Bisa Dimakan Langsung atau Dibuat Jus, Ini Manfaat Terong Belanda untuk Ibu Hamil

Terong belanda (sumber: stuff.co.nz)Terong belanda (sumber: stuff.co.nz)

Terong belanda belakangan cukup populer di berbagai kalangan. Selain dapat dimakan biasa, buah eksotis ini juga bisa diolah menjadi jus yang kabarnya memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan, khususnya bagi ibu hamil.

Nama umum buah ini di Indonesia terung belanda, terong belanda, terong madras, sedangkan nama Inggris-nya tree tomato, tamarillo. Terung belanda berkhasiat sebagai antioksidan, antikanker, serta untuk kesehatan mata dan kulit. Terung belanda (cyphomandra betacea) atau dikenal juga sebagai terung kori, terong madras, salanunkabiu mulai dikembangkan di Bogor, Jawa Barat sejak tahun 1941, mungkin pertama kali dibawa dan dikembangkan di Indonesia oleh orang Belanda pada waktu itu sehingga dikenal dengan nama terung belanda, padahal buah tersebut berasal dari daerah Amazon di Amerika Latin.

Buah yang termasuk famili solonaceae ini mempunyai warna bermacam-macam. Terung belanda bisa dibuat manisan, dimakan langsung, atau dijus dibuat minuman segar, untuk menambah rasa bisa ditambahkan gula atau madu sesuai dengan selera. Selain enak dikonsumsi buah terung belanda juga punya khasiat untuk menurunkan kolesterol, mengobati darah tinggi, mengatasi sariawan, mengatasi asam urat, dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Baca juga:  Masker Alami Yang Ampuh Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Ciri-ciri umum terung belanda berupa perdu yang rapuh, tingginya 2-3(-8) m, pangkal batangnya pendek, percabangannya lebat. Daunnya tunggal, berselang-seling, bentuknya bundar telur sampai bentuk jantung, berukuran (10-35) cm x (4-20) cm, berpinggiran rata, berbulu halus, peruratannya menonjol, berujung lancip dan pendek, biasanya daun-daun itu berada hampir di ujung pucuk, memiliki bau seperti lembu kutub; tangkai daun 7-10 cm panjangnya.

Ciri lain dari tanaman terung belanda juga dapat dilihat dari bagian-bagian bunga yang berbilangan lima, daun mahkota berbentuk genta, bercuping lima, benang sari 5 utas, berada di depan daun mahkota, kepala sari tersembunyi dalam runjung yang bertentangan dengan putik, bakal buah beruang dua, dengan banyak bakal biji, dan kepala putik yang kecil.

Terong belanda masak pohon (sumber: amazon.com)

Terong belanda masak pohon (sumber: amazon.com)

Bunga berada dalam rangkaian kecil di ketiak daun, dekat ujung cabang, berwarna merah jambu sampai biru muda, harum, berdiameter kira-kira 1 cm. Buahnya berupa buah buni yang berbentuk bulat telur sungsang atau bulat telur, berukuran (3-10) cm x (3-5) cm, meruncing kedua ujungnya, bergelantungan, bertangkai panjang, daun kelopaknya tidak rontok, kulit buah tipis, licin, berwarna lembayung kemerah-merahan, merah jingga sampai kekuning-kuningan; daging buahnya mengandung banyak sari buah, agak asam sampai manis, berwarna kehitam-hitaman sampai kekuning-kuningan. Bijinya bulat pipih, tipis, dan keras.[1]

Baca juga:  Apakah Sunscreen Emina Cocok untuk Kulit Berminyak?

Kandungan Gizi Terong Belanda

Dalam setiap 100 gram terong belanda diklaim mengandung sederet nutrisi sebagai berikut:

  • Air: 81-87 gram
  • Protein: 1,5-2,5 gram
  • Lemak: 0,05-1,28 gram
  • Serat: 1,4-6,0 gram
  • Total keasaman: 1,0-2,4 gram
  • Vitamin A: 0,32-1,48 mg
  • Vitamin C: 19,7-57,8 mg
  • Kalsium: 3,9-11,3 mg
  • Magnesium: 19,7-22,3 mg
  • Zat besi: 0,4-0,9 mg
Terong belanda

Terong belanda

Jika ingin memperoleh semua manfaat dari terong belanda maka saat diolah menjadi green smoothie tidak dilakukan proses penyaringan. Namun jika hanya ingin memperoleh manfaat antioksidannya maka prosesnya dapat menggunakan juicer untuk mengambil airnya.[2]

Manfaat Terong Belanda untuk Ibu Hamil

  • Baik untuk perkembangan bayi
  • Mengatasi masalah diare atau sembelit
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar ibu hamil tidak mudah merasa kelelahan
  • Rendah kalori dan tinggi serat, sehingga mampu membantu Anda mengontrol makan
  • Meningkatkan kesehatan jantung
  • Mencegah anemia
  • Bagus untuk kesehatan kulit
  • Memperbaiki kesehatan rambut
  • Mencegah hipertensi atau darah tinggi
Baca juga:  Jenis Pisang untuk Masker Wajah dan Manfaatnya

Konsumsi terong belanda untuk ibu hamil pun kabarnya tidak menimbulkan efek samping yang negatif asalkan tidak dilakukan secara berlebihan. “Pada dasarnya setiap buah dan sayuran yang dikonsumsi baik secara matang atau di buat menjadi jus dengan tidak berlebihan tentunya semua sehat untuk ibu hamil karena buah-buahan dan sayur-sayuran memiliki kandungan vitamin yang baik untuk tubuh,” kata dr Adhi Pasha dari Alodokter.

“Belum ada penelitian yang menyebutkan secara langsung bahwa terong belanda berbahaya untuk janin, namun jika ragu sebaiknya hindari konsumsi buah yang dirasa bisa membahayakan dan menggantinya dengan buah lain yang kandungan nutrisinya tidak kalah baik,” imbuhnya.

[1] Pangkalan Ide. 2010. Health Secret of Pepino(hlm 103-104). Jakarta: Elex Media Komputindo.

[2]Ramayulis, R. 2015. Green Smoothie ala Rita Ramayulis: 100 Resep 20 Khasiat. Intarina H, editor. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: