Populer di Kalangan Milenial, Ini Manfaat Tinted Sunscreen

Ilustrasi: memakai krim tabir surya (youtube: Ascencion Saint Thomas)Ilustrasi: memakai krim tabir surya (youtube: Ascencion Saint Thomas)

Perkembangan produk kosmetik dan skincare tidak hanya sebatas pada make up dekoratif. Kini telah hadir tinted sunscreen yang banyak diincar kaum milenial. Tinted sunscreen, atau tabir surya berwarna ini, konon memiliki lebih banyak manfaat dibanding tabir surya biasa, apalagi jika Anda sedang memakai riasan bertema natural.

Bahaya Tidak Pakai Sunscreen

Tabir surya berwarna saat ini sedang populer, tidak hanya di kalangan remaja, tetapi juga orang dewasa. Tabir surya merupakan suatu zat atau material yang dapat melindungi kulit dari radiasi sinar ultraviolet.[1] Berbeda dengan tabir surya biasa, tinted sunscreen yang dilengkapi dengan zat pewarna tambahan memiliki fungsi yang lebih.

Dilansir dari Harvard Health Publishing, tabir surya berwarna merupakan sunscreen yang dapat membantu meratakan warna kulit sekaligus melindungi kulit dari paparan sinar UV. Berkat adanya kandungan pewarna tersebut, tinted sunscreen juga bisa dijadikan sebagai alat pengontrol make up dengan kondisi kulit tertentu.

Sebelum membahas lebih dalam mengenai manfaat tinted sunscreen sebagai bahan kosmetik, Anda perlu mengetahui pengaruh sinar UV di kulit. Hal ini sangat penting, karena menjadi alasan kuat kenapa Anda harus mengaplikasikan sunscreen sebelum bepergian atau ketika cahaya matahari sedang terik.

Baca juga:  Rekomendasi Produk Hydrating Toner Korea Selatan Terlaris
Ilustrasi: wanita menerapkan krim tabir surya di wajah

Ilustrasi: wanita menerapkan krim tabir surya di wajah

Ultraviolet (UV) adalah bagian dari spektrum elektromagnetik dengan sumber utama dari sinar matahari. Radiasi UV terdiri dari tiga panjang gelombang yang berbeda, yaitu UVA, UVB, dan UVC. UVC sebagian besar diserap oleh lapisan ozon, sehingga UVA dan UVB adalah panjang gelombang utama yang dapat menembus permukaan kulit. UVA yang mampu menembus kulit dapat menimbulkan penuaan dini di kulit, dan UVB dapat menyebabkan sunburn serta kanker kulit.

Selain sinar UV, alasan Anda wajib memakai sunscreen adalah cahaya tampak yang secara tidak sadar bisa merusak kulit Anda. Cahaya tampak tidak hanya dipancarkan dari sinar matahari, tetapi perangkat medis, layar LCD, dan bola lampu. Cahaya tampak mampu menembus ke dalam kulit lebih dalam dibanding sinar UV.

Karena mampu menembus jauh lebih dalam, cahaya tampak justru lebih ganas dibanding sinar UV. Efek negatif pada kulit yang diakibatkan oleh cahaya tampak, antara lain gangguan eksaserbasi berupa pigmentasi kulit yang berlebihan, termasuk melasma dan hiperpigmentasi pasca-inflamasi (bintik hitam).

Baca juga:  Punya Varian Warna Kuning Langsat, Bedak La Tulipe Two Function Cake No 2 Laris di Pasaran

Manfaat Tinted Sunscreen

Untuk menghindari semua risiko di atas, Anda diwajibkan memakai sunscreen. Sementara ada dua jenis sunscreen yang beredar di pasaran, mana yang lebih baik? Sunscreen biasa atau tinted sunscreen?

Ilustrasi: aneka jenis tabir surya

Ilustrasi: aneka jenis tabir surya

Sunscreen berspektrum luas dan tidak berwarna mengandung filter yang memblokir UVA dan UVB, tetapi produk seperti ini tidak dirancang untuk menghalangi cahaya tampak. Untuk memblokir cahaya yang terlihat, tabir surya harus terlihat di kulit (memiliki kandungan pewarna).

Sementara itu, tinted sunscreen yang memiliki formula dengan gabungan filter UV mineral spektrum luas, seperti seng oksida dan titanium dioksida, dengan pigmen tambahan yang menciptakan warna kulit, dapat memantulkan cahaya tampak. Sehingga, cahaya tampak dan sinar UV tidak dapat menembus kulit.

Selain itu, tinted sunscreen mampu memberikan warna pada kulit sesuai dengan warna yang Anda inginkan. Biasanya, tinted sunscreen dipakai untuk mengontrol warna make up base agar terlihat lebih natural. Bisa dibilang, ini adalah salah satu alternatif dari produk alas bedak untuk membuat tampilan make up tidak menor dan tidak seperti topeng.

Manfaat lain, yaitu dapat meratakan warna kulit, mencerahkan warna kulit, membantu mencegah kerusakan kulit terkait usia, mencegah kanker kulit, dan menjaga kesehatan kulit. Itu karena sunscreen mampu memblokir cahaya tampak, yang diketahui memperburuk kondisi kulit. Tabir surya berwarna juga telah diteliti dapat mengurangi kambuhnya melasma, mengurangi hiperpigmentasi.

Baca juga:  Wardah Belum Luncurkan Produk Lem Bulu Mata, Berikut Rekomendasi Merek Lainnya

Karena manfaatnya di atas, tak heran jika tinted sunscreen makin laris di pasaran. Bagi Anda yang ingin memiliki produk tersebut, Anda tidak perlu khawatir. Sudah banyak toko kosmetik yang menjualnya dalam berbagai merek. Selain memilih berdasarkan merek dan kemasannya, bagi Anda yang memiliki kulit rentan terhadap hiperpigmentasi atau melasma, pilihlah tabir surya berwarna yang mengandung iron oxide.

Anda bisa mengetahui kandungan produk pada kemasannya atau pada label yang tertera di kertas dalam kemasan. Iron oxide akan membantu mencegah dan melindungi kulit dari gejala melasma dan hiperpigmentasi.

[1] Rusita, Youstiana Dwi & Indarto A.S. 2017. Aktifitas Tabir Surya dengan Nilai Sun Protection Factor (SPF) Sediaan Losion Kombinasi Ekstrak Kayu Manis dan Ekstrak Kulit Delima pada Paparan Sinar Matahari dan Ruang Tertutup. Jurnal Kebidanan dan Kesehatan Tradisional, Vol. 2(1): 38-43.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: