Susu Milo Sebaiknya Cocok Dikonsumsi untuk Usia Berapa?

Minuman Susu Cokelat yang Cocok Dikonsumsi - www.dilettante.com

Milo merupakan sebuah merek minuman dengan rasa cokelat dan malt. Minuman produksi Nestle ini mulanya dipasarkan di Australia lebih dari 80 tahun yang lalu, kemudian kini telah diproduksi di sejumlah negara seperti Singapura, Filipina, Selandia Baru, India, Vietnam, Afrika Selatan, Jamaika, Jepang, Cile, Thailand, Malaysia, Indonesia, Nigeria, Kenya, Syria, dan Ghana. Di Indonesia sendiri, Milo mulai dipasarkan pada tahun 1974 silam.

Dilansir dari Wikipedia, nama Milo kabarnya berasal dari Milo of Croton, seorang atlet asal Yunani yang terkenal. Milo diklaim cocok untuk dinikmati kapan saja sesuai dengan keinginan. Kandungan susu dalam Milo berasal dari susu skim, bukan krimmer nabati. Menariknya lagi, susu Milo bisa disajikan dalam kondisi panas maupun dingin.

Apabila dicampur dengan susu dingin, maka teksturnya yang kasar pun akan keluar. Tetapi bila dicampurkan dengan susu panas, maka Milo akan terbentuk layaknya susu coklat atau kakao. Anda bisa menambahkan gula saat membuat susu Milo. Namun sebagian besar orang lebih senang meminum susu Milo tanpa gula supaya rasa cokelatnya lebih terasa.

Awalnya Milo diproduksi dalam wujud bubuk untuk kemudian diseduh dengan air. Namun pada perjalanannya, susu Milo di Indonesia juga dibuat dalam bentuk cair atau minuman ready to drinkĀ  yang dikemas dalam kemasan kotak UHT, kemasan kaleng, dan yang terbaru kemasan botol plastik yang praktis untuk dibawa ke mana saja.

Minuman Susu dengan Rasa Cokelat - www.onegreenplanet.org

Minuman Susu dengan Rasa Cokelat – www.onegreenplanet.org

Di Indonesia secara umum tersedia dua jenis Milo, yakni Milo 3 in 1 dan Milo Tonic. Perbedaan paling mendasar adalah dari kandungan gula yang lebih rendah pada New Milo Tonic. Selain itu, Milo baru kini diklaim memiliki kandungan malt yang lebih tinggi serta kandungan vitamin dan mineralnya pun lebih banyak dibandingkan Milo yang sebelumnya.

Inovasi yang dilakukan Nestle pada varian Milo tonic ini adalah dengan kandungan 25% gula yang diklaim lebih rendah serta rasa yang kabarnya lebih nikmat dari varian sebelumnya. Tak hanya gula yang 25% lebih rendah, Milo formula baru pun disebut-sebut lebih nikmat lantaran mengandung lebih banyak malt, serta difortifikasi dengan lebih banyak vitamin dan mineral, antara lain vitamin B2, B3, B6, D, C, zat besi dan kalsium.

Manfaat & Kandungan Vitamin dalam Milo

  • Protomalt adalah ekstrak malt dari barley. Malt merupakan karbohidrat kompleks yang bermanfaat sebagai sumber energi yang tahan lama untuk dapat mendukung aktivitas fisik, mental, dan konsentrasi anak.
  • Vitamin B2, B3, B6 penting dan diperlukan untuk membantu metabolisme dan mengeluarkan energi dari karbohidrat, lemak dan protein yang dibutuhkan anak saat beraktivitas.
  • Vitamin B12 dibutuhkan untuk membuat sel darah merah, DNA, RNA dan myelin (serabut saraf).
  • Vitamin C membantu menguatkan dinding pembuluh darah, mempercepat penyembuhan luka, sekaligus membantu penyerapan zat besi dalam tubuh.
  • Vitamin D juga dibutuhkan untuk menyerap Kalsium, membantu membentuk, dan juga memelihara tulang dan gigi supaya kuat.
  • Mineral juga penting untuk kesehatan dan fungsi tubuh, seperti untukĀ  sistem saraf, sistem kerangka, keseimbangan cairan, dan sebagainya.
  • Kalsium bisa membangun dan memelihara tulang dan gigi agar kuat. Selain itu, juga memastikan fungsi saraf dan otot anak agar bekerja dengan baik.
  • Fosfor termasuk mineral kedua terbanyak dalam tubuh yang bekerja sama dengan kalsium supaya tulang dan gigi lebih kuat, membantu proses metabolisme, menyimpan serta mengeluarkan energi vitamin B kompleks dan enzim.
  • Zat besi. Dalam segelas Milo juga tinggi akan kandungan zat besi. Kekurangan zat besi akan menyebabkan seseorang sering letih, lesu, mukanya pucat, badan merasa kedinginan, kurang konsentrasi, dan menurunnya daya tahan tubuh.

Susu Milo untuk Usia Berapa?

Selama ini mungkin banyak di antara Anda para orang tua yang bertanya-tanya, produk susu Milo sebaiknya cocok dikonsumsi untuk anak umur berapa tahun? Pihak Milo Indonesia melalui akun Facebook resminya sendiri memaparkan bahwa susu Milo bisa dikonsumsi oleh anak usia 1 tahun ke atas berdasarkan kecocokan dan tanpa indikasi medis. Akan tetapi, produk besutan Nestle ini lebih direkomendasikan untuk anak usia sekolah, terutama umur 6-12 tahun, di mana pada usia tersebut anak membutuhkan energi lebih banyak untuk melakukan aktivitasnya.

Selain dikonsumsi oleh anak-anak, Milo juga hingga kini banyak dikonsumsi oleh orang dewasa. Pihak Milo pun mengatakan bahwa Milo adalah minuman coklat berenergi yang dapat dikonsumsi oleh orang dewasa termasuk ibu hamil (bumil) tanpa indikasi medis. Tetapi, Milo bukan merupakan minuman yang disediakan khusus untuk ibu hamil.

Minuman Susu dengan Rasa Malt - kalonasupernatural.com

Minuman Susu dengan Rasa Malt – kalonasupernatural.com

Adapun anjuran konsumsi atau aturan minum susu Milo yang disarankan untuk anak berusia 1 tahun ke atas ternyata cukup 1-2 gelas sehari, disesuaikan dengan kebutuhan fisik harian dan pemenuhan nutrisi lainnya. Dalam 1 kali penyajian susu Milo (sesuai seperti yang disarankan di kemasan) akan memenuhi sekitar 110 kkal energi atau setara dengan 10% dari kebutuhan anak usia 1 tahun.

Untuk anak usia 1 tahun ke atas, susu sudah tak lagi mampu memenuhi keseluruhan kebutuhan gizinya. Asupan utama nutrisi bisa berasal dari makanan yang ia konsumsi sehari-hari. Susu hanya berperan sebagai pelengkap kebutuhan gizi sang anak. Kelebihan asupan susu untuk anak justru bisa berpotensi menimbulkan dampak rendahnya nafsu makan buah hati Anda.

Susu Milo juga termasuk produk yang sangat mudah ditemui di pasaran karena telah dijual di berbagai toko maupun pusat perbelanjaan seperti Indomaret, Alfamart, Alfamidi, Superindo, Giant, Hypermart, Transmart Carrefour, dan sebagainya. Produk satu ini pun dibanderol dengan harga yang relatif terjangkau.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: