Manfaat Yoga Untuk Kekuatan Kaki dan Menghilangkan Migrain

Manfaat Yoga Manfaat Yoga

Anda pasti pernah mengalami rasa sakit kepala, baik migrain atau sampai demam? Untuk menghilangkan sakit kepala beberapa cara yang ditempuh biasanya adalah dengan meminum obat-obatan yang diperuntukkan meredakan rasa sakit ini. Padahal tanpa Anda sadari, terlalu sering meminum obat-obatan bisa membuat saraf terganggu jika dilakukan dalam jangka waktu yang panjang. Ada solusi untuk menghilangkan rasa sakit kepala dengan cara yang lebih sehat, yaitu dengan olahraga Yoga.

Yoga Untuk Hilangkan Sakit Kepala

Yoga bisa menjadi sebuah terapi tersendiri untuk beberapa penyakit tertentu seperti migrain misalnya. Beberapa gerakan dan pose bisa diperuntukkan jenis penyakit ini. Meski rasa sakit kepala arahnya kepada bagian penting dari tubuh manusia, namun bisa juga menyerang ke bagian lain seperti leher, pelipis, kepala bagian bawah dan bagian atas.

Ada beberapa pose yoga yang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan rasa sakit kepala, termasuk:

Cat pose (marjaryasana)
Gerakan yoga yang mirip dengan postur kucing ini dapat membantu melancarkan aliran darah pada tubuh bagian atas. Ini juga bisa merilekskan otot-otot punggung, bahu, dan leher yang memicu sakit kepala. Mulailah dengan posisi merangkak. Pastikan pergelangan tangan Anda sejajar lurus di bawah bahu dan jari-jemari terbuka lebar, sementara posisi lutut berada di bawah pinggul. Dorong punggung Anda ke atas saat menghembuskan napas, lalu tarik kembali tulang belakang Anda ke posisi semula sembari menarik napas.

Manfaat Yoga Untuk Kekuatan Kaki

Manfaat Yoga Untuk Kekuatan Kaki

Eagle pose (garudasana)
Gerakan sederhana ini bermanfaat untuk meredakan otot tubuh bagian atas yang menegang, terutama di bagian pundak. Pertama-tama, cari posisi ternyaman Anda dengan duduk bersila atau duduk di atas kursi. Putar lengan Anda lalu biarkan otot bahu dan tangan Anda menjadi lebih fleksibel dan rileks.

Seated forward bend (paschimottanasana)
Begitu sakit kepala datang, coba duduk di lantai dan luruskan kaki Anda ke depan. Dorong tubuh Anda ke depan secara perlahan dan usahakan jari-jari tangan Anda berhasil menyentuh jari-jari kaki. Pastikan lutut Anda tetap lurus dan tidak menekuk. Cara ini dapat membantu melancarkan aliran darah ke jantung. Pasalnya, jantung harus bekerja sangat keras untuk memompa darah dan oksigen ke otak dan tubuh bagian atas. Semakin lancar aliran darah ke jantung, semakin lancar pula aliran darah ke otak dan mengatasi sakit kepala Anda.

Child’s pose (balasana)
Pose yoga yang satu ini sering menjadi posisi yang paling ditunggu-tunggu oleh banyak orang saat berlatih di kelas yoga. Pasalnya, posisi ini sangat baik untuk mengistirahatkan tubuh sejenak di sela-sela latihan yoga. Dengan melakukan child pose, Anda akan membalikkan gaya gravitasi ke arah atas sehingga mendorong oksigen lebih banyak ke bagian leher, bahu, dan punggung. Karena itulah gerakan ini bisa Anda manfaatkan sebagai obat alami untuk mengatasi stres, kecemasan, hingga sakit kepala.

Knees-to-chest pose (apasana)
Anda bisa mencoba gerakan yoga ini dengan menarik lutut ke arah dada dan menahannya selama 30 sampai 60 detik. Selama pose ini, Anda dianjurkan untuk mengatur napas dalam-dalam supaya tubuh jadi lebih rileks. Pose knees-to-chest ini berfungsi untuk melonggarkan otot-otot punggung. Aliran darah ke seluruh tubuh pun jadi lebih lancar, terlebih saat Anda berhasil menarik dan membuang napas secara teratur dan lebih tenang.

Head to knee pose (janusirsasana)
Tidak banyak orang yang tahu kalau pose yoga ini dapat membantu mengatasi sakit kepala. Pasalnya, head to knee pose dapat meningkatkan aliran darah dan meregangkan otot-otot tubuh yang menegang.

Caranya, tekuk kaki kanan hingga membentuk sudut 90 derajat, sementara kaki kiri diluruskan. Dorong punggung Anda ke arah kaki kiri, dan usahakan kedua tangan Anda berhasil menyentuh jari-jari kaki. Tahan posisi ini selama 60 detik, lalu lakukan hal yang sama dengan kaki kanan. Bila dilakukan secara rutin, Anda bisa merasa lebih tenang dan bertenaga setelah melakukan yoga ini.

Jika Anda melakukan gerakan-gerakan yoga ini masing-masing satu menit, Anda akan merasakan tubuh Anda lebih rileks dan segar. Alhasil, tekanan di kepala Anda jadi berkurang dan mengatasi sakit kepala Anda.

Manfaat Yoga Untuk Menghilangkan Migrain

Manfaat Yoga Untuk Menghilangkan Migrain

Yoga Untuk Kekuatan Kaki

Selain bisa dijadikan pilihan untuk mengobati rasa sakit di bagian kepala, Yoga juga dikatakan mampu membuat kaki menjadi lebih kuat. Karena, ketika melakukan gerakan yoga, diperlukan keseimbangan anggota tubuh. Kaki adalah bagian yang sangat penting. Apabila keseimbangan dan fleksibilitas kaki terganggu, maka hal itu berdampak pada bagian tubuh lainnya, terutama tulang belakang. Hal ini bisa mengakibatkan pinggang cepat pegal, bahkan cedera. Berikut 4 pose yoga untuk kaki lebih stabil dan tubuh lebih seimbang.

Vajrasana (Thunderbolt Pose): Variation
Mulailah dengan posisi duduk bersimpuh dengan punggung tegak. Letakkan telapak kaki kanan diatas telapak kaki kiri. Letakkan kedua telapak tangan diatas paha. Rasakan gerakan ini perlahan, tarik napas hingga 8-10 kali. Condongkan tubuh ke depan secara perlahan untuk memaksimalkan gerakan ini. Ulangi beberapa kali dengan menukar posisi telapak kaki kanan dan kiri.

Tabletop with a Block
Gerakan kedua, letakkan telapak tangan dan lutut di atas lantai. Posisikan kedua tangan selebar bahu dan kedua kaki selebar pinggul. Turunkan secara perlahan tulang punggung Anda dan biarkan otot menegang, kemudian tarik tulang punggung hingga ke atas, sehingga membentuk lengkungan seperti kucing yang sedang meregang. Ulangi gerakan ini beberapa kali.

Vrksasana (Tree Pose): Variation
Gerakan ketiga, berdiri di atas blok dengan satu kaki. Letakkan kaki lain dengan posisi telapak kaki bersandar pada paha samping kaki lainnya. Letakkan berat badan secara merata antara empat penjuru berdiri kaki Anda yaitu jempol kaki dan gundukan jari kelingking kaki dalam dan luar tumit. Seluruh kaki dan tungkai bawah harus terasa menegang. Mulailah dengan 6-8 napas di setiap sisi, atau seberapa lama Anda mampu untuk mempertahankan posisi ini.

Warrior II Pose: Virabhadrasana II
Mulailah dengan membiarkan paha kembali bergulir sedikit. Hal ini akan memudahkan rotasi eksternal lebih dalam kaki depan. Fokus pada kaki depan. Rentangkan kedua tangan, pandangan ke depan. Regangkan kaki lainnya hingga lurus dengan telapak kaki menyerong. Tarik napas hingga 4-5 kali. Ulangi gerakan ini secara bergantian kaki kanan dan kiri.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: