Ternyata Bukan Pemborosan, Ini Fungsi Penting Marinasi Ayam dengan Susu

Marinasi ayam dengan susu (sumber: thespruceeats) Marinasi ayam dengan susu (sumber: thespruceeats)

Sebagian besar dari Anda tentunya pernah menikmati ayam goreng crispy bukan? Ayam goreng krispi yang enak biasanya memiliki tekstur yang lembut dan juicy. Lantas, apa rahasia yang membuat ayam goreng bisa bertekstur demikian? Rupanya, ayam yang akan digoreng perlu melalui proses marinasiterlebih dahulu dengan susu.

Salah satu metode pengolahan daging adalah dengan marinasi. Marinasi adalah proses perendaman daging dalam bahan marinade, sebelum diolah lebih lanjut. Marinade adalah larutan berbumbu yang berfungsi sebagai perendam daging, biasanya digunakan untuk meningkatkan cita rasa, kesan jus,dan keempukan daging setelah dimasak.

Bahan marinade bermacam-macam, yaitu gula, garam dapur (NaCl), garam sorbat, garam fosfat, dan garam benzoat, yang bermanfaat untuk meningkatkan keamanan pangan dan masa simpan daging. Bahan marinade yang lainnya adalah asam (vinegar, wine, jus lemon), minyak makan (zaitun, almond) dan bumbu.

Pengolahan daging dengan metode marinasi pada awalnya berfungsi sebagai bumbu, tetapi pada perkembangan lebih lanjut juga berfungsi untuk menurunkan kandungan bakteri dalam daging. Dengan demikian, marinasi daging dapat dimanfaatkan untuk memperbaiki citarasa, memperbaiki sifat fisik daging dan diharapkan pula dapat dimanfaatkan sebagai bahan pengawet untuk memperpanjang masa simpan.[1]

Baca juga:  Bahaya Kandungan Zat Kimia Pada Produk & Tips Menghindarinya

Proses marinasi dilakukan beberapa saat sebelum proses pembalutan. Bahan makanan yang dibumbui, didiamkan beberapa saat agar meresap.[2]Cara yang tepat untuk marinasi biasanya menggunakan mesin khusus yang berfungsi memasukkan bumbu dalam daging dengan sistem injeksi atau tumbling.

Marinasi bisa juga dilakukan dengan manual, yakni dengan menggunakan peralatan sederhana misal dengan tangan atau garpu untuk membuat bumbu cepat meresap dalam daging. Perendaman bumbu dalam suhu dingin dan waktu lama bisa membantu proses marinasi. Salah satu yang menentukan kelezatan lauk berbumbu adalah proses peresapan bumbu dalam daging. Slow cooking atau memasak dalam waktu lama dan suhu rendah juga dapat membantu peresapan bumbu ke dalam daging sampai ke dalam.[3]

Resep marinasi ayam dengan susu (sumber: perdue.com)

Resep marinasi ayam dengan susu (sumber: perdue.com)

Selain dengan bumbu dasar dan bahan-bahan yang telah disebutkan, banyak juga yang melakukan marinasi daging ayam dengan menggunakan susu. Apa sebenarnya kegunaan marinasi ayam dengan susu?

Baca juga:  Manfaat & Alternatif Bahan Pengganti Tepung Kentang

Fungsi Marinasi Ayam dengan Susu

Proses marinasi atau rendam ayam dalam susu rupanya menjadi salah satu rahasia kelezatan resep ayam goreng crispy dari berbagai brand terkenal. Biasanya, brand terkenal itu tidak menggunakan susu biasa, melainkan buttermilk (susu mentega). Buttermilk dapat dibuat dengan cara mencampurkan susu sapi dengan perasan lemon atau cuka, sehingga menghasilkan susu yang teksturnya kental dan hampir menyerupai yoghurt. Merendam ayam dalam buttermilk dapat membuat tekstur daging ayam terasa lebih empuk, basah (juicy), sekaligus gurih.

Alternatif selain menggunakan buttermilk adalah menggunakan susu full cream cair yang plain (tanpa rasa). Seperti halnya buttercream, menggunakan susu cair sebagai bahan marinasi ayam juga bisa membuat tekstur bagian dalam ayam tetap lembut, tidak alot, dan nutrisinya terjaga. Sebaiknya, lakukan marinasi pada ayam yang akan diolah minimal 15 menit sampai 30 menit (jika di suhu ruangan). Namun, jika Anda ingin bumbu lebih meresap sempurna, Anda bisa merendam daging ayam dalam susu dan bumbu-bumbu marinasi hingga 8 jam di dalam kulkas (bagian pendingin).

Baca juga:  Waspada, Efek Buruk Obat terhadap Mikrobioma dalam Tubuh Anda

Teknik marinasi ayam menggunakan susu diketahui membuat tekstur daging ayam tidak terasa kering seperti jika kita langsung menggorengnya tanpa marinasi susu. Apabila Anda melakukan marinasi ayam dengan benar, maka bagian dada sekalipun teksturnyaakan tetap lembut dan terasa lebih moist.

Nah, jika Anda berencana memarinasi ayam yang hendak digoreng crispy dengan balutan tepung, maka tidak perlu merebus atau memasak bahan dan bumbu lebih dulu karena akan mempengaruhi tekstur krispinya. Bahkan, lapisan tepungnya akan terpisah (mengelupas).[4]

[1]Nurwantoro, dkk. 2012. Pengolahan Daging Dengan Sistem Marinasi Untuk Meningkatkan Keamanan Pangan Dan Nilai Tambah. Wartazoa. 22(2): 72-78.

[2]Kamikoki. 2016. 30 Sensasi Krispi, Kremes&Kriuk Populer. Intarina H, editor. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, hlm 8.

[3] A, Yuyun. 2010. Menjadi Pengusaha Lauk Berbumbu Siap Saji Dalam Kemasan. Petra AB, editor. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, hlm 18.

[4]Andie&Hadi. 2015. Serba Krispi&Kremes. Surabaya: Lingua Kata, hlm 7.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*