Melirik Tren Diet Skincare Ala Korea yang Sedang Hits

Diet, skincare, diet skincare, rutin, rutinitas, merias, makeup, 10, langkah, kecantikan, ala, wanita, Korea, tren, perawatan, produk, bebas, bahan, aktif, sifat, pembersih, pelembab, SPF, sheet mask, essence, serum, double, cleansing, kebutuhan, cleanser, moisturizing, aktivitas, sunscreen, Ilustrasi: diet skincare ala wanita Korea (sumber: independent.co.uk)

Coba hitung kembali, berapa langkah ritual kecantikan yang biasa Anda lakukan? Bisa jadi 7-8 langkah. Saat ini di menganut tren 10 langkah ritual kecantikan untuk sehari-hari, mulai dari double cleansing, toner, serum, eye cream, pelembap, sampai sunscreen.

Ternyata, langkah perawatan kulit yang panjang ini mulai ditinggalkan. Melansir dari beberapa sumber, perempuan Korea mulai melakukan skincare yaitu mengurangi jumlah penggunaan skincare. Untuk meminimalisir, perawatan hanya melalui 3 langkah yaitu cleanser, moisturizer, dan SPF.

Sederhananya, ‘diet skincare’ adalah tentang meminimalkan langkah-langkah dalam rutinitas perawatan kulit Anda untuk mengurangi iritasi. Rutinitas ini terbatas pada pembersih, pelembab, dan SPF, dan semua produk biasanya bebas dari bahan aktif yang bersifat keras.

Alasannya adalah banyak yang percaya bahwa diet skincare adalah respons terhadap aktivitas rutin 10 langkah. Tren 10 langkah perawatan kulit dari Korea sempat mendunia, di mana menggunakan skin care secara berlapis seperti essence, masker, serum dan sejumlah produk lainnya. Tapi kini, 10 langkah perawatan tersebut semakin ditinggalkan orang Korea Selatan dan tergantikan dengan tren diet skin care.

Selain itu, alasan lainnya yang mendasari diet skincare adalah untuk mengurangi iritasi pada kulit yang diakibatkan oleh reaksi-reaksi dari paduan skincare yang diaplikasikan secara berlapis, yang dapat menimbulkan efek samping pada kulit.

Dengan melakukan diet pada skincare, maka kulit juga secara melakukan proses detoksifikasi dari ragam efek samping akibat kandungan kimia yang menumpuk akibat penggunaan beragam skincare pada kulit. Jadi dengan mulai melakukan diet skincare dan kembali pada produk perawatan dasar, maka kulit juga akan kembali beradaptasi dan mengembalikan pertahanan kulit seperti sebelumnya.

Sesuai dengan namanya, wanita Korea kini memangkas rutinitas skin carenya menjadi lebih sedikit. Diet skin care dilakukan untuk mencegah atau mengurangi iritasi. “Orang-orang telah menumpuk banyak sekali produk yang berbeda-beda yang menimbulkan kemerahan, sensitif dan bahkan hal yang lebih buruk seperti dermatitis kontak,” ujar Liah Yooh, Youtuber dan pendiri brand skin care Krave Beauty, seperti dikutip dari Allure.

Diet, skincare, diet skincare, rutin, rutinitas, merias, makeup, 10, langkah, kecantikan, ala, wanita, Korea, tren, perawatan, produk, bebas, bahan, aktif, sifat, pembersih, pelembab, SPF, sheet mask, essence, serum, double, cleansing, kebutuhan, cleanser, moisturizing, aktivitas, sunscreen,

Ilustrasi: beraneka ragam produk skincare (sumber: cel.md)

Liah Yoo yang biasa mendiskusikan perawatan kulit pada video-videonya membeberkan bahwa para perempuan di sana pada dasarnya hanya memakai produk yang dibutuhkan kulit. Selama 2 tahun terakhir ini justru tren di sana adalah ‘Skincare Diet’, yakni menyederhanakan langkah rutinitas skincare. Dengan prinsip: memakai produk skincare seminimal mungkin untuk capai hasil kulit maksimal.

Mengapa less is more? Bayangkan ketika kita memakai 10 hingga 15 produk pada rutinitas skincare pagi maupun malam. Artinya lebih dari 500 bahan berbeda akan berkumpul di kulit. Beberapa di antaranya mungkin bermanfaat di kulit, tapi tidak ada jaminan bahwa formula dari sejumlah produk tersebut dapat terserap. Yang ada justru kulit berakhir iritasi.

Liah sendiri mengaku kondisi kulitnya yang berjerawat jadi membaik dan mulus setelah memangkas ritual kecantikannya. Bukti bahwa mengutamakan pemakaian skincare yang dibutuhkan jauh memberi hasil optimal. Sederhananya, Skincare Diet bisa dibagi dalam beberapa langkah esensial berikut.

Multilayer atau menggunakan skin care berlapis-lapis tidak dibutuhkan. Dr. Neil Sadick, dermatologis dari New York mengatakan, “Kami melihat banyak pasien yang menggunakan kombinasi skincare yang aneh. Hasilnya kulit malah jadi iritasi.” Semakin banyak campuran skincare, semakin banyak pula efek samping yang terjadi pada kulit. Jadi, tujuan dari diet skincare adalah mengurangi iritasi yang kerap terjadi pada kulit akibat reaksi dari skincare yang berbeda-beda. Selain itu, diet skincare juga bisa mengurangi proses detoksifikasi dari ragam efek samping akibat kandungan kimia yang menumpuk dan juga menenangkan kulit dengan memakai perawatan kulit dasar.

Tak sedikit wanita atau influencer yang kini seolah berperan sebagai ahli kulit. Padahal apa yang mereka pakai, belum tentu cocok untuk jenis kulit orang lain. Dr. Neil mencontohkan produk skin care yang sebaiknya dihindari. Menggunakan pelembab retinol dengan kandungan antioksidan yang aktif seperti vitamin C dan salicylic acid tidak disarankan karena memicu kulit kemerahan dan iritasi.

Seperti dikutip Allure, diet skincare merupakan tren baru dari Korea yang menyederhanakan langkah-langkah rutinitas perawatan kulit. Prinsipnya adalah menggunakan produk skincare seminimal mungkin untuk mendapatkan hasil perawatan yang maksimal. Apa saja produknya?

Diet, skincare, diet skincare, rutin, rutinitas, merias, makeup, 10, langkah, kecantikan, ala, wanita, Korea, tren, perawatan, produk, bebas, bahan, aktif, sifat, pembersih, pelembab, SPF, sheet mask, essence, serum, double, cleansing, kebutuhan, cleanser, moisturizing, aktivitas, sunscreen,

Ilustrasi: membersihkan wajah dengan double cleansing skincare (sumber: allure.com)

Double Cleansing

Ritual membersihkan wajah di tahap double cleansing dibagi menjadi dua langkah. Pertama, hapus riasan dan kotoran dengan pembersih berbahan dasar minyak. Kemudian lanjutkan dengan cleanser foam atau krim berbasis air untuk mengangkat sisa minyak, kotoran, dan keringat. Fungsi double cleansing ini sendiri untuk membersihkan wajah hingga ke pori-pori terdalam, sehingga produk skincare lainnya mudah diserap oleh kulit.

Essence

Dalam setiap perawatan kulit, essence tidak pernah ditinggalkan. Ini karena essence dipenuhi dengan vitamin, mineral, dan asam amino yang menyebabkan produk ini lebih mudah diserap oleh kulit. Konsistensi tekstur cairan yang menyerupai air tentu membuat produk ini mudah digunakan. Biasanya essence digunakan setelah membersihkan wajah dan menggunakan toner, atau sebelum menggunakan serum dan pelembap.

Sheet Mask

Ini adalah cara paling mudah untuk merawat kulit. Sheet mask dengan berbagai macam kandungan yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Sheet mask ini akan memberi hidrasi dan untuk kulit Anda. Cara pakainya sangat praktis, hanya perlu ditempel ke wajah dan menunggu 10-15 menit. Dengan pemakaian rutin, tentunya kulit Anda akan terus terawat dan .

Hasil dari diet skincare ini juga sudah dirasakan oleh beberapa bintang K-Pop, seperti Hani dari EXID, yang mulai mengurangi penggunaan skincare, dari 6 menjadi 2 langkah saja. “Sejak saat itu, kulit saya jadi lebih baik,” ujarnya.

Bagaimana? Tertarik mencobanya? Anda dapat menyesuaikan sendiri produk skincare yang akan digunakan. Tidak perlu terpaku pada skincare di atas karena setiap kebutuhan kulit berbeda.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: