Manfaat Sayur Bit Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Sayur Bit - www.herbalogi.com Sayur Bit - www.herbalogi.com

Bit atau beetroot adalah tanaman umbi-umbian yang banyak digunakan untuk pengobatan alami. Akar umbi tanaman sayur bit dengan warna merah tua yang berasal dari kawasan Amerika Utara. Sayur Bit menjadi semakin populer berkat manfaat yang terkandung di dalamnya.

Sayur Bit - www.herbalogi.com

Sayur Bit – www.herbalogi.com

Buah bit mengandung beberapa nutrisi yang sangat penting. Buah bit banyak mengandung vitamin C, magnesium, kalsium, serat, asam folat, caumarin, fosfor, betasianin, kalium, triptofan, zat besi dan masih banyak kandungan nutrisi lainnya.

Umumnya Bit dapat dimakan langsung ataupun diolah dengan menjadikannya sebagai minuman kesehatan seperti jus. Jus buah Bit juga dapat dipadukan dengan bahan atau sayur yang lain, seperti dengan menambahkan cinnamon, wortel, brokoli dan kurma.

Sayur Bit - wajoo.blogspot.co.id

Sayur Bit – wajoo.blogspot.co.id

Untuk membuat jus, Anda harus terlebih dulu menggunakan sarung tangan untuk melindungi tangan dari warna merah buah Bit. Cuci buah dengan air mengalir, kupas kulitnya memakai pisau lalu belah menjadi beberapa bagian. Masukkan ke dalam blender bersama air putih. Blender sampai halus. Anda juga bisa menambahkan es batu jika diinginkan.

Dengan mengkonsumsi sayur Bit secara rutin maka akan mendapatkan banyak manfaat, diantaranya adalah:

  • Manfaat buah bit untuk anemia. Diperoleh dari zat besi yang berperan mematangkan eritrosit atau sel-sel darah merah. Jenis bahan lain yang memiliki fungsi serupa adalah daun ubi jalar, daun katuk, dan brokoli.
  • Bagus untuk mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit, susah buang air besar maupun kecil karena memiliki kandungan serat.
  • Menimbulkan perasaan rileks sekaligus meningkatkan stamina.
  • Merawat elastisitas pembuluh darah dan jaringan otot.
  • Mampu menghancurkan sel tumor serta membunuh sel kanker dalam tubuh.
  • Membantu memproduksi sel-sel darah merah.
  • Menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi.
  • Membantu mempertahankan struktur membran sel, transmisi impuls saraf, penyerapan lemak, dan mengurangi peradangan kronis

Selain itu, sayur Bit juga kaya akan nitrat yang akan diubah menjadi nitrit oleh bakteri di dalam mulut. Nitrit membantu terbukanya pembuluh darah (memperlebar pembuluh darah), serta meningkatkan aliran darah dan oksigen ke tempat-tempat yang kekurangan oksigen. Minum jus bit diyakini mampu meningkatkan aliran darah ke otak pada lansia dan melawan perkembangan gejala pikun. Namun sekali lagi, masih dibutuhkan bukti dan penelitian lebih lanjut untuk mendukung berbagai pernyataan tentang manfaat sayur Bit tersebut.

Selain diolah sebagai jus. Sayur Bit juga dapat dimasak dengan metode yang sederhana, yaitu dengan cara merebus umbi Bit merah hingga lunak kemudian dicuci dengan air yang mengalir sambil dikupas kulitnya. Setelah kulit terkelupas, Anda bisa mengolahnya menjadi asinan, sup, maupun salad. Jika diolah menjadi sup maka akan memberikan warna merah pada kuahnya.

Manfaat ‘buah’ bit memang sangat berguna untuk kesehatan tubuh. Namun bukan berarti Anda dapat mengonsumsi bit dalam jumlah besar. Terlalu banyak makan bit justru dapat menurunkan kadar kalsium dalam tubuh, merusak ginjal, bahkan memperparah penyakit ginjal.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: