Membuat Hiasan Pensil Dilakukan Dengan Cara Apa?

Memakai pensil hiasan bunga (sumber: lottamagazine.com)Memakai pensil hiasan bunga (sumber: lottamagazine.com)

Pensil termasuk barang yang sangat mudah untuk dihias menjadi aneka kreasi kerajinan tangan. Membuat hiasan pensil bisa dilakukan dengan cara memanfaatkan alat dan bahan yang sederhana, seperti kertas atau kain flanel warna-warni. Kemudian, kertas atau kain flanel itu nantinya digunting dan dibentuk menjadi pola-pola tertentu dan ditempelkan di bagian pangkal pensil.

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk membuat hiasan pensil sendiri di rumah, Anda bisa menyimak uraian cara membuat hiasan pensil yang mudah dari bahan kertas dan kain flanel berikut ini.

Hiasan Pensil Kupu-kupu dari Kertas

Bahan Hiasan Pensil Kupu-kupu

  • Kertas merah muda ukuran A4
  • Kertas kuning ukuran A4
  • Lem

Cara Membuat Hiasan Pensil Kupu-kupu

  1. Ambil kertas merah muda, potong ke dalam ukuran 3 mm x 29,7 cm. Buat 4. Ambil kertas kuning, potong ke dalam ukuran 3 mm x 29,7 cm dan 3 mm x 15 cm. Untuk ukuran 3 mm x 29,7 cm, buat 2. Untuk ukuran 3 mm x 15 cm, buat 1.
  2. Ambil kedua helai kertas kuning ukuran 3 mm x 29,7 cm. Buat gulungan padat. Caranya, selesaikan gulungan hingga ujung kertas. Saat menggulung, tahan terus kertas sehingga hasil gulungan menjadi padat. Beri lem pada bagian ujung akhirnya, lalu rekatkan sehingga menjadi gulungan padat tertutup. Kedua gulungan ini nantinya akan digunakan sebagai badan kupu-kupu.
  3. Ambil helaian kertas kuning ukuran 3 mm x 15 cm. Buat antena kupu-kupu. Caranya, lipat kertas menjadi dua. Gulung kedua ujung kertas ke arah luar. Selanjutnya, lipat sedikit bagian bawah kertas (bagian lipatan). Gulungan ini nantinya akan digunakan sebagai antena kupu-kupu.
  4. Ambil keempat helai kertas merah muda. Buat gulungan tertutup dengan diameter ±1,5 cm.
  5. Buat sayap kupu-kupu.
  6. Tempelkan kedua lingkaran padat.
  7. Tempelkan kedua sayap atas pada lingkaran padat.
  8. Tempelkan kedua sayap bawah pada lingkaran padat.
  9. Tempelkan antena pada bagian atas lingkaran padat.
  10. Tempelkan kupu-kupu pada bagian atas pensil. Hiasan pensil kupu-kupu sudah jadi.[1]
Hiasan pensil berbentuk kupu-kupu (youtube: Crafty Cat)

Hiasan pensil berbentuk kupu-kupu (youtube: Crafty Cat)

Hiasan Pensil Mawar dari Flanel

Bahan Hiasan Pensil Mawar

  • Kain flanel warna merah dan hijau
  • Lem tembak
  • Pensil yang akan dihias
  • Gunting
Baca juga:  Selain Salad, Kol Ungu Dimasak Apa Lagi Ya Biar Enggak Bosan?

Cara Membuat Hiasan Pensil Mawar

  1. Buat potongan kain flanel merah dengan lebar 5 cm.
  2. Rapikan salah satu sisinya dengan cara digunting agar berbentuk setengah lingkaran. Kain yang sudah dibentuk ini nantinya akan dijadikan mahkota bunga mawar.
  3. Buat potongan membentuk bintang dengan kain flanel hijau. Nantinya potongan ini akan dijadikan kelopak bunga mawar.
  4. Apabila Anda sudah membentuk seluruh kain flanel, sekarang saatnya mulai menempelkan kain dan membentuknya jadi mahkota bunga pada ujung pangkal pensil. Pastikan seluruh kain flanel warna merah sudah dibentuk dengan sempurna. Beri lem tembak pada bagian ujung bawahnya.
  5. Tempel satu kelopak tersebut di ujung pangkal pensil. Ulangi langkah ini dengan cara melingkar hingga menyerupai bentuk mahkota bunga mawar.
  6. Berikutnya, buat lubang di bagian tengah flanel hijau yang sudah dibentuk bintang tadi. Pastikan ukurannya sesuai dengan diameter pensil. Lalu, masukkan kain tersebut ke pensil. Beri lem di bawah mahkota mawar agar bisa melekat dengan sempurna.
  7. Hiasan pensil bunga mawar dari flanel pun sudah jadi.
Baca juga:  Bagaimana Tahapan Make Up Artist yang Benar untuk Pemula?

Bagaimana? Cukup mudah kan membuat hiasan pensil dengan cara-cara yang telah kami paparkan di atas? Pensil dengan aneka hiasan ini tentunya akan membuat aktivitas menulis atau menggambar jadi lebih menyenangkan. Anda bisa menghias pensil di rumah bersama sang buah hati untuk mengisi kegiatan senggang mereka.

Selain seru dan mengasyikkan, membuat hiasan pensil dengan buah hati bisa membantu mengembangkan kemampuan motorik mereka. Pasalnya, kegiatan ini akan diisi dengan menggunting, menggulung, dan merekatkan tiap bagian hiasan ke pensil. Jika anak Anda kesulitan, Anda bisa membantunya untuk mengerjakan kegiatan yang membutuhkan keterampilan dan kehati-hatian, seperti menggunting pola. Sedangkan pekerjaan sisanya yang lebih mudah, bisa Anda serahkan pada si kecil.

[1]Paat, RD. 2007. Kreasi Pernak-Pernik dari Kertas untuk Suvenir & Hadiah. Intarina H, editor. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, hlm 68.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: