapat menyebabkan kulit Anda lebih mudah teriritasi dan tergores.

Baca juga:  Mengejar Waktu Tidur Berisiko Buruk terhadap Kesehatan

Pisau cukur katrid sendiri biasanya dilengkapi dengan gel pada bilah pisaunya, ini juga untuk mencegah terjadinya iritasi pada kulit Anda. Untuk jenis alat cukur seperti ini, harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan alat cukur biasa. Hal ini karena katrid yang harus diganti secara berkala dan dibersihkan.

Pisau Cukur Sekali Pakai

Pisau cukur sekali pakai (sumber: shopee.co.id)

Pisau cukur sekali pakai (sumber: shopee.co.id)

Pisau cukur sekali pakai memiliki ciri khusus pada gagangnya yang berupa plastik dengan kepala alat cukur yang tidak bisa dilepas, berbeda dengan pisau cukur katrid. Meskipun begitu, bentuknya hampir mirip dengan pisau cukur katrid.

“Ini dirancang untuk satu atau hingga dua kali pakai,” papar Sonia Batra, seorang dokter kulit bersertifikat di California. “Pisau cukur sekali pakai umumnya memiliki mata pisau yang berkualitas lebih rendah, sehingga hasil pencukuran tidak terlalu bersih dan kadang bisa membuat kulit mudah tergores.”

Pisau cukur seperti ini tidak sesuai bagi Anda yang memiliki jenis kulit sensitif. Karena hanya bisa digunakan dalam sekali pakai, tak jarang Anda perlu menghabiskan banyak uang dalam jangka waktu yang panjang. Meskipun boros, jenis alat cukur seperti ini lebih praktis untuk dibawa bepergian.

Pisau Cukur Lurus

Ilustrasi: penggunaan pisau cukur lurus di barbershop

Ilustrasi: penggunaan pisau cukur lurus di barbershop

Pisau cukur lurus atau alat pencukur tradisional dengan bahan logam yang menyerupai pisau, mungkin saat ini akan jarang dijumpai di toko-toko. Kebanyakan pemilik pisau cukur lurus biasanya adalah seorang pencukur andal atau barbershop saja. Jenis pisau cukur ini memiliki pegangan yang berfungsi sebagai tempat pisau, sekilas bentuknya mirip dengan pisau lipat.

Baca juga:  Waspada, Menopause Dini Pengaruhi Kesehatan Jantung Wanita

Bagian pisau cukur tidak meruncing, lebih tepatnya berbentuk persegi dan tumpul. Pisau cukur jenis ini bisa dibilang memiliki harga paling mahal, namun paling awet. Anda hanya perlu mengasah dan mencucinya saja sebelum dan setelah digunakan. Pisau cukur ini juga diklaim merupakan jenis pisau cukur paling tajam.

Untuk menggunakan pisau cukur ini, Anda harus berhati-hati dan mempelajari teknik penggunaannya terlebih dahulu. Karena hanya memiliki satu buah mata pisau, Anda tidak bisa menggunakannya secara sembarangan. Mata pisau yang tajam akan mudah membuat kulit terluka, jika Anda menggunakannya dengan tidak hati-hati.

Pisau Cukur Elektrik

Ilustrasi: pengguna pisau cukur elektrik

Ilustrasi: pengguna pisau cukur elektrik

Ada juga jenis pisau cukur elektrik yang menggunakan mesin. Pisau cukur seperti ini juga sudah sering ditemui dan digunakan oleh banyak tukang cukur. Ada berbagai model bentuk dan ukuran pisau cukur elektrik yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Beberapa varian mesin cukur elektrik seperti ini, juga memiliki daya berupa baterai. Jadi, Anda tidak perlu khawatir untuk mencari sumber listrik. Penggunaannya yang praktis dan terbilang aman, menjadi salah satu jenis alat cukur modern yang saat ini banyak dicari orang. Jangan lupa sebelum mencukur, Anda bisa menggunakan krim cukur untuk meminimalkan goresan pada kulit Anda.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: