Masalah Kulit Yang Biasa Dialami Oleh Orang Dewasa

masalah, penyakit, kulit, orang, dewasa, muda, usia, tahun, 25, ke, bawah, perawatan, dokter, psoriasis, herpes, zoster, eksim, krim, losion, gel, rosacea, produk, peradangan, ruam, gatal, kering, jerawat Kulit tubuh wanita dewasa

Anda menderita masalah seperti atau terdapat bintik-bintik ruam? Peradangan kulit, perubahan tekstur atau warna kulit, dan flek dapat terjadi akibat infeksi, kondisi kulit atau kontak dengan alergen, atau bisa jadi iritasi. Jika Anda merasa mengalami satu di antaranya masalah kulit di atas, berkunjung ke dokter mungkin bisa menjadi solusinya.

Pada kulit orang , terdapat beberapa masalah kulit yang biasa dialami. Beberapa orang mungkin menganggap bahwa masalah kulit itu terjadi karena kurang terjaganya kebersihan .

Masalah/ Orang Dewasa

Anggapan beberapa orang itu bisa jadi disebabkan karena minimnya informasi mengenai penyakit kulit yang diderita. Padahal beberapa di antaranya merupakan gangguan yang umum diderita orang dewasa, di antaranya:

Herpes Zoster

Salah satu penyakit kulit yang biasa menjangkiti orang dewasa adalah herpes zoster. Salah satu tanda penyakit ini adalah adanya ruam tidak rata berukuran kecil yang bisa melepuh. Kulit yang terjangkit penyakit ini akan terasa perih, gatal, atau sangat sensitif. Daerah yang paling sering menderita herpes zoster adalah pada badan atau pantat. Meski begitu, masih ada kemungkinan bahwa penyakit ini bisa muncul di bagian tubuh mana pun.

Herpes zoster (sumber: wikipedia)

Ruam yang timbul bisa berubah menjadi lecet yang menyakitkan. Herpes zoster menyebabkan kulit Anda terbakar, gatal, terasa seperti tergelitik, atau menjadi sangat sensitif. Wabah penyakit ini bisa terjadi sekitar dua minggu. Anda mungkin akan pulih, tetapi rasa sakit, mati rasa, dan gatal mungkin bisa bertahan selama berbulan-bulan, bertahun-tahun, atau bahkan sepanjang sisa hidup Anda. Perawatan yang bisa dilakukan termasuk krim untuk kulit, obat, steroid, dan bahkan antidepresan. Penting untuk dilakukan perawatan sejak dini untuk membantu mencegah komplikasi.

Urtikaria

Penyakit kulit lain yang umum diderita adalah urtikaria atau yang dikenal dengan istilah biduran. Ciri-ciri penyakit ini biasanya ditandai dengan munculnya rasa gatal-gatal, bilur-bilur, ruam, mungkin terasa seperti tersengat dan terbakar. Ruam yang muncul bisa bervariasi dalam ukuran. Gangguan kulit ini mungkin muncul di salah satu bagian tubuh atau bisa tersebar di area tubuh yang lebih luas.

Gangguan kulit urtikaria (sumber: Healthjade.com)

Penyebab dari masalah kulit tersebut bisa dari suhu yang ekstrem, infeksi seperti radang tenggorokan, dan terhadap obat-obatan, makanan, dan bahan makanan. Biasanya urtikaria akan sembuh dalam beberapa hari meski tanpa menjalani . Antihistamin mungkin diperlukan, terutama ketika rasa gatal yang menyerang menjadikan penderita merasa tidak nyaman. Jika gejala yang muncul akibat urtikaria tidak hilang dalam waktu lebih dari 48 jam, menghubungi dokter adalah langkah yang sebaiknya dilakukan.

Psoriasis
Orang dewasa juga sering terkena penyakit kulit berupa bercak merah bersisik putih (bisa saja tebal) yang biasa disebut dengan psoriasis. Bercak ini umumnya muncul di daerah siku, lutut, dan punggung bagian bawah. Penyakit ini bisa menimbulkan rasa gatal atau sakit di kulit yang terkena.

Psoriasis pada kulit siku tangan (sumber: allure.com)

Meski sebagian orang merasakan efek dari psoriasis tidak signifikan, namun sebagian penderita lainnya menganggap penyakit kulit ini mengganggu aktivitas mereka. Untuk meringankan gejala yang muncul, beberapa pengobatan yang bisa dilakukan adalah dengan pemberian krim, salep, terapi cahaya, injeksi obat, atau obat oral. Jika penyakit ini masih dalam tahap wajar, maka bisa ditangani melalui konsultasi dengan dokter umum. Namun pada kondisi yang sudah parah, pengobatan biasanya dilakukan oleh dokter spesialis kulit.

Eksim

Penyakit kulit yang kerap diderita oleh orang dewasa adalah eksim. Ini adalah gangguan kulit yang ditandai dengan munculnya bercak-bercak yang meradang berwarna merah, terasa kering, dan menimbulkan rasa gatal. Kondisi ini juga biasa dikenal dengan sebutan atopik. Biasanya, kondisi ini menyerang sisi dalam dari siku atau daerah belakang lutut remaja atau orang dewasa.

Gangguan kulit, eksim (twitter: @harrysahota1971)

Penyebab penyakit kulit yang satu ini belum sepenuhnya bisa dimengerti oleh para ahli medis, namun kuat dugaan bahwa hal ini terkait dengan sistem kekebalan tubuh yang terlalu aktif, mungkin juga stres, iritasi (misalnya sabun), alergen, dan iklim. Guna menyembuhkan penyakit ini, banyak cara dilakukan mulai dari memberikan obat-obatan, melakukan terapi menggunakan cahaya, hingga mengubah gaya hidup.

Rosacea

Rosacea merupakan penyakit kulit yang ditandai dengan peradangan kronis pada daerah wajah. Rosacea mirip dengan jerawat yang biasa menimpa remaja, namun diderita oleh orang dewasa. Biasanya bisa muncul di area hidung, dagu, pipi, dan dahi. Keadaan itu bisa berwarna lebih merah dari waktu ke waktu dan membuat pembuluh darah Anda semakin terlihat.

Rosacea biasa terjadi pada wajah (twitter: @dropwise)

Penyakit kulit ini bisa saja berbentuk benjolan dan jerawat yang mengandung nanah, bahkan bisa memengaruhi mata Anda. Peradangan tersebut bisa berwujud:

  • Kemerahan
  • Melebarnya pembuluh darah
  • Benjolan kecil (papula)
  • Bintik-bintik kecil berisi nanah (pustula)
  • Kemunculan jaringan ikat pada hidung yang berlebihan

Tanda kemerahan pada penyakit kulit yang satu ini merupakan tanda bahwa orang tersebut memiliki gejala awal sensitivitas terhadap bahan kimia tertentu yang dapat menyebabkan inflamasi. Untuk mengendalikan gangguan ini, biasanya dokter akan memberi pengobatan topikal atau pengobatan oral.

Tidak hanya terjadi pada orang dewasa yang mungkin sudah berada di atas umur 30 tahun, orang-orang yang berusia 25 tahun ke bawah (biasa disebut dewasa muda) juga bisa mengalami masalah kulit. Masalah yang sering dialami oleh orang dewasa muda adalah kulit berminyak, berpori besar, dan berjerawat yang disebabkan faktor hormonal, stres, atau pola makan.

Selain karena faktor perubahan hormonal, orang muda juga biasanya senang bereksperimen dengan produk make up dan perawatan wajah. Mereka juga sering berganti merek produk . Untuk kulit berminyak, pastikan pada produknya tertera ‘non-comedogenic’. Sementara untuk kulit kombinasi akan lebih nyaman memakai produk bertekstur losion atau gel.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: