Jangan Sepelekan Ukurannya! Tomat Cherry Simpan Segudang Manfaat untuk Kesehatan

Tomat ceriTomat ceri

Saat berjalan-jalan ke supermarket, Anda mungkin sudah sering menemukan tomat cherry. Dibanding tomat pada umumnya, tomat satu ini mempunyai ukuran lebih mini dan biasanya dikemas dalam kemasan pack. Meskipun berukuran kecil, harga tomat ceri relatif lebih mahal dari tomat biasa, yakni sekitar Rp25 ribuan per pack. Tak heran jika kemudian banyak orang tertarik mencoba tomat satu ini. Terlebih karena manfaat tomat cherry juga dikenal tidak kalah dari tomat biasa.

Sesuai dengan namanya, tomat jenis ini memiliki bentuk dan ukuran layaknya buah ceri, yaitu kecil agak lonjong dan banyak mengandung air. Pada dasarnya, tomat ceri lebih banyak digunakan untuk campuran masakan sejenis tumis-tumisan. Namun, tomat ini juga bagus sebagai salah satu bahan pembuat salad. Untuk satu buah tomat ceri, rata-rata beratnya adalah 10 gram hingga 20 gram, sedangkan untuk warnanya adalah merah cerah.

Saat masih muda, tomat ceri berwarna hijau pucat, lalu berubah oranye kemerahan ketika sudah matang. Bentuknya yang bagus menjadikan tomat jenis ini sering dijadikan sebagai pelengkap dalam olahan salad, garnis, dan bisa dikonsumsi langsung dalam keadaan segar.[1]

Baca juga:  Amankah Konsumsi You C 1000 untuk Ibu Hamil? Ini Penjelasannya

Saat ini, jenis tomat ceri sudah banyak dibudidayakan secara hidroponik. Para ahli botani memperkirakan varietas ini merupakan “nenek moyang” dari varietas tomat yang ada sekarang.[2]

Kandungan dalam Tomat Cherry

Mengonsumsi tomat ceri (sumber: pinterest)

Mengonsumsi tomat ceri (sumber: pinterest)

  • Karbohidrat
  • Serat
  • Mangan
  • Kalium
  • Vitamin C
  • Vitamin A
  • Vitamin B6
  • Vitamin B9
  • Vitamin K
  • Vitamin B kompleks
  • Tembaga
  • Zat besi
  • Fosfor
  • Zinc
  • Rendah Kalori

Manfaat Tomat Cherry

Baik untuk Kesehatan Kulit

Dilansir dari Doktersehat, tomat cherry dikenal kaya akan kandungan vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan untuk memperbaiki kulit secara alami, mengurangi efek peradangan, dan meningkatkan produksi kolagen yang dapat mencegah penuaan dini.

Tomat ceri

Tomat ceri

Mengatasi Masalah Pencernaan

Selain vitamin C, kandungan air dan serat dalam tomat ceri juga dapat melancarkan sistem cerna Anda sehingga membantu mengurangi masalah konstipasi atau sembelit.

Mencegah Kanker

Kandungan zat beta karoten dalam tomat cherry disebut-sebut lebih tinggi dibandingkan jenis tomat lainnya. Menurut sebuah penelitian di Jepang, beta karoten disebut bisa mengurangi risiko kanker usus besar. Penelitian lain dalam jurnal Molecular Cancer Research pun mengatakan bahwa beta karoten bisa mencegah tumor dan risiko kanker prostat.

Baca juga:  Kaya Antioksidan, Gambir Ternyata Simpan Banyak Manfaat untuk Kulit Wajah

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Vitamin C dan antioksidan dalam tomat cherry berperan untuk meningkatkan imunitas tubuh Anda. Dengan demikian, Anda dapat terhindar dari ancaman berbagai virus atau bakteri penyebab penyakit.

Menjaga Kesehatan Saat Hamil

Jus tomat ceri

Jus tomat ceri

Tomat cherry dikenal kaya pula akan kandungan asam folat atau vitamin B9 yang selama ini disebut-sebut baik untuk menunjang perkembangan otak bayi serta mencegah cacat tabung saraf pada bayi. Asam folat pun berfungsi untuk mendukung pertumbuhan jaringan dan fungsi sel selama masa kehamilan.

Menurunkan Berat Badan

Tomat cherry dapat dijadikan salah satu alternatif menu untuk Anda yang sedang menjalankan program diet. Pasalnya, tomat cherry rendah kalori dan sudah banyak digunakan dalam produk diet Mediterania. Dalam 1 cangkir sajian tomat cherry hanya mengandung 30 kalori. Terlebih bahan pangan satu ini kaya akan serat yang dapat melancarkan pencernaan serta membuat Anda terasa kenyang lebih lama.

Baca juga:  Urutan & Cara Layering Skincare Yang Benar

Menjaga Kesehatan Mata

Seperti halnya tomat biasa, tomat cherry pun diklaim kaya kandungan vitamin A, likopen, dan beta karoten yang baik untuk kesehatan mata. Zat-zat penting tersebut dapat melindungi mata Anda dari berbagai kerusakan seperti katarak, mata minus, hingga degenerasi makula.

Baik untuk Kesehatan Rambut

Vitamin A dalam tomat ceri bukan hanya baik untuk mata, tetapi juga bisa membantu Anda untuk merawat rambut supaya senantiasa lembut dan sehat. Vitamin A dapat melembapkan kulit kepala serta mencegah rambut rontok. Namun ingat, asupan vitamin A harian Anda tak boleh berlebihan karena berpotensi menimbulkan risiko untuk kesehatan dan memicu kerontokan rambut lebih parah.

[1]Lubis, ER. 2020. Bercocok Tanam Tomat Untung Melimpah. Sri S, editor. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.

[2]Supriati, Y dkk. 2015. Bertanam Tomat di Pot (Edisi Revisi). Jakarta: Penebar Swadaya Grup.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: