8 Manfaat Tempe Mentah untuk Kecantikan yang Belum Diketahui

Tempe (sumber: vegansociety.com)Tempe (sumber: vegansociety.com)

Tempe merupakan salah satu jenis bahan makanan fermentasi dengan bahan dasar kacang kedelai. Cara mengonsumsi tempe beragam, tidak hanya bisa dikonsumsi dengan cara dimasak, tetapi juga dalam kondisi mentah. Banyak juga orang mengonsumsi tempe mentah karena manfaatnya untuk kesehatan. Namun, sudahkah Anda tahu bahwa tempe mentah juga bermanfaat untuk kecantikan?

Apa Saja Manfaat Tempe Mentah untuk Kecantikan?

  1. Mencerahkan kulit. Salah satu manfaat dari tempe mentah untuk kecantikan yang bisa Anda dapatkan, yaitu mencerahkan kulit. Tempe mentah yang Anda konsumsi secara teratur dapat membuat kulit menjadi lebih cerah, dan ini telah dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan oleh Prof. DR. dr. Prasetyowati, Sp.KK. Ia merupakan salah satu staf pengajar aktif di Fakultas Kedokteran UNDIP Semarang.
  2. Mengencangkan kulit. Bagi Anda yang ingin memiliki kulit kencang dan tidak bergelambir, bisa mencoba mengonsumsi tempe mentah secara berkala. Tempe mentah memiliki kandungan isoflavon yang dibutuhkan untuk kulit.
  3. Mengatasi jerawat. Bagi Anda yang memiliki masalah kulit berjerawat dan meradang, bisa mencoba mengonsumsi tempe mentah. Kandungan vitamin dan berbagai macam nutrisi pada tempe mentah dapat membantu Anda untuk mempercepat proses penyembuhan dan mengatasi radang akibat jerawat.
  4. Memudarkan flek hitam. Mengonsumsi tempe mentah setiap 2 hari sekali juga mampu memudarkan flek hitam di wajah. Ini masih berkaitan dengan manfaatnya yang dapat mencerahkan kulit.
  5. Menutrisi kulit. Ada banyak kandungan nutrisi pada tempe yang mampu menutrisi kulit Anda. Tempe mentah tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, tetapi juga kesehatan kulit. Mengonsumsi tempe mentah cocok bagi Anda yang cenderung memiliki kulit kering dan mudah mengelupas akibat kekurangan nutrisi.
  6. Menghambat proses penuaan dini. Bagi Anda yang ingin tampil awet muda, Anda bisa mengonsumsi tempe mentah sebagai salah satu menu harian Anda. Kandungan vitamin C serta protein tinggi pada tempe mentah akan membantu proses regenerasi sel kulit lebih cepat sehingga Anda akan selalu tampil awet muda.
  7. Menghilangkan kerutan di wajah. Berkaitan dengan menghambat proses penuaan dini dan mengencangkan kulit, tempe mentah juga dapat mengatasi dan menghilangkan kerutan di wajah. Kandungan vitamin C dan protein pada tempe mentah dapat membuat kulit yang mengerut menjadi lebih kencang dan hilang.
  8. Mencegah kanker kulit. Kanker kulit tidak hanya berkaitan dengan kesehatan, tetapi juga kecantikan. Beberapa macam kanker kulit dapat menimbulkan ruam dan bercak putih pada kulit. Untuk menghindarinya, Anda bisa mengonsumsi tempe mentah. Hal ini karena kandungan antioksidan yang tinggi sehingga dapat menangkal zat radikal bebas pada kulit.
Baca juga:  Pond’s Clear Balance Oil Control Facial Foam, Pembersih Wajah yang Diklaim Mampu Atasi Kulit Berminyak dan Kusam

Itulah beberapa manfaat tempe mentah untuk kecantikan. Akan lebih baik jika Anda mengonsumsi tempe mentah secara rutin agar mendapatkan manfaatnya. Perlu diketahui, hasil yang didapatkan oleh setiap orang akan berbeda, tergantung dari sistem metabolisme dan penyerapan nutrisi tubuh masing-masing.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: