5 Khasiat dan Cara Membuat Teh Bunga Krisan dengan Mudah & Praktis

membuat teh bunga krisan

Kalau kamu pernah melihat film Tiongkok dengan suasana Kekaisaran, maka akan sering terlihat para Kaisar menyeruput teh di pagi hari dengan bunga hias di dalam cangkir. Teh ini disebut teh bunga krisan. Selain sebagai bunga hias, teh ini juga dapat dikonsumsi langsung tanpa harus dipisahkan dari kelopak bunganya.

Belum lagi, teh bunga krisan juga berkhasiat sebagai obat tradisional yang mampu mengurangi beberapa risiko penyakit. Serta juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh untuk mencegah terjadinya penyakit. Di Indonesia sendiri, teh bunga krisan mulai diminati sebagai pengganti teh biasa atau kopi di pagi hari.

Nah, kira-kira apa saja ya, manfaat dan cara membuat teh bunga krisan? Berikut adalah ulasan selengkapnya.

1. Membantu meredakan stress berlebih

Stress ditimbulkan karena kita merasa banyak pikiran, beban, dan hal-hal yang mengganggu. Stress bisa saja terjadi karena kita terlalu menyesali masa lalu yang sudah tidak bisa diubah. Atau, juga bisa karena kita terlalu mengkhawatirkan masa depan yang belum tentu kejadian (hal negatif yang kita pikirkan tadi).

Nah, teh bunga krisan di sini dapat membantu mengurangi stress berlebih tersebut. Yakni lewat khasiatnya yang mampu melancarkan peredaran darah dalam tubuh sehingga saraf akan lebih rileks. Dengan begitu, kita bisa merasakan ketenangan dalam tubuh dan stress dapat mereda perlahan.

Baca juga:  Makanan dan Suplemen yang Mengandung Omega 3, Ibu Hamil Wajib Tahu!

2. Meningkatkan imunitas tubuh

Hampir semua obat tradisional bekerja untuk memperkuat imunitas atau kekebalan tubuh. Kekebalan tubuh ini diaktifkan untuk membantu memerangi serangan bakteri dan virus penyebab penyakit. Hal ini sudah menjadi lumrah karena memang obat tradisional difungsikan untuk imunitas.

Begitu pula dengan teh bunga krisan. Teh ini mengandung vitamin A dan C dengan manfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tubuh akan menjadi lebih tahan terhadap berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh serangan bakteri dan virus yang tak kasat mata. Rajin mengkonsumsi teh bunga krisan dapat meningkatkan imunitas tubuh.

3. Menjaga fungsi mata agar tetap prima

Khasiat dari teh bunga krisan yang berikutnya adalah menjaga kesehatan mata kita. Mata akan menjadi lebih sehat karena jika kita mengkonsumsi teh bunga krisan secara rutin, maka kandungan vitamin A sekaligus beta-karoten yang tinggi akan beraksi dalam mata untuk melindungi kornea dan organ mata lainnya.

Baca juga:  Rekomendasi Produk Skin Care Wardah Untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Jadi, teh bunga krisan bermanfaat untuk membantu meringankan sakit akibat gatal, mata kering, meringankan beban penglihatan yang kabur, serta mencegah mata kemerahan.

4. Mencegah serangan jantung dan stroke

Baru-baru ini juga banyak muncul penelitian yang menyebutkan bahwa teh bunga krisan dapat mencegah serangan jantung dan stroke. Kandungan senyawa kimia dalam teh bunga krisan dapat menurunkan kadar kolesterol dan membantu melancarkan peredaran darah dengan menurunkan tekakannya.

Dengan begitu, risiko terkena penyakit kardiovaskular yang meliputi aterosklerosis, stroke, dan juga penyakit jantung, dapat diperkecil dengan rutin meminum teh bunga krisan. Tentu saja langkah ini dilakukan dengan jangka panjang dan hanya mampu untuk membantu pencegahan, bukan mengobati.

5. Merawat kulit menjadi lebih sehat

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, kandungan beta-karoten dan juga vitamin A dalam teh bunga krisan cukuplah besar. Dan hal ini tentu bakal memberikan khasiat tersendiri. Keperluan dalam tubuh untuk suplai vitamin A dapat dipenuhi lewat kandungan beta-karoten yang tinggi.

Baca juga:  Penyebab dan Solusi Mengatasi Rambut Rontok

Sebagaimana fungsinya, vitamin A mampu menjadi antioksidan. Stress oksidatif dapat dihilangkan dengan khasiat vitamin A. Sekaligus sel-sel kulit yang rusak juga dapat diatasi. Begitu pula dengan sistem organ di seluruh tubuh kita.

Bonus: Cara Membuat Teh Bunga Krisan

Seperti yang telah disebutkan di judul, kita akan memberikan resep mudah untuk membuat teh bunga krisan. Ada beberapa bahan yang perlu disiapkan: 500 ml air, 50 gr teh bunga krisan kering, 1-3 sdm madu atau gula.

Langkahnya, siapkan panci yang diisi air, teh bunga krisan kering, dan juga madu atau gula. Kemudian panaskan hingga mendidih. Lalu angkat teh yang sudah mendidih ini, tuangkan ke wadah baru (bisa cangkir atau ketel). Teh bunga krisan siap diminum.

Itulah tadi beberapa ulasan tentang manfaat yang ada pada teh bunga krisan begitu juga cara pembuatannya. Mudah-mudahan, dengan teh bunga krisan ini kita dapat memperkaya informasi tentang obat tradisional yang bermanfaat bagi tubuh dan aman untuk kita konsumsi sehari-hari.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: