Apa Manfaat Sarang Burung Walet untuk Ibu Hamil?

Sarang burung walet (sumber: delishably.com)Sarang burung walet (sumber: delishably.com)

Produk makanan olahan dengan bahan dasar sarang burung walet memang sedang populer di masyarakat Nusantara. Konsumennya tidak hanya anak-anak dan lansia, bahkan ibu hamil juga kerap menjadikannya sebagai asupan harian. Ini karena sarang burung walet konon memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan kandungan.

Burung walet, dengan nama ilmiah Collocalia sp, merupakan salah satu jenis burung yang menghasilkan sarang bernilai ekonomis. Sarang burung walet yang bisa dikonsumsi tersebut berasal dari air liur yang mengeras. Keberadaan burung walet serta keistimewaan sarangnya (bird nest) sebenarnya sudah dikenal sejak ratusan tahun silam.

Secara turun-temurun, sarang burung walet kerap dijadikan sebagai obat dan makanan untuk meningkatkan daya imun. Bagi orang biasa, kadang sarang burung walet dijadikan sebagai obat untuk pereda demam dan panas dalam.[1] Lalu, apa saja manfaat sarang burung walet untuk bumil?

Melancarkan Peredaran Darah

Seperti yang kita ketahui, wanita hamil sering mengalami pembengkakan pada daerah kaki. Selain diakibatkan oleh kecapekan, terlalu banyak duduk, dan kurang istirahat, pembengkakan pada daerah kaki bisa disebabkan kurang lancarnya peredaran darah. Untuk mencegah sekaligus menghilangkan pembengkakan, Anda bisa mengonsumsi sarang burung walet.

Baca juga:  Serum Anti Gombal, Ini Sederet Manfaat dari The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1%

Sarang burung walet akan membantu memperlancar sistem peredaran darah Anda. Selain itu, sarang burung walet juga baik untuk ibu hamil yang sering mengalami kram atau kesemutan di bagian tangan dan kaki. Untuk mengonsumsinya, Anda bisa membuat jeli sarang burung walet atau teh sarang burung walet.

Mengonsumsi sarang burung walet (sumber: vietcetera.com)

Mengonsumsi sarang burung walet (sumber: vietcetera.com)

Meningkatkan Nafsu Makan

Sebagian besar bumil yang memasuki trimester pertama hingga tiga, biasanya mengalami susah makan. Susah makan diakibatkan oleh rasa mual dan pusing di awal kehamilan. Untuk mengatasi rasa mual dan pusing, serta meningkatkan nafsu makan, Anda bisa mengonsumsi teh sarang burung walet di pagi dan malam hari.

Selain itu, nafsu makan pada ibu hamil juga akan turun saat usia kandungan lebih dari 7 bulan. Semakin besar ukuran janin di perut, dapat menekan ruang pada lambung, sehingga biasanya ibu hamil mudah kenyang. Untuk mengganti nutrisi bumil akibat perasaan mudah kenyang, bisa mengonsumsi sarang burung walet setelah makan.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Seperti yang kita ketahui, wanita hamil memiliki daya imun yang rendah. Sarang burung walet diketahui memiliki kandungan mineral lengkap, seperti kalium, natrium, kalsium, dan masih banyak lagi. Selain baik sebagai sumber mineral untuk wanita hamil, kandungan mineral tersebut berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh.

Baca juga:  Bagaimana Cara Memilih Tabir Surya yang Tepat?

Dengan mengonsumsi sarang burung walet setiap hari, Anda mampu menangkal penyakit ringan, seperti flu, batuk, pilek, demam, dan lainnya. Ini juga membantu Anda mengurangi konsumsi obat selama kehamilan. Perlu Anda ketahui bahwa ibu hamil tidak boleh terlalu banyak mengonsumsi obat karena berbahaya bagi janin, sehingga Anda harus pintar menjaga kesehatan.

Sarang burung walet (sumber: spectroscopyeurope.com)

Sarang burung walet (sumber: spectroscopyeurope.com)

Menjaga Keindahan Kulit

Saat hamil, hormon pada wanita hamil mengalami perubahan drastis dan sulit untuk diseimbangkan. Akibatnya, hampir sebagian besar bumil mengalami permasalahan kulit, seperti bruntusan, jerawat, kulit kusam, kulit berminyak, atau kulit kering dan kasar. Sementara ibu hamil tidak boleh memakai skincare secara sembarangan, Anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi sarang burung walet setiap hari.

Kandungan kolagen dan mineral pada sarang burung walet konon bisa mengatasi permasalahan kulit tersebut. Selain itu, dua kandungan tersebut mampu membuat kulit menjadi lebih sehat dan lembap. Sehingga, Anda tidak perlu menghamburkan banyak uang untuk permasalahan kulit selama masa kehamilan.

Baca juga:  Sering Dianggap Sama, Apa Saja Perbedaan Primer dan Pelembap?

Menurunkan Kadar Kolesterol

Selama masa kehamilan, ibu hamil harus menjaga asupan makanannya agar tidak terkena kolesterol. Kadar kolesterol yang tinggi tidak hanya membahayakan nyawa ibu hamil, tetapi juga bayinya saat lahir. Kadar kolesterol tinggi juga dapat membuat ibu hamil merasa kesulitan saat melahirkan, baik secara normal atau operasi caesar.

Untuk menurunkan serta mengontrol kadar kolesterol dalam darah, selain diet minyak dan lemak, Anda bisa mengonsumsi sarang burung walet. Apalagi saat ini sudah banyak makanan lezat yang berbahan dasar sarang burung walet, seperti agar-agar, puding, hingga sirup.

Itulah beberapa manfaat sarang burung walet yang penting untuk ibu hamil. Untuk memenuhi kebutuhan bahan pangan sarang burung walet, saat ini tidak sulit. Anda bisa membeli berbagai macam bahan olahan dari sarang burung walet di minimarket atau pusat perbelanjaan terdekat.

[1] Arifin, Samsul Moch., dkk. 2012. Distribusi Walet (collocalia sp) di Kabupaten Grobogan. Unnes J. Life Sci., Vol. 1(1): 28-34.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: