Tunjang Kesehatan Tubuh, Berapa Biaya Suntik Neurobion?

Manfaat Suntik Neurobion - www.verywellhealth.com Manfaat Suntik Neurobion - www.verywellhealth.com

Di zaman yang serba canggih seperti sekarang, suplemen maupun obat sudah tidak lagi harus diminum. Bahkan untuk mempercepat cara kerja obat, biasanya dokter menyarankan untuk menggunakan metode injeksi. Nah, salah satu obat atau suplemen kesehatan dengan manfaat memenuhi kebutuhan vitamin B yang bisa disuntikkan adalah Neurobion.

Neurobion sendiri merupakan merk dagang untuk sediaan kombinasi beberapa jenis vitamin B. Selain dapat diberikan secara oral, ada varian Neurobion khusus yang diberikan dengan cara injeksi. Neurobion tersebut dikemas dalam dua ampul yang terdiri dari vitamin B6, B1, dan B12 dengan manfaat sebagai berikut.

Kandungan dan Manfaat Suntik Neurobion

Neurobion injeksi termasuk salah satu golongan obat keras yang hanya bisa didapatkan melalui resep dokter. Obat yang berbentuk cair ini dikemas dalam ampul dengan kapasitas 1 ml per ampul. Dalam 3 ml atau 3 ampul Neurobion, dikatakan mengandung vitamin B1 atau thiamin HCL 100 mg, vitamin B6 atau pyridoxol HCL 100 mg, dan vitamin B12 atau cyanocobalamin 1.000 mg.

Vitamin B1 pada Neurobion suntik memiliki peran untuk membantu serta meningkatkan fungsi metabolisme tubuh sekaligus mempertahankan fungsi jantung dan saraf. Pasien yang mengalami kekurangan vitamin B1 biasanya akan mudah merasa lelah, mengalami gangguan lemah otot, gangguan pada jantung, psikosis, hingga yang paling parah adalah kerusakan saraf.

Komposisi Neurobion suntik lainnya yang tidak kalah penting adalah vitamin B6. Vitamin ini memiliki banyak manfaat, seperti untuk menjaga kesehatan pembuluh darah, menjaga kesehatan saraf, mengatur mood, dan membantu pembentukan hemoglobin yang berfungsi mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

Baca juga:  Yuk, Cobain! Ini Manfaat Kunyit untuk Kulit Tubuh yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Perlu Anda ketahui bahwa kekurangan vitamin B6 dapat menyebabkan gangguan mood, seperti mudah depresi. Pada pasien tertentu, kekurangan vitamin B6 juga dapat menyebabkan nyeri otot, anemia, dan gangguan pra menstruasi yang berat.

Sementara itu, kandungan vitamin B12 pada Neurobion suntik membantu menjaga kestabilan energi pada pasien, mencegah gangguan ingatan, menjaga fungsi dan kesehatan saraf, menjaga fungsi dan kesehatan jantung, pembentukan sel kulit dan rambut, serta membantu proses produksi sel darah merah dalam tubuh.

Sebenarnya, semua kandungan yang ada dalam Neurobion suntik bisa Anda dapatkan di berbagai macam bahan makanan, mulai dari sayur, buah, hingga daging. Namun, dalam kondisi tertentu, ada pasien yang tidak bisa menerima atau lambat menerima kandungan vitamin B dari sumber makanan. Untuk itu, diperlukan metode khusus agar pasien tersebut mendapatkan vitamin B.

Walau demikian, cara menyuntikkan Neurobion suntik tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada teknik yang perlu dipelajari oleh ahli medis terkait dengan metode injeksi. Bahkan, Anda tidak dianjurkan untuk melakukan prosedur suntik sendiri di rumah. Anda harus melakukannya di instansi medis, seperti rumah sakit, klinik, atau puskesmas.

Teknik Suntik Neurobion

Cara pemberian obat Neurobion melalui lapisan otot dengan metode injeksi biasa disebut dengan intramuskular. Intramuskular dapat menjadi satu-satunya rute pemberian obat bila pasien mengalami iritasi saat diberikan secara intravena, sekaligus sebagai pengganti pemberian obat secara oral.

Baca juga:  Rekomendasi Sunscreen Bagus dan Berkualitas untuk Kulit Berminyak

Meskipun cara tersebut terbilang aman, beberapa penelitian menunjukkan adanya dampak nyeri terhadap kenyaman pasien saat prosedur injeksi dilakukan. Selain itu, beberapa pasien juga sempat mengalami trauma terhadap metode ini, sehingga tak jarang ada pasien yang berhenti berobat atau malas berobat. Untuk mengurangi rasa nyeri pada pasien yang disuntik Neurobion, banyak perawat yang mencoba menggunakan teknik injeksi intramuskular tanpa aspirasi, yang terbukti efektif dapat menurunkan skala nyeri penyuntikan obat Neurobion pada pasien.[1]

Selain tidak menggunakan respirasi suntik, bagi pasien yang masih merasakan nyeri di bagian tangan yang disuntik, bisa menggunakan kompres air dingin untuk menghentikan atau menghilangkan pembengkakan yang mungkin terjadi pada bagian yang disuntik. Sementara itu, untuk menghilangkan bekas suntik, pasien juga bisa menggunakan alkohol atau minyak atsiri. Kebanyakan orang lebih memilih mengoleskan minyak kayu putih untuk mempercepat proses penyembuhan.

Setelah Anda melakukan suntik Neurobion, sebaiknya Anda minum air putih yang cukup. Ini untuk menghindari berbagai macam efek samping yang dapat terjadi. Selain itu, banyak minum air putih akan membantu mempercepat proses kerja Neurobion dalam tubuh. Lalu, berapa biaya yang dibutuhkan untuk suntik vitamin C dan Neurobion saat ini?

Kandungan Neurobion - www.bukalapak.com

Kandungan Neurobion – www.bukalapak.com

Biaya Suntik Neurobion

Klinik Kesehatan Kisaran Biaya
FastMed Rp140.650
Devone Clinic Rp270.000
Klinik Ibuku Rp422.750

Informasi biaya suntik Neurobion di atas telah kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs apotek online. Perlu diingat, biaya tersebut tidak terikat karena bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan klinik yang bersangkutan dan tarif di setiap tempat bisa berbeda-beda.

Baca juga:  Sejumlah Penyebab Rambut dan Kulit Kepala Mendadak Sakit

Apabila biaya suntik Neurobion di klinik dirasa cukup mahal, tak ada salahnya membeli Neurobion injeksi di apotek. Sebagai referensi, berikut kisaran harga Neurobion injeksi saat ini.

Harga Neurobion Injeksi

Varian Neurobion Harga
Neurobion Injeksi 5000 2 ampul Rp20.000
Neurobion Injeksi 5000 per Box isi 20 ampul Rp290.000

Neurobion injeksi diberikan secara langsung oleh dokter atau petugas medis di bawah pengawasan dokter dengan suntikan melalui otot (intramuskular/IM), 1 kali sehari atau 2–3 kali per minggu. Selain dalam bentuk injeksi, Neurobion dapat Anda temukan dalam bentuk tablet dan berikut harga suplemen Neurobion yang beredar di apotek.

Harga Neurobion Tablet

Varian Neurobion Harga
Neurobion Fc (Putih) Rp26.685 per strip
Neurobion Forte (Pink) Rp41.241 per strip

Umumnya, dosis Neurobion dan Neurobion Forte adalah 1 tablet dan dikonsumsi 1,sampai 3 kali sehari. Suplemen ini dapat dikonsumsi pada saat atau sesudah makan. Dosis Neurobion dapat ditingkatkan sesuai petunjuk dokter jika memang diperlukan. Sebelum mengonsumsi suplemen Neurobion, ada baiknya berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter.

[Update: Ditta]

[1] Laodikia, Corry & Evelyn Tambunan. 2017. Teknik Injeksi Intramuskular Tanpa Aspirasi untuk Menurunkan Intensitas Nyeri saat Prosedur Injeksi Vitamin Neurobion 5.000 pada Pasien Poli Rawat Jalan Rumah Sakit Advent Bandung. Jurnal Skolastik Keperawatan, Vol. 3(2): 105-113.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*