Biasa Dipakai untuk Obati Panu, Apakah Manfaat Salep 88 untuk Wajah?

Manfaat Salep untuk Wajah - klubwanita.comManfaat Salep untuk Wajah - klubwanita.com

Salep 88 merupakan obat luar yang kerap digunakan untuk mengobati berbagai penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur dan infeksi bakteri ringan seperti panu, kudis, kurap, dan kutu air. Salep 88 diproduksi oleh PT Meccaya serta memiliki kandungan bahan aktif berupa asam salisilat, asam benzoat dan sulfur atau belerang. Bahan-bahan tersebut dikenal mempunyai sifat anti jamur, menghambat pertumbuhan bakteri atau bakteriostatik, sekaligus dikenal sebagai antiseptik yang bisa mempercepat penyembuhan penyakit pada kulit.

Komposisi Salep 88

  • Acidum salicylicum 60 mg
  • Acidum benzoicum 65 mg
  • Sulfur praecipitatum 60 mg
  • Camphora¬† 30 mg
  • Mentholatum 25 mg
  • Base salep 1000 mg

Dosis Salep 88

Dioleskan 2-3 kali sehari secukupnya pada bagian yang luka dan gatal atau area yang terinfeksi jamur dan bakteri.

Petunjuk Penggunaan

  • Cuci bersih tangan sebelum menggunakan Salep 88.
  • Bersihkan terlebih dahulu area yang terinfeksi dengan air bersih atau larutan antiseptik sebelum Anda menggunakan Salep 88.
  • Aplikasikan Salep 88 secara merata pada area yang terinfeksi jamur dengan ketebalan sekitar 1/8 inci.
  • Usai 3-5 menit pemakaian, mungkin akan muncul sensasi seperti terbakar pada area yang diberi salep. Tak usah panik karena gejala itu normal dan merupakan tanda bahwa bahan aktif salep sedang bekerja.
  • Usahakan area kulit yang dirawat terpapar udara seminimal mungkin serta lindungi kulit Anda dari percikan air dan paparan kuman. Dengan demikian, proses penyembuhan bisa lebih cepat dan mengurangi sensasi gatal yang ditimbulkan.
  • Apabila terjadi iritasi atau gejala tidak mengalami perubahan setelah pengobatan selama 10 hari, hentikan penggunaan Salep Kulit 88 ini dan konsultasikan kondisi Anda dengan dokter.

    Wanita memakai Salep di Wajah - www.facetofeet.com

    Wanita memakai Salep di Wajah – www.facetofeet.com

Cara Kerja Salep 88

  • Salicylic Acid merupakan zat yang dikenal sebagai senyawa aktif yang memiliki kemampuan untuk membuat sel-sel epidermis mengelupas lebih mudah, mencegah pori-pori tersumbat dan memungkinkan terbentuknya sel baru. Oleh sebab itu senyawa ini juga kerap disebut exfoliating agen.
  • Benzoic Acid adalah senyawa yang sifatnya anti jamur dan bakteriostatik (bekerja dengan cara menghambat perkembangan bakteri). Senyawa ini disebut-sebut ampuh membasmi jamur dengan menghambat kemampuannya untuk tumbuh dan bereproduksi.
  • Sulfur Praecipitatum adalah sulfur yang diendapkan atau disebut juga bubur sulfur. Senyawa ini juga memiliki sifat anti-jamur serta dapat melunakkan atau menipiskan lapisan keratin kulit. Sehingga kerap dikombinasikan dengan zat lain seperti asam salisilat dan dipakai untuk mengobati kudis.

Indikasi Salep 88

Dilansir dari Honestdocs, Salep 88 memiliki kegunaan untuk mengobati beberapa jenis penyakit kulit, yaitu:

  • Mengobati panu
  • Mengobati kadas
  • Mengobati kurap
  • Pengobatan kudis
  • Pengobatan kutu air
  • Mengatasi gatal-gatal pada kulit yang diakibatkan oleh bakteri dan jamur
  • Juga dapat digunakan untuk mengobati eksim dan gatal akibat gigitan serangga

Kontraindikasi Salep 88

Tidak semua orang boleh menggunakan obat ini, tidak boleh diberikan pada orang yang diketahui memiliki riwayat hipersensitivitas atau alergi terhadap kandungan Salep Kulit 88 seperti muncul ruam atau bengkak pada bagian bibir dan wajah setelah pemakaian.

Manfaat Salep 88 untuk Wajah

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Salep 88 lebih sering digunakan untuk mengatasi panu, kadas, kurap, dan semacamnya akibat infeksi jamur atau bakteri. Sehingga penggunaan atau khasiatnya untuk wajah masih dipertanyakan. Selama ini juga masih jarang ada pengguna yang memakai salep ini untuk wajah. Meski demikian, ada pengguna yang mengaku telah memakai Salep 88 untuk menghilangkan jerawat di wajah. Walau review dari pengguna di forum tersebut cukup positif, Anda tetap tidak boleh menggunakan suatu produk obat-obatan di luar indikasi yang dianjurkan.

Efek Samping Salep 88

Salep Kulit 88 pada umumnya dapat ditoleransi dengan baik. Akan tetapi beberapa orang mungkin mengalami sejumlah efek samping yang perlu diperhatikan seperti iritasi apabila dipakai secara terus-menerus, dermatitis, hingga urtikaria atau biduran.

Salep untuk Wajah - www.nbcnews.com

Salep untuk Wajah – www.nbcnews.com

Interaksi Obat

Potensi interaksi obat terjadi ketika digunakan bersamaan dengan obat lain sehingga dapat mengubah cara kerja obat. Sebagai akibatnya, risiko efek samping dapat meningkat, obat tidak bekerja, atau bahkan menimbulkan efek beracun yang membahayakan tubuh. Beberapa jenis obat dapat berinteraksi dengan Salep 88, di antaranya:

  • Penggunaan obat kulit jenis tretinoin dengan asam salisilat dari Salep 88 dapat menyebabkan iritasi kulit dan menyebabkan kulit jadi kering.
  • Penggunaan isotreinoin juga dapat menyebabkan iritasi kulit dan kulit kering jika digunakan bersamaan dengan obat ini.

Harga Salep 88

Salep 88 adalah obat yang dijual bebas di berbagai apotik maupun toko obat terdekat dengan harga yang relatif terjangkau, yakni Rp 12.487 per buah (kemasan jar atau pot isi 6 gram). Produk Salep 88 bisa Anda beli di Apotek 24, Kimia Farma, minimarket, maupun apotik-apotik lainnya yang berada di sekitar Anda tanpa memerlukan resep dokter. Perlu diketahui bahwa harga Salep 88 bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga Salep 88 yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung dari penawaran pihak penjual.

Harus Anda ingat pula bahwa efek atau hasil pemakaian suatu produk bisa berbeda-beda antara satu orang dengan lainnya. Oleh sebab itu, jika Anda merasakan hasil yang negatif atau mengalami iritasi setelah menggunakan Salep 88, sebaiknya segera hentikan pemakaian dan berkonsultasi dengan dokter agar memperoleh penanganan yang tepat.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: