Terbiasa Tidur Pakai Kaus Kaki? Ternyata Banyak Manfaat yang Tidak Disadari

Ilustrasi: pakai kaus kaki (sumber: wellandgood.com)Ilustrasi: pakai kaus kaki (sumber: wellandgood.com)

Penting untuk memperhatikan kualitas tidur karena kualitas tidur yang buruk mengakibatkan kesehatan fisiologis dan psikologis menurun.[1] Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas tidur dan salah satunya adalah pakai kaus kaki. Tanpa disadari, ternyata kebiasaan tidur menggunakan kaus kaki memiliki banyak manfaat.

Manfaat Tidur Pakai Kaus Kaki

Ada banyak manfaat memakai kaus kaki saat tidur, jelas Mar De Carlo, pendiri International Parenting and Health Institute Association of Professional Sleep Consultants. Selain itu, kaos kaki dipercaya dapat membantu orang tertidur lebih cepat dan lelap karena proses vasodilatasi distal.

“Perubahan suhu kulit secara kausal dapat mempengaruhi kemampuan untuk memulai dan mempertahankan tidur, sebuah studi tahun 2007 menemukan hal ini,” kata De Carlo dalam HuffPost. “Mengenakan kaus kaki di tempat tidur telah terbukti meningkatkan sirkulasi dan aliran darah ke kaki. Itu dapat membantu menurunkan suhu tubuh dan memberi sinyal pada otak bahwa sudah waktunya untuk tidur.”

Studi lain membuktikan bahwa pria muda yang memakai kaus kaki tertidur 7,5 menit lebih cepat, tidur 32 menit lebih lama, dan bangun 7,5 kali lebih jarang daripada mereka yang tidak memakai kaus kaki. Ini karena konsep pakai kaus kaki saat tidur terkait dengan ritme sirkadian (jam internal yang mengatur fungsi tubuh berdasarkan 24 jam sehari).

Baca juga:  Amankah Konsumsi You C 1000 untuk Ibu Hamil? Ini Penjelasannya

“Suhu tubuh yang lebih rendah biasanya menyebabkan kantuk,” kata pihak Sleep Foundation. “Bukti menunjukkan bahwa menggunakan kaus kaki atau metode pemanasan kaki lainnya dapat menurunkan suhu inti tubuh Anda dan membantu Anda tertidur lebih cepat.”

De Carlo menambahkan, manfaat lain dari tidur nyenyak adalah melembapkan kaki, mencegah hot flashes, dan penurunan kemungkinan serangan Raynaud. Raynaud adalah penyakit yang biasanya menyerang jari kaki dan jari kulit yang kehilangan sirkulasi darah, sehingga bengkak dan sakit. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa memakai kaus kaki di malam hari dapat membantu mencegah serangan Raynaud dengan menjaga sirkulasi darah dan anggota badan tetap hangat.

Mengenakan kaus kaki ke tempat tidur juga meningkatkan kemungkinan mencapai orgasme sebesar 30% dalam penelitian University of Groningen yang melibatkan 13 pasangan. Mengingat bahwa orgasme adalah hasil dari peningkatan aliran darah ke organ seksual dan bahwa memakai kaus kaki ke tempat tidur berkontribusi pada sirkulasi darah yang lebih sehat, penemuan ini seharusnya tidak mengejutkan.

Ilustrasi: tidur pakai kaus kaki (sumber: pulse.com)

Ilustrasi: tidur pakai kaus kaki (sumber: pulse.com)

Tidur Pakai Kaus Kaki Bukan Obat Penyakit

Efek samping tidur tanpa alas kaki tidak begitu jelas. Sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa, jika Anda tidak mengalami masalah yang berkaitan dengan suhu tubuh, tidur tanpa kaus kaki mungkin terasa lebih baik. Namun, jika Anda dalam keadaan normal dan menggunakan kaus kaki, bisa menyebabkan kepanasan saat tidur.

Baca juga:  Cara Membuat Kutek Halal dari Bahan Alami, Warnanya Enggak Kalah Cantik!

Terlepas dari manfaat terkait dengan memakai kaus kaki saat tidur, De Carlo mencatat bahwa kaus kaki bukanlah obat untuk beberapa kondisi. Misalnya, meskipun memakai kaus kaki dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak, penting untuk memahami mengapa kaki Anda dingin sejak awal.

“Kaki dingin dapat disebabkan oleh sejumlah alasan seperti anemia, diabetes, dan hipotiroidisme, yang penting untuk diatasi,” kata De Carlo. “Jika akar penyebab tantangan tidur Anda karena kecemasan dan stimulasi mental yang berlebihan, memakai kaus kaki ke tempat tidur tidak akan menjadi solusi Anda.”

Selain itu, tanpa kaus kaki saat tidur membantu menghindari infeksi kulit dan bau yang tidak sedap. Biasanya kasus seperti ini terjadi pada mereka yang jarang mencuci kaus kaki dan malas mengganti kaus kaki saat tidur.

“Sebaiknya, jika Anda ingin memakai kaus kaki saat tidur, cek kebersihannya. Selain itu, pilihlah kaus kaki yang terbuat dari serat alami seperti kasmir, wol merino, bambu, dan katun,” kata De Carlo. “Bahan ini akan memberikan kehangatan yang tepat, breathability, dan mendukung kebersihan kulit secara keseluruhan. Salah satu jenis kaus kaki yang harus dihindari di tempat tidur, yaitu kaos kaki kompresi.”

Baca juga:  Memori Episodik, Perjalanan Nostalgia ke Masa Lalu

Kaus kaki kompresi sering direkomendasikan untuk orang dengan insufisiensi vena kronis, suatu kondisi yang menyebabkan sirkulasi darah yang buruk, menurut Klinik Cleveland. Kaus kaki tersebut dapat membantu melawan peningkatan tekanan di pembuluh darah kaki ketika orang berdiri, tetapi itu tidak terjadi ketika Anda berbaring di tempat tidur.

[1] Sulistiyani, Cicik. 2012. Beberapa Faktor yang Berhubungan dengan Kualitas Tidur pada Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro Semarang. JKM Jurnal Kesehatan Masyarakat FKM UNDIP, VOl. 1(2): 280-292.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: