Manfaat Yang Didapatkan Apabila Anda Menurunkan Berat Badan

turun, berat, badan, kelebihan, prosedur, diet, pola, makan, langsing, insulin, tekanan, darah, suasana, hati, lebih, baik, tidur, apnea, lemak, menurunkan, radang, inflamasi, nasi, beras, merah, insulin, kolesterol, baik, jahat Olahraga untuk turunkan berat badan

Anda tidak perlu menurunkan terlalu berlebihan. Susut beberapa kilo saja, tidak akan membawa perubahan berarti pada penampilan. Tapi Anda hanya butuh kehilangan lima persen dari berat untuk memperbaiki semua masalah dan membuat diri merasa lebih baik. Cobalah konsultasikan dengan dokter langganan, barangkali hal tersebut dapat membantu Anda. 

Manfaat Kehilangan/Turun Berat Badan

Meringankan Sendi

Penambahan sekitar 4 kg bisa menambah 40 pon tekanan pada lutut Anda dan sendi di bagian bawah tubuh lainnya. Lemak yang berlebihan juga bisa menyebabkan inflamasi, ketika bahan kimia di dalam tubuh bisa merusak jaringan dari waktu ke waktu, termasuk sendi. Kehilangan berat badan yang sedikit dapat meringankan efek tersebut. Jika Anda mempertahankannya, kemungkinan besar akan mengalami arthritis di kemudian hari.

Mencegah Terjadinya Diabetes Tipe 2

Jika Anda lebih cenderung mengalami diabetes, penurunan berat badan merupakan salah satu cara untuk mencegah atau menunda. Hal lainnya adalah selama 30 menit, 5 hari seminggu. Jika Anda menimbang berat badan (misalnya berat Anda sekitar 160 pon atau 72kg), Anda bisa kehilangan hanya 8-12kg untuk mendapatkan manfaatnya.

Jika Anda sudah menderita diabetes, kehilangan berat badan dapat membantu untuk mengonsumsi obat lebih sedikit, tetapi tetap kendalikan gula darah Anda, dan kondisi tersebut akan menyebabkan penurunan kemungkinan masalah kesehatan lainnya.

Yang Baik

Anda dapat menurunkan tingkat LDL dalam darah atau disebut juga dengan kolesterol jahat dengan dan obat-obatan. Tetapi, menjadi lebih sulit untuk mencapai tingkat kolesterol baik atau HDL. Jenis itu dapat menghilangkan kolesterol jahat dalam darah, sehingga lebih banyak HDL, maka lebih baik.

turun, berat, badan, kelebihan, prosedur, diet, pola, makan, langsing, insulin, tekanan, darah, suasana, hati, lebih, baik, tidur, apnea, lemak, menurunkan, radang, inflamasi, nasi, beras, merah, insulin, kolesterol, baik, jahat

Ilustrasi: kaitan antara berat badan & kolesterol

Olahraga dan kehilangan berat badan bisa mengantarkan Anda kepada kisaran HDL yang ideal yaitu di atas 60 ml/dl. Kisaran tersebut bisa menurunkan kemungkinan Anda menderita jantung.

Menurunkan Trigliserida

Trigliserida merupakan partikel di dalam tubuh yang mengangkut lemak untuk penyimpanan energi. Kadar yang tinggi dari trigliserida (lebih dari 200mg/dl), bisa berarti bahwa Anda mungkin terkena serangan jantung atau stroke. Anda bisa menurunkannya ke tingkat yang lebih sehat yaitu 150 mg/dl jika Anda bisa menurunkan sedikit berat badan.

Berpengaruh Terhadap Tekanan Darah

Berat badan berlebih bisa menyebabkan darah menekan dinding arteri. Hal itu bisa menyebabkan hati bekerja lebih keras. Anda bisa menurunkan tekanan tersebut dengan menurunkan sekitar 5 persen kemungkinannya. Caranya adalah dengan membatasi garam, banyak makan sayuran, buah-buahan, dan minum susu rendah lemak. Dan cara lainnya yaitu Anda bisa menurunkan berat badan.

Berpengaruh Terhadap Insulin

Lemak, terutama di daerah perut akan mengeluarkan bahan kimia yang bisa membuat tubuh berhenti bereaksi terhadap efek insulin, hormon yang menjaga kadar gula dalam darah Anda menjadi normal. Meskipun pankreas bekerja lebih keras untuk membuat lebih banyak insulin, gula darah bisa menjadi terlalu tinggi. Sedikit penurunan berat badan bisa membantu mencegah efek tersebut.

Mencegah Risiko Kanker

Berat badan berlebih tampaknya meningkatkan kemungkinan Anda menderita kanker, termasuk di payudara, usus besar, hati, ginjal, indung telur, leher rahim, dan prostat. Meskipun, belum ada bukti yang jelas bahwa menurunkan berat badan melindungi Anda dari penyakit ini, tetapi beberapa perubahan tubuh yang terjadi ketika orang-orang meningkatkan kemungkinan terhindar dari kanker. Misalnya, orang-orang yang memiliki bisa menurunkan berat badan akan berakhir dengan tingkat hormon lebih rendah yang terkait dengan kanker, seperti estrogen, insulin, dan androgen.

Menghentikan Tidur Apnea

Orang dengan kelebihan berat badan mendapatkan jaringan ekstra di belakang tenggorokan mereka. Ketika tubuh Anda rileks ketika sedang tidur, jaringan itu dapat drop-down dan memblokir saluran napas. Hal itu dapat membuat Anda berhenti bernapas berulang kali sepanjang malam, yang menyebabkan beberapa jenis masalah kesehatan, terutama untuk jantung.

turun, berat, badan, kelebihan, prosedur, diet, pola, makan, langsing, insulin, tekanan, darah, suasana, hati, lebih, baik, tidur, apnea, lemak, menurunkan, radang, inflamasi, nasi, beras, merah, insulin, kolesterol, baik, jahat

Ilustrasi: gangguan pada saat tidur2

Memiliki Waktu Tidur Lebih Lama & Lebih Baik
Anda kemungkinan akan mendapatkan lebih banyak waktu tidur jika Anda menurunkan berat badan. Hal itu akan membuat tidur menjadi lebih berkualitas (lebih baik) juga. Tetapi mungkin Anda tidak melihat banyak perubahan walaupun sudah menurunkan berat badan sekitar 5 persen.

Suasana Hati Yang Lebih Baik
Penurunan berat badan dapat membantu mengusir perasaan hati yang tidak enak pada Anda. Para ilmuwan masih berusaha mencari tahu mengapa, tetapi citra tubuh yang lebih baik dan tidur yang lebih baik mungkin menjadi alasannya. Dalam sebuah penelitian, orang yang depresi dengan kelebihan berat badan merasa lebih baik setelah mereka kehilangan rata-rata 8 persen dari berat badan mereka. Penelitian lain menunjukkan Anda akan terus merasa lebih baik, bahkan setelah 2 tahun, selama Anda menjaga berat badan.

Menurunkan Risiko Radang/Inflamasi
Sel-sel lemak, terutama yang ada di sekitar perut, dapat melepaskan bahan kimia yang mengiritasi dan memompa jaringan ke seluruh tubuh. Hal ini terkait dengan masalah kesehatan seperti radang sendi, penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke. Memiliki tujuan penurunan berat badan sekitar 10 persen akan dapat menurunkan jumlah bahan kimia serta mengurangi kemungkinan Anda menderita penyakit serius.

Untuk menurunkan berat badan, tidak ada pola makan sempurna yang membantu Anda tampak lebih langsing, tetapi ada beberapa aturan dasar. Misalnya dengan konsumsi setengah piring berisi buah dan sayuran. Jangan lupa jaga protein (sebaiknya tidak melalui tahap pemrosesan). Kemudian pilih daging rendah atau tanpa lemak, makanan laut, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Anda bisa mengganti biji-bijian olahan dengan roti tawar atau nasi seperti multigrain, beras merah, beras coklat, dan oatmeal. Apabila pengaturan pola makan () tersebut tidak berhasil, maka bisa menempuh prosedur operasi penurunan berat badan bagi Anda yang mengalami kelebihan berat badan.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: