Manfaat dan Cara Membuat Masker Tepung Beras Rose Brand

Ilustrasi: pakai masker tepung beras (sumber: arraydict.com)Ilustrasi: pakai masker tepung beras (sumber: arraydict.com)

Tepung beras sebagai pengganti tepung terigu, tidak hanya bermanfaat sebagai campuran bahan kue, tetapi juga dapat dijadikan sebagai bahan untuk membuat masker. Sejumlah merk tepung beras yang beredar di pasaran, salah satunya adalah Rose Brand, dipercaya bisa dijadikan masker wajah yang bisa memutihkan kulit dan tidak memiliki efek samping.

Manfaat Masker Tepung Beras Rose Brand

Tepung beras sebagai produk olahan pangan lokal, sudah dikenal sebagai pengganti tepung terigu dan gandum untuk membuat aneka bakery.[1] Dalam proses pembuatannya, beras yang sudah dipanen harus disortir dan dibersihkan dari kulit arinya. Setelah itu, beras akan dicuci dan direndam untuk membuat teksturnya menjadi lebih empuk dan mudah hancur. Beras yang sudah ditiriskan dan dikeringkan, siap untuk digiling dan diayak, sehingga menghasilkan tepung yang halus dan lembut.

Salah satu merk tepung beras yang terbilang cukup populer di Nusantara adalah Rose Brand. Dilansir dari website resminya, tepung beras ini terbuat dari beras alami yang diproses secara higienis. Sehingga, bagi Anda yang tertarik untuk membuat masker dari tepung tersebut, tidak perlu khawatir dengan adanya bakteri atau virus di dalam produk.

Selain bisa dipakai untuk membuat kue, tepung beras tersebut juga dikenal baik untuk merawat kulit. Secara tradisional, tepung beras bisa dijadikan sebagai lulur, bedak dingin, dan bahan kosmetik lain untuk kecantikan. Dilansir dari parenting.orami, tepung beras masih dipakai oleh banyak wanita China yang terobsesi ingin memiliki kulit yang cerah dengan cara dijadikan sebagai masker wajah.

Baca juga:  Punya Wajah Gelap & Kusam? Ini Deretan Facial Foam yang Diklaim Bisa Memutihkan Wajah
Ilustrasi: tepung beras (sumber: wikipedia)

Ilustrasi: tepung beras (sumber: wikipedia)

Masih dilansir dari sumber yang sama, masker tepung beras tidak hanya mampu mencerahkan kulit, tetapi bisa melindungi kulit dari sinar matahari. Beras sebagai bahan utama produk, memiliki kandungan asam ferulat dan allantoin yang bersifat sebagai pelindung atau tabir surya yang baik untuk kulit. Selain itu, tepung beras juga memiliki sifat anti-inflamasi yang baik untuk menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari.

Bagi Anda yang memiliki masalah kulit kasar atau tekstur kulit tidak rata, bisa memanfaatkan masker dari tepung beras. Tepung beras yang memiliki tekstur agak kasar dan cenderung mengendap, merupakan bahan yang baik untuk scrub atau eksfoliasi kulit. Partikel-partikel halus dari tepung beras akan membantu mengangkat sel-sel kulit mati, kotoran, dan sebum. Sehingga, kulit Anda akan menjadi lebih halus, lembut, segar, dan lembap.

Menurut review beberapa pengguna masker beras Rose Brand, produk ini mampu membantu proses penyembuhan jerawat dan memudarkan bekasnya. Masker tepung beras ini terbilang ampuh untuk mengeringkan jerawat baru dan membuatnya mengelupas tanpa bekas. Anda juga bisa menjadikannya sebagai salah satu obat untuk jerawat yang parah.

Baca juga:  Cara Mengeringkan & Membuat Teh dari Bunga Krisan

Masker tepung beras juga dipercaya mampu mengatasi kerutan, flek hitam, dan kulit yang kendur akibat gejala penuaan dini. Memakai masker tersebut secara rutin, diklaim mampu menghilangkan sekaligus mencegah timbulnya gejala penuaan dini. Sehingga, cocok untuk Anda yang ingin tampil awet muda.

Meskipun masker tepung beras Rose Brand memiliki banyak manfaat untuk wajah, Anda juga perlu mengetahui cara membuat masker yang tepat. Terlalu banyak mencampurkan larutan pada tepung beras, akan membuat tekstur menjadi encer dan tidak bisa bekerja dengan optimal. Lalu, bagaimana cara membuat masker tepung beras yang baik?

Tepung beras Rose Brand (sumber: shopee)

Tepung beras Rose Brand (sumber: shopee)

Cara Membuat Masker Tepung Beras Rosebrand

  • Siapkan 2 sendok makan tepung beras dan 1,5 sendok makan air. Usahakan Anda sudah menyaring tepung beras untuk mendapatkan bahan yang halus dan bersih. Air yang dipakai bisa air filtrasi atau air matang. Hindari menggunakan air yang belum dimasak, karena mengandung bakteri.
  • Masukkan tepung ke dalam mangkuk plastik dan campur dengan air. Siapkan kuas masker dan aduk adonan hingga rata. Usahakan teksturnya tidak terlalu kental dan tidak terlalu encer, sehingga masker bisa menempel dengan baik di wajah.
  • Selain membuat masker tepung beras original, Anda juga bisa membuat masker kunyit. Setelah mencampur dua bahan tersebut, masukkan bubuk kunyit sebanyak seperempat sendok teh. Sekilas, masker ini akan berwarna kuning, tetapi tidak akan membuat warna kulit wajah Anda berubah.
  • Bagi Anda yang ingin mendapatkan kulit wajah putih dan glowing, Anda bisa memakai masker tepung beras Rose Brand dicampur dengan susu. Caranya, Anda hanya perlu mengganti air menjadi susu.
Baca juga:  Berbagai Manfaat Lemon Untuk Kulit Dan Kesehatan Tubuh

Setelah masker tepung beras Rose Brand jadi, bersihkan wajah Anda menggunakan sabun dan toner. Oleskan masker ke seluruh permukaan kulit wajah hingga rata dan diamkan selama 5-10 menit. Bilas masker menggunakan air bersuhu ruangan hingga bersih. Lakukan hal ini secara rutin, maksimal 2 kali seminggu untuk mendapatkan kulit yang cantik.

[1] Wahyuningsih, Kendri, dkk. 2015. Pemanfaatan Beras (Oryza sativa L.) Inpari 17 Menjadi Tepung sebagai Bahan Baku Roti Tawar Non Gluten. Jurnal Pangan Universitas Pasundan, Vol. 24(3): 167-182.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: