Masa Subur Wanita agar Tidak Hamil dan 3 Tips Lainnya

Masa subur wanita agar tidak hamil

Penasaran, kapan datangnya agar tidak ? Sebagai pasangan baru, apalagi buat yang masih termasuk generasi milenial, berkarier terlebih dulu seringnya menjadi pilihan. Berkarier untuk menabung biaya pendidikan dan lain hal untuk si buah hati nantinya.

Alasan penundaan juga bisa saja karena salah satu pasangan masih belum siap. Penundaan ini bisa dilakukan dengan berbagai upaya. Upaya yang paling sering dilakukan adalah dengan mengetahui wanita agar tidak hamil. Dengan harapan, ini membantu pasangan menentukan intensitas hubungan.

Nah, masa subur wanita agar tidak hamil itu kapan? Dan apakah ada tips lain supaya tidak cepat hamil karena ingin menunda dulu? Berikut ini kami berikan tips dan triknya buatmu.

1. Masa subur wanita agar tidak hamil: pahami siklus menstruasi

Masa subur wanita agar tidak hamil

Untuk dapat tau masa subur, kamu harus paham bagaimana siklus menstruasimu bekerja. Kesuburan dan potensi terjadinya kehamilan sangat bergantung pada siklus menstruasi. Sebagai patokan, siklus menstruasi setiap wanita memiliki durasi yang berbeda-beda. Biasanya masa ini berkisar di angka 21 sampai 31 hari.

Masa subur yang terjadi pada wanita dinamakan masa ovulasi, tepatnya di masa-masa awal terjadinya ovulasi. Di masa ini, biasanya sel telur sudah siap untuk dilepaskan. Apabila kamu melakukan hubungan di masa-masa ini, biasanya besar kemungkinan untuk terjadi kehamilan.

2. Pahami waktu yang aman supaya kamu tidak hamil

Masa subur wanita agar tidak hamil

Apabila ingin menunda kehamilan, kamu perlu memahami siklus menstruasi dan harus mampu menentukan waktu yang aman. Waktu yang aman biasanya juga tidak panjang. Waktu ini terjadi ketika sehari sampai dua hari setelah menstruasi selesai. Sebab, di masa tersebut, sel telur sedang tidak diproduksi.

Maka penting sekali untukmu mengetahui waktu yang aman. Namun tetap saja, durasinya tidak lama. Sehingga tidak menutup kemungkinan bahwa waktu yang telah diprediksi juga bisa keliru. Maka hati-hati jika ingin menentukan waktunya. Sangat bergantung pada siklus menstruasi sang wanita.

3. Masa tidak subur bukanlah jaminan tidak akan hamil

Masa subur wanita agar tidak hamil

Apabila suami istri melakukan hubungan saat masa tidak subur, kemungkinan hamil masih bisa terjadi. Biasanya ditentukan lewat kalender yang sudah dihitung berdasarkan siklus menstruasi masing-masing. Penentuan waktu masa tidak subur itu pun tidak serta merta dilakukan sekali-dua kali.

Butuh waktu hingga setidakny 8 bulan untuk mencatat siklus menstruasi supaya dapat menentukan waktu yang pas. Dan paling sulitnya adalah, seringkali siklus menstruasi ini berubah-ubah sehingga sulit untuk diprediksi. Karenanya, berhubungan di masa tidak subur pun masih berpotensi untuk hamil.

4. Gunakan alternatif terbaik agar tidak hamil

Masa subur wanita agar tidak hamil

Cara yang paling mudah dan aman supaya tidak hamil adalah dengan menggunakan alat konrasepsi. Alat ini bisa mencegah kehamilan dan kemungkinannya kecil sekali. Berbeda ketika mengandalkan perhitungan masa subur yang masih saja berpotensi untuk terjadi kehamilan.

Contoh alat kontrasepsi adalah kondom, atau bisa juga menggunakan pil KB. Sehingga, disarankan agar kamu dan pasangan apabila ingin menunda kehamilan, untuk menggunakan alat kontrasepsi. Ditakutkan kalau mengandalkan perhitungan kalender, waktunya tidak akurat dan bisa terjadi kehamilan.

Itulah tadi beberapa hal yang patut kamu ketahui soal masa subur wanita agar tidak hamil. Memang tidak salah jika kamu dan dia ingin menunda kehamilan. Tentu semua pasangan punya prioritas dan pilihannya masing-masing. So, semoga informasi tadi bermanfaat buatmu ya!

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: