Apa Manfaat Salep 88 untuk Wajah dan Jerawat? Ini Info Terbarunya

Ilustrasi: memakai krim wajah (sumber: verywellhealth)Ilustrasi: memakai krim wajah (sumber: verywellhealth)

Jerawat yang tak kunjung sembuh memang sangat mengganggu, apalagi bagi Anda yang suka berdandan. Sementara banyak produk obat jerawat yang beredar di pasaran, sebagian wanita mencoba menggunakan salep 88, yang diklaim memiliki manfaat untuk wajah berjerawat. Padahal, salep tersebut adalah salah satu jenis obat untuk mengobati penyakit kulit akibat jamur.

Jerawat merupakan salah satu penyakit kulit yang umum, namun dapat memengaruhi seseorang secara psikologis. Banyak orang merasa kurang percaya diri dan merasa cemas berlebihan akibat jerawat. Jerawat sendiri disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari hormon hingga kebersihan kulit yang tidak terjaga.[1]

Melihat penyebab jerawat di atas, rupanya sedikit berlawanan dengan fungsi salep 88 yang dijual dengan harga Rp13.085 tahun 2022. Produk Salep 88 bisa Anda beli di Apotek 24, Kimia Farma, maupun apotik-apotik lainnya yang berada di sekitar Anda tanpa memerlukan resep dokter. Lalu, apakah benar salep ini memiliki manfaat untuk menyembuhkan jerawat pada wajah?

Kandungan dan Kegunaan Salep 88

Salep 88 merupakan salah satu jenis obat topikal yang dijual secara bebas. Untuk mendapatkan salep tersebut, Anda tidak memerlukan resep atau anjuran dari dokter. Dalam satu kemasan salep 88, mengandung 60 mg salicylic acid, 65 mg benzoic acid, dan 60 mg sulfur praecipitatum.

Baca juga:  Stem Cell dalam Skincare, Benarkah Bikin Kulit Awet Muda?

Dilihat dari kandungannya, mungkin inilah yang menyebabkan banyak orang mencoba menggunakan salep tersebut sebagai obat jerawat. Apalagi salicylic acid dan sulfur diklaim dapat mengobati jerawat dengan baik.

Meski begitu, salep 88 sebenarnya digunakan untuk mengobati beberapa macam penyakit kulit, seperti panu, kudis, kurap, dan kutu air. Salep ini akan menghambat pertumbuhan jamur atau bakteri penyebab penyakit kulit tersebut. Selain itu, salep 88 juga akan memberikan efek sejuk untuk menghilangkan rasa gatal akibat penyakit kulit.

Dosis dan Cara Menggunakan Salep 88

Meskipun tergolong obat bebas, salep 88 tidak bisa dipakai sembarangan. Anda perlu memperhatikan dosis dan cara pemakaian yang benar. Pasalnya, penggunaan dan dosis yang tidak tepat dapat menimbulkan berbagai macam efek samping. Salep 88 dioleskan di permukaan kulit yang bermasalah sebanyak 2 hingga 3 kali sehari.

Manfaat Salep 88 - my.carousell.com

Manfaat Salep 88 – my.carousell.com

Sebelum mengoleskan salep 88, pastikan Anda mencuci tangan dan membersihkan permukaan kulit yang bermasalah. Kebersihan adalah kunci untuk kesembuhan Anda, dan ini bertujuan agar salep tidak terkontaminasi bakteri. Lebih baik lagi jika Anda membersihkan kulit menggunakan alkohol atau antiseptic. Ini juga membantu membunuh sebagian bakteri dan jamur yang baru saja tumbuh.

Baca juga:  Pecinta Warna Nude Lirik Produk Wardah Intense Matte Lipstick No 5

Setelah kulit diolesi salep, usahakan agar tidak terkena sinar matahari secara langsung. Selain melindungi kulit, cara ini ampuh membuat salep tidak teroksidasi dengan cepat. Jika kulit terpapar sinar matahari secara langsung setelah diolesi salep, biasanya akan terasa gatal dan proses penyembuhan menjadi lebih lama.

Manfaat Salep 88 untuk Wajah dan Jerawat

Menurut beberapa orang yang pernah menggunakan salep 88, obat ini memang memiliki manfaat untuk menyembuhkan jerawat, terutama jenis jerawat yang meradang. Hal ini dilihat dari komposisi salep 88 yang mengandung banyak bahan dengan sifat antibakteri dan antiinflamasi.

Asam salisilat atau biasa dikenal dengan salicylic acid memiliki peran sebagai exfoliating agent yang berfungsi membantu pengelupasan sel-sel epidermis kulit. Ini akan membantu kulit yang berjerawat lebih cepat kering dan mengelupas tanpa meninggalkan bekas. Selain itu, asam salisilat akan mencegah penyumbatan pori-pori akibat bakteri atau kotoran. Sehingga, selama proses eksfoliasi, kulit dapat beregenerasi dengan baik. Sel kulit baru akan lebih cepat tumbuh dan memperbaiki kerusakan kulit akibat jerawat.

Baca juga:  Apa Efek Samping Konsumsi Everwhite Hi-Collagen Drink?

Salep 88 juga diperkaya dengan asam benzoat atau biasa dikenal dengan benzoic acid. Zat tersebut merupakan senyawa yang berperan menghambat perkembangan bakteri sekaligus menekan tingkat pertumbuhan jamur di kulit. Sehingga, jerawat yang diakibatkan oleh bakteri di kulit dapat diatasi oleh salep 88.

Menurut review dari konsumen salep 88, jerawat yang meradang atau jerawat biasa dapat diatasi dengan cara mengoleskan secara tipis salep 88 ke permukaan jerawat. Ini bisa dilakukan setiap hari sebanyak 1 hingga 2 kali dalam sehari. Disarankan, Anda mengoleskannya di pagi hari dan sebelum tidur.

Meskipun dapat digunakan untuk menyembuhkan jerawat, tentunya tidak semua kulit memiliki kondisi yang sama. Hal ini memengaruhi hasil yang berbeda-beda pada setiap individu. Jika Anda mengalami gejala iritasi dan alergi, sebaiknya Anda menghentikan pemakaian salep 88 untuk wajah dan segera berkonsultasi dengan dokter.

[1] Pratama, Antonius Nugraha dkk. 2017. Survey Pengetahuan dan Pilihan Pengobatan Jerawat di Kalangan Mahasiswa Kesehatan Universitas Jember. e-Jurnal Pustaka Kesehatan, Vol. 5(2): 389-393.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: