Masker Buatan Sendiri untuk Setiap Jenis Rambut dan Masalahnya

Ilustrasi: wanita memakai masker rambut (sumber: lifealth.com)Ilustrasi: wanita memakai masker rambut (sumber: lifealth.com)

Untuk mengatasi masalah rambut, seperti ketombe, rambut rontok, kusam, atau rusak, Anda bisa menggunakan berbagai jenis produk perawatan rambut, salah satunya masker. Meskipun begitu, tidak semua hair mask yang dijual di pasaran harganya murah. Sebagai solusi, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bahan yang mudah ditemukan.

Selain lebih hemat di kantong, masker rambut buatan sendiri juga lebih sehat dan alami. Tidak ada campuran bahan kimia atau bahan pewangi dan pengawet di dalamnya. Rambut Anda juga akan lebih sehat dan bernutrisi. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa jenis masker rambut organik yang bisa Anda buat sendiri di rumah.

Masker Rambut Tebal, Kasar dan Rusak

Ilustrasi: rambut tebal, kasar, dan rusak (sumber: healthyblab.com)

Ilustrasi: rambut tebal, kasar, dan rusak (sumber: healthyblab.com)

Rambut kasar dan rusak tidak hanya dialami oleh orang yang memiliki rambut tipis, tetapi juga rambut tebal. Rambut seperti ini dapat rusak karena terlalu sering terpapar sinar matahari dan kasar akibat penggunaan alat catok atau hairdryer. Untuk mengatasinya Anda bisa membuat masker rambut organik dari telur dan beberapa bahan pendukung lainnya.

Dikatakan Paul, pemilik Cucinello Studio di New York, jika Anda ingin menghaluskan rambut dan mengatasi rambut  rusak pada jenis rambut yang tebal, pilih bahan-bahan dengan kandungan lemak lebih tinggi, seperti alpukat, mayones, santan, dan atau kuning telur, demikian dilansir Women’s Health.

Untuk membuat masker telur, Anda membutuhkan ½ alpukat, 1 butir telur, dan 1 sendok teh minyak zaitun. Semua bahan tersebut dicampur jadi satu dalam mangkuk plastik menggunakan garpu atau sendok. Setelah itu, aplikasikan ke rambut Anda hingga merata dan biarkan selama 20 menit. Bilas dengan air biasa dan shampo untuk menghilangkan aroma amisnya.

Baca juga:  Rhinoplasty, Tren Operasi Kosmetik Untuk Perbaiki Penampilan Hidung

Masker Rambut Sedang dan Bercabang

Ilustrasi: rambut sedang dan bercabang (sumber: allthingshair.com)

Ilustrasi: rambut sedang dan bercabang (sumber: allthingshair.com)

Masker rambut organik lainnya bisa Anda buat, jika Anda memiliki rambut yang tidak terlalu tebal namun dengan masalah rambut rusak atau bercabang. Biasanya, rambut bercabang diakibatkan oleh paparan sinar matahari berlebihan dan terlalu sering menggunakan cat rambut.

Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan lidah buaya dan beberapa bahan tambahan lainnya. “Pilihlah sesuatu yang lebih ringan atau dengan konsistensi seperti gel untuk mengatasi rambut bercabang pada rambut sedang, seperti lidah buaya mentah, putih telur, atau madu,” kata Paul.

Ada beberapa bahan yang harus Anda siapkan untuk membuat hair mask ini, seperti 2 putih telur, 2 sendok makan minyak kelapa, dan daging lidah buaya yang sudah dihancurkan sebanyak 50 ml. Setelah bahan siap, campurkan semua bahan ke dalam mangkuk plastik dan aduk menggunakan sendok atau garpu.

Masker rambut yang sudah jadi harus segera digunakan agar tidak teroksidasi. Oleskan masker secara merata dari akar rambut ke ujung rambut. Sebagai aplikator, gunakan sisir bergigi lebar, agar lebih mudah. Biarkan masker menempel di rambut Anda selama 20 menit, lalu bilas dengan air dan shampo.

Masker Rambut Panjang dan Kusam

Ilustrasi: rambut panjang dan kusam (sumber: stylesatlife.com)

Ilustrasi: rambut panjang dan kusam (sumber: stylesatlife.com)

Umumnya, rambut yang dibiarkan panjang tanpa dirawat, lebih cepat kusam. Hal ini karena semakin panjang rambut Anda, semakin banyak pula nutrisi yang dibutuhkan. Untuk mengatasi masalah kusam pada rambut panjang, Anda bisa menggunakan masker rambut organik dari buah pisang dan beberapa bahan tambahan lainnya.

Baca juga:  Rekomendasi & Ciri-ciri Pantyliner yang Bagus untuk Keputihan

“Untuk menambah kilau pada rambut kusam Anda yang terlalu panjang, gunakan kuning telur, madu, dan pisang,” tutur Mahshid Baghaei, seorang ahli penata rambut di Mizu Louis Licari. “Manfaat resep ini luar biasa, sementara telur menyediakan protein untuk rambut, sedangkan pisang dan madu akan meningkatkan kilau alami.”

Untuk membuat masker rambut ini, Anda bisa mencampurkan 1 buah pisang matang, 1 sendok makan madu organik, dan 1 telur mentah. Semua bahan bisa diblender jadi satu hingga menyerupai pasta yang tidak terlalu kental. Oleskan masker tersebut ke rambut Anda dari akar ke ujung, tutup dengan shower cap, dan diamkan selama 20 menit. Setelah itu, bilas dengan air, lalu shampo dan kondisioner.

Masker Rambut Tipis dan Kering

Ilustrasi: rambut tipis dan kering (sumber: getridofthings.com)

Ilustrasi: rambut tipis dan kering (sumber: getridofthings.com)

Pada jenis rambut tipis, biasanya mudah kering. Ini karena rambut tipis terkadang tidak memiliki kadar minyak yang cukup untuk melembapkannya. Rambut tipis dan kering juga salah satu indikasi bahwa rambut kekurangan nutrisi. Nah, agar rambut Anda lebih lebat dan bervolume, Anda bisa menggunakan madu dan beberapa bahan lainnya.

“Untuk jenis rambut yang tipis dan kering, cobalah campuran madu, telur dan cuka sari apel,” kata Breno Miranda, stylist di Mizu Louis Licari. “Ini adalah perawatan hidrasi yang memberikan kelembapan dan menutrisi rambut dengan mengembalikan pH alami rambut Anda.”

Baca juga:  Sejumlah Treatment dan Prosedur Untuk Meremajakan Kulit Wajah

Untuk membuat masker tersebut, campurkan 1 sendok teh madu organik, 1 butir telur, dan 1 sendok makan cuka apel, lalu aduk hingga merata. Setelah masker jadi, cuci rambut dengan sampo bebas sulfat dan aplikasikan masker pada rambut dengan ukuran sekitar 1/4 inci dari kulit kepala sampai ke ujung. Biarkan selama 30 menit, lalu bilas menggunakan air dan sampo.

Masker Rambut Keriting dan Kasar

Ilustrasi: rambut keriting dan kasar (sumber: aklat.net)

Ilustrasi: rambut keriting dan kasar (sumber: aklat.net)

Rambut yang keriting berlebihan biasanya terlihat kaku, kasar, dan sulit diatur. Rambut keriting dapat menjadi kaku dan kasar karena kekurangan nutrisi dan jarang keramas. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan beberapa jenis minyak nabati, seperti minyak kelapa dan jojoba.

“Bahan-bahan alami yang bisa menjinakkan rambut keriting yang kaku dan kasar, yaitu minyak kelapa dan jojoba,” papar Baghaei. “Kedua minyak tersebut mampu menghidrasi rambut Anda yang kaku dan kasar, sehingga membuat rambut keriting menjadi lebih lembut dan mudah diatur.”

Untuk membuat masker tersebut, Anda bisa mencampurkan minyak kelapa, minyak jojoba, dan air dengan perbandingan 1:1:1. Untuk takarannya, Anda bisa menyesuaikan dengan ketebalan dan panjangnya rambut. Setelah semua bahan tercampur, masukkan ke dalam botol spray dan semprotkan ke rambut Anda. Biarkan hingga kering, lalu sisir rambut Anda.

Itulah beberapa jenis masker organik buatan sendiri untuk setiap jenis rambut dan permasalahannya. Perlu diingat, hasil akhir setiap penggunaan masker akan berbeda, ini tergantung pada kondisi rambut Anda masing-masing.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: