Memenuhi Asupan Sesuai Anjuran, Ciri Khas Sarapan Yang Baik Untuk Diet

Sarapan Sehat - (Photo: Meditations) Sarapan Sehat - (Photo: Meditations)

Menu diet sehat merupakan daftar makanan bergizi seimbang dengan kadar disesuaikan oleh kebutuhan tubuh setiap harinya. Menu ini tidak hanya diperuntukkan bagi kalangan yang ingin mengurangi berat badan, melainkan juga untuk orang yang ingin hidup sehat.

Sarapan Sereal (Photo: Ponce_Photography)

Sarapan Sereal (Photo: Ponce_Photography)

Setiap harinya tubuh memerlukan asupan yang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak dan berbagai vitamin, mineral, serta air untuk menunjang kinerjanya. Zat-zat tersebut penting untuk tubuh. Peran penting dari zat di atas dijelaskan melalui uraian singkat sebagai berikut:

  • Karbohidrat. Sumber energi utama tubuh berasal dari karbohidrat. Otak dapat bekerja maksimal jika mendapat asupan secara cukup. Contoh karbohidrat yang baik adalah berasal dari susu, biji-bijian utuh, kacang-kacangan.
  • Selain itu, karbohidrat yang sebaiknya dibatasi konsumsinya yaitu nasi putih, minuman buah kemasan, minuman bersoda, keripik kentang, dan kue-kue manis.
  • Protein. Zat ini merupakan sumber energi bagi tubuh. Asupan protein penting untuk pertumbuhan tubuh, membantu menjaga kesehatan tubuh, serta membantu tubuh menyembuhkan diri sendiri. Protein dapat ditemui di telur, ikan, daging, kedelai, daging unggas, keju, dan kacang-kacangan.
  • Lemak. Anda mungkin menghindar jika ada makanan yang mengandung lemak. Namun, makanan berlemak tidak selalu harus dihindari. Tubuh juga perlu mendapat asupan lemak untuk menjaga struktur sel dan membantu membran sel berfungsi dengan baik, menjaga sistem imun, dan membantu tubuh menyerap vitamin. Meskipun begitu, Anda harus tetap mengetahui batasan dalam mengkonsumsi makanan berlemak agar tidak berdampak buruk bagi tubuh seperti kenaikan berat badan, risiko terkena penyakit jantung, dan masalah kesehatan lain. Sebaiknya memilih makanan berlemak baik seperti ikan, daging unggas tanpa lemak, minyak dari sayuran (minyak zaitun). Batasi makanan berlemak seperti pizza, burger, sosis dan makanan cepat saji.
  • Vitamin dan mineral. Kedua zat ini dapat membantu organ tubuh dalam menjalankan fungsinya. Vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh antara lain vitamin A,B,C,D,E,dan K. Sementara mineral yang dibutuhkan tubuh adalah kalsium, zat besi, kalium, zinc dan selenium.
  • Air. Cairan ini memang tidak memiliki nutrisi, tetapi air bisa menghidrasi tubuh. Sekitar setengah dari komposisi tubuh Anda terdiri dari air. Selain air minum, Anda bisa mendapatkan cairan dari makanan seperti buah dan sayuran.

Semua kandungan di atas dapat Anda dapatkan dalam menu diet sehat. Selain memperhatikan nilai gizinya, makanan yang harus ada dalam menu diet sehat juga disesuaikan dengan kebutuhan kalori harian Anda.

Baca juga:  Membuat Rasa Kenyang Lebih Lama, Berikut Manfaat Buah Kurma Untuk Diet

Setiap individu memiliki kebutuhan kalori berbeda-beda. Rata-rata orang dewasa membutuhkan 2000 kalori setiap harinya. Anda bisa mengetahui jumlah kalori yang sesuai dengan kondisi tubuh seperti usia, jenis kelamin, aktivitas fisik harian, metabolisme, tinggi dan berat badan serta hormon.

Menu sarapan yang baik untuk diet antara lain mengkonsumsi semangkuk sereal dengan taburan kismis dan susu rendah lemak, dilanjutkan dengan satu buah pisang berukuran kecil dan satu lembar roti dari biji-bijian utuh dengan olesan margarin dan selai jelly.

Pilihan sarapan lain yang dapat dicoba adalah oatmeal dicampur dengan kismis yang dimasak dengan margarin. Untuk minumannya, Anda bisa meminum jus jeruk sebanyak 250 ml dan susu rendah lemak sebanyak 120 ml. Bisa juga dengan mencoba roti gandum isi keju rendah lemak atau sepiring nasi merah plus telur dadar (dari 1 butir telur) dengan irisan tomat dan daun selada.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: