Manisan Pepaya Muda, Olahan Dari Buah Yang Kaya Manfaat Bagi Tubuh

Pepaya Muda - (Sumber: hellosehat.com) Pepaya Muda - (Sumber: hellosehat.com)

-buahan tidak hanya enak disantap langsung. Salah satu cara mengolah menjadi cemilan lezat adalah dengan membuatnya menjadi manisan. Kini, sudah banyak manisan yang dijual, salah satunya manisan pepaya muda. Ternyata, tidak semua dapat dijadikan manisan, hanya dengan tekstur keras yang dapat dijadikan manisan. Selain pepaya, mangga muda juga dapat dijadikan alternatif.

Untuk membuat manisan pepaya muda di rumah, sebelumnya Anda perlu menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan seperti pepaya mengkal (muda) dengan warna agak kekuningan, gula putih, larutan garam larutan kapur sirih, dan wadah berupa toples kedap udara.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memotong buah pepaya terlebih dahulu. Kemudian, pepaya direndam di dalam larutan garam kurang lebih satu jam untuk menghilangkan getahnya. Setelah itu, angkat dari rendaman air garam, dan lakukan proses perendaman kembali di air kapur sirih semalaman. Lalu, tiriskan dan cuci bersih hingga air cucian bening. Selanjutnya, masukkan gula putih secukupnya ke dalam wadah berisi pepaya, aduk rata, diamkan kurang lebih dua jam hingga keluar airnya, dan sisihkan airnya. Kemudian tambahkan air gula rendaman dengan gula pasir, masak hingga mengental, angkat, dinginkan lalu tuang ke pepaya dan rendam semalaman. Jika ingin manisan pepaya muda menjadi kering, cukup jemur di bawah sinar matahari selama kurang lebih 3 hari. Setelah kering, Anda dapat memasukkannya ke dalam toples, dan siap untuk dinikmati.

Manisan Pepaya Muda - (Sumber: mangcook.com)

Manisan Pepaya Muda – (Sumber: mangcook.com)

Cara membuat manisan dari pepaya muda di atas merupakan salah satu pilihan dalam mengolah buah pepaya. Manisan pepaya dapat dibuat dalam dua jenis, basah dan kering. Hal ini tentu saja berdasarkan selera masing-masing.

Mengkonsumsi manisan pepaya ternyata membawa bagi tubuh, di antaranya:

  • Memberi energi. Manisan pepaya banyak mengandung karbohidrat yang diperlukan tubuh.
  • Menambah berat badan. Hal ini dikarenakan satu porsi manisan pepaya mengandung 20 kalori, sehingga cocok bagi Anda yang ingin menambah berat badan.
  • Menurunkan kolesterol. Manisan pepaya merupakan sumber serat yang baik, oleh karena itu, pepaya ini dapat membantu menjaga kolesterol Anda supaya tetap stabil. Pepaya kering juga dapat meningkatkan sirkulasi darah.
  • Metabolisme. Manisan pepaya mengandung vitamin B-kompleks yang membuat fungsi seluler aktif. ini juga sumber kalsium, potasium, zat besi, mangan dan fosfor.
  • Penglihatan. Dengan kandungan vitamin A dapat membantu meningkatkan kemampuan penglihatan Anda.
  • Jantung. Flavonoid dan asam folat yang terkandung dalam pepaya kering membuat jantung Anda lebih sehat dan menjaga penyakit kardiovaskular.
  • Membantu pencernaan. Pepaya adalah jenis buah yang dapat membantu memperbaiki sistem pencernaan, sehingga Anda terhindar dari konstipasi.

Buah pepaya muda, selain memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, dan dibuat manisan, juga dapat diolah menjadi menu makanan pembuka. Seperti pada menu-menu di restoran khas Thailand. Makanan Thailand dikenal dengan cita rasanya yang asam,manis,pedas. Di menu makanan pembuka, pepaya muda diolah menjadi Som Tam (salad pepaya muda) sebelum makanan utama disajikan.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: