Manisan Cabai, Manisan Bercita Rasa Unik Dan Kaya Nutrisi

Manisan Cabai - (Sumber: jogjadaily.com) Manisan Cabai - (Sumber: jogjadaily.com)

Cabai umumnya digunakan sebagai bahan membuat sambal, atau sebagai tambahan cita rasa pedas dalam satu masakan. Selain itu, ternyata cabai juga bisa diolah menjadi manisan. Manisan cabai ini telah menjadi makanan khas suatu daerah. Manisan ini juga dijadikan sebagai oleh-oleh.

Manisan Cabai - (Sumber: jogjadaily.com)

Manisan Cabai – (Sumber: jogjadaily.com)

Untuk membuat manisan cabai, Anda dapat mempraktikkannya di rumah. Pertama-tama, menyiapkan bahan yang dibutuhkan. Bahan-bahannya antara lain:

  • Cabai merah 250gr
  • Cabai hijau 250gr
  • Gula pasir 200gr
  • Air garam 300ml
  • Kayu manis 3 cm
  • Air 500ml

Setelah bahan-bahan tersedia, berikutnya adalah langkah pembuatan:

  1. Buang biji serta tangkai putih yang ada dalam cabai, bersihkan. Kemudian, masukkan cabai ke dalam air garam, rendam sepanjang 8 jam, angkat dan tiriskan.
  2. Campur air, gula pasir dan kayu manis, rebus sampai mendidih serta gula larut, angkat. Untuk gula larut, jadikan 2 sisi.
  3. Masukkan cabai merah dan hijau secara terpisah ke dalam larutan gula yang tetap panas, selama 6 jam.
  4. Angkat cabai, tiriskan. Didihkan kembali larutan gula, angkat. Rendam lagi cabai ke dalam larutan gula sampai cabai terasa manis, tiriskan.
  5. Manisan cabai siap dihidangkan.
  6. Sebagai catatan, resep di atas dapat menggunakan cabai merah saja, atau hijau saja, sesuai selera Anda.

Citarasa manisan cabai yang unik, sehingga banyak disukai masyarakat. Seperti di Wonosobo, masyarakat di sana ada yang mengembangkan bisnis manisan ini. Mereka meraup keuntungan sekitar Rp 5 juta per bulan, dari bahan mentah sekitar seratus sampai dua ratus kilogram. Dari hasil berjualan manisan ini, masyarakat lokal berhasil merambah daerah lain di luar Jawa, bahkan luar negeri seperti Malaysia dan Korea.

Baca juga:  Cara Mudah Agar Lebih Terhubung dengan Rekan Kerja
Cabai Segar Sebagai Bahan Membuat Manisan - (Sumber: satujam.com)

Cabai Segar Sebagai Bahan Membuat Manisan – (Sumber: satujam.com)

Wajar, mengingat makanan ini disebut sebut juga mujarab untuk menjaga kondisi kesehatan tubuh karena kandungan vitamin A, B, C, E dan zat mineral. Di antaranya molindenum, mangan, folat, kalium, thiamin, hingga tembaga yang baik untuk kulit, pembuluh darah, organ dalam, serta tulang.

Manisan cabai ini dijual dengan kisaran harga Rp 20.000, Rp 40.000 sampai Rp 140.000 tergantung dari kemasannya. Ada yang di botol kecil, ada pula yang mengemasnya per kilo.

Manisan ini memiliki beberapa keunggulan di banding produk manisan lain. Pertama, manisan cabai ini memiliki rasa pedas manis yang berbeda dengan manisan pada umumnya yang hanya memiliki rasa manis saja, atau asam saja. Kedua, bahan baku mudah didapat. Ketiga, manisan ini kaya akan nutrisi yang terkandung di dalamnya seperti energi 31 kal, Protein 1 gr, Lemak 0,3 gr, Karbohidrat 7,3 gr, Kalsium 29 mgr, Fosfor 24 mgr, Vit.A 470 SI, Vit. C 181 mgr. Keempat, produk-produk manisan lainnya biasanya hanya bertahan kurang lebih satu atau dua hari, tetapi manisan cabai dapat bertahan hingga dua minggu tanpa bahan pengawet.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: