Punya Banyak Manfaat untuk Tubuh, Yuk Sarapan Setiap Hari!

Ilustrasi: sarapan keluarga (sumber: honestdocs.id)Ilustrasi: sarapan keluarga (sumber: honestdocs.id)

Sarapan merupakan makanan yang dikonsumsi setiap pagi dengan manfaat untuk meningkatkan kemampuan konsentrasi dan fisik.[1] Kendati demikian, banyak orang yang menghindari makan pagi dengan alasan diet atau sedang tidak lapar. Padahal, masih ada banyak manfaat sarapan yang baik untuk tubuh. Untuk itu, yuk mulailah menjalani hidup sehat dengan sarapan setiap hari.

Manfaat Sarapan

Membantu Tubuh Beradaptasi dengan Makanan

“Bagi banyak orang, sarapan sangat bermanfaat meskipun mereka tidak merasa lapar,” kata Rahaf Al Bochi, juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics kepada jurnalis HuffPost. “Sarapan untuk membantu tubuh, terutama perut beradaptasi dengan makanan lagi setelah tidak makan selama 8-10 jam saat tidur.”

Perut yang sudah mulai beradaptasi, akan kenyang dan tidak terlalu lapar di jam yang sama di kemudian hari. Ini juga akan membantu tubuh Anda untuk mengetahui jenis makanan apa yang baik saat disantap untuk sarapan. Dengan bijak, Anda sudah mengetahui makanan apa yang baik dan berbahaya untuk dikonsumsi ketika sarapan atau setelah tidak makan selama berjam-jam.

Meskipun manfaat makan pagi telah diketahui banyak orang, tidak semua terbiasa sarapan. Lebih dari 25% tidak sarapan secara teratur dan hampir 70% mengatakan mereka tidak mau bangun sebelum jam 8 pagi untuk sarapan. Itulah yang membuat sebagian orang kehilangan manfaat makan pagi.

Baca juga:  Tetap Aktif dan Semangat, Kunci Utama Sehat di Usia Lanjut

Meningkatkan Kesehatan Tubuh

Jika Anda tidak biasa sarapan dan ingin memulainya, cobalah makan makanan dengan porsi yang kecil. Setidaknya, perut Anda sudah terisi di pagi hari.

“Yang terbaik untuk pemula adalah makan sesuatu dalam waktu dua jam setelah bangun tidur,” kata Christina Meyer-Jax, asisten profesor di Northwestern Health Sciences University.

Penelitian menunjukkan, sarapan bermanfaat untuk memberikan energi, mendukung metabolisme, menjaga gula darah tetap terkendali, mempertahankan berat badan yang sehat, meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan fungsi kognitif, dan menjaga kesehatan mental.

Ilustrasi: menu sarapan pagi (unsplash: Toa Heftiba)

Ilustrasi: menu sarapan pagi (unsplash: Toa Heftiba)

“Namun, sebagian besar manfaat sarapan pada akhirnya bergantung pada pemilihan jenis makanan yang tepat,” kata Meyer-Jax. “Itu berarti protein, seperti daging dan telur tanpa lemak; lemak sehat, seperti kacang-kacangan dan biji-bijian; karbohidrat kompleks, seperti buah beri dan buah berserat tinggi lainnya; dan biji-bijian tanpa tambahan gula.”

Ahli Gizi Anna Smith juga menjelaskan, jika Anda berolahraga di pagi hari, cobalah makan camilan kaya karbohidrat kompleks sekitar 30 menit sebelum berolahraga. Karbohidrat memberi tubuh Anda dorongan energi untuk menjalani rutinitas Anda.

Baca juga:  Jaga Kesehatan, Ini Makanan Terbaik Berdasarkan Usia

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Melewatkan sarapan sesekali jika Anda tidak lapar tidak apa-apa, tetapi jika itu sering terjadi, sebaiknya Anda memeriksa kebiasaan makan untuk memahami mengapa Anda tidak lapar di pagi hari.

Sebagian orang memang kadang tidak sadar jika dirinya kelaparan sebelum perutnya berbunyi. Jika Anda mengalami gemetar, sakit kepala, penurunan fokus, dan lesu, bisa jadi Anda sedang lapar dan membutuhkan asupan.

Rasa lapar sebenarnya juga membuat perut sebagian orang merasa tidak enak sehingga tidak mau makan. Tapi, Meyer-Jax mengatakan, makan sesuatu dengan porsi kecil untuk sarapan dapat memperlancar pencernaan, meningkatkan enzim metabolisme, dan hormon untuk membuat Anda merasa kenyang.

Kondisi seperti refluks asam, mulas, dan penyakit refluks gastroesofagus (GERD) dapat memengaruhi keinginan seseorang untuk makan juga. Smith mengatakan obat-obatan tertentu, pilek, atau mual terkait kehamilan dapat menurunkan nafsu makan, terutama di pagi hari.

Mengetahui ada banyak manfaat yang ditawarkan dalam seporsi makan pagi, cobalah untuk tidak menolak sarapan Anda. Lalu, bagaimana jika Anda masih kurang bersemangat sarapan pagi? Berikut tipsnya.

Baca juga:  Apa Penyebab Barbekyu Tidak Higienis dan Jadi Sarang Penyakit?

Tips Rutin Sarapan Pagi

  • Siapkan sarapan Anda di malam sebelumnya. Sebagai contoh, masukkan semua bahan smoothie ke dalam blender dan simpan di lemari es. Keesokan harinya, Anda hanya perlu menghaluskan smoothie dengan blender dan meminumnya. Ini akan mempersingkat waktu dan tidak membuat Anda malas sarapan.
  • Makan camilan setidaknya dua jam sebelum tidur. Ini akan meningkatkan rasa lapar dan membuat Anda terbangun di pagi hari untuk sarapan. Cara ini dinilai praktis bagi orang yang malas sarapan karena tidak merasa lapar di pagi hari.
  • Tidur yang cukup di malam hari. Ini akan membantu hormon penyebab lapar menjadi stabil dan membuat Anda ingin makan setelah bangun tidur.

Nah, supaya sarapan Anda tidak sia-sia, sebaiknya pilihlah makanan yang bergizi dan sehat. Hindari makanan yang terlalu berlemak dan bergula, karena bisa meningkatkan kolesterol dan gula darah.

[1] Rafika, Puji Astuty, Susana Setyowati. 2018. Hubungan Kebiasan Sarapan Pagi dengan Konsentrasi pada Remaja. Jurnal Akademi Kebidanan Wira Husada Nusantara, Hal. 26-35.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: