Sejumlah Manfaat Minum Saffron Tea untuk Kesehatan

Teh saffronTeh saffron

Sudah cukup terkenal di kalangan medis maupun dunia kecantikan, saffron tea lantas menjadi incaran banyak orang. Meskipun harga produk tersebut terbilang lebih mahal dibanding teh biasa, teh jenis ini selalu laris di pasaran. Ini karena teh saffron memiliki banyak manfaat jika dikonsumsi secara rutin. Lalu, apa saja kegunaan teh tersebut?

Obat Kronis Tradisional

Saffron tea terbuat dari bahan alami bunga saffron yang sudah dikeringkan. Secara ilmiah, saffron memiliki nama Crocus sativus L. dan telah digunakan sejak zaman dahulu sebagai bahan obat herbal. Saffron sebagai bahan dasar pembuatan teh, dikenal memiliki aroma, warna, dan rasa yang unik serta khas. Bahkan, Anda tidak akan menemukan jenis teh lain yang mirip dengan saffron tea.

Bukti bahwa saffron sudah dikenal sebagai salah satu obat herbal, yaitu dengan adanya resep tradisional, termasuk resep obat-obatan China, di kitab Ayurveda, dan di dalam kitab Yunani kuno. Pada kitab Ayurveda, saffron dipakai untuk mengobati penyakit kronis, seperti asma, arthritis, batuk, dan demam tinggi.

Antikanker

Menurut penelitian, melalui model in vivo dan in vitro, saffron tea dapat memengaruhi karsinogenesis. Kandungan crocin dan crocetin pada saffron memiliki aktivitas antikanker yang signifikan pada sel-sel di payudara, paru-paru, pankreas, dan darah. Saffron tea yang diminum secara rutin, dikatakan dapat mencegah tumbuhnya sel kanker di bagian tubuh tersebut.

Baca juga:  Cara Memutihkan Badan Dengan Cepat Secara Alami Maupun Kimia yang Aman
Minuman teh saffron (sumber: qrmez.com)

Minuman teh saffron (sumber: qrmez.com)

Selain itu, ekstrak saffron pada saffron tea yang diuji secara in vitro dapat memberikan efek pro apoptosis pada lini sel yang diturunkan dari kanker payudara. Saffron dapat dianggap sebagai salah satu agen kemoterapi alami yang berpotensi tinggi terhadap kanker payudara. Sehingga, pasien dengan riwayat kanker payudara, bisa mempercepat proses penyembuhan jika minum saffron tea secara rutin dengan dosis yang cukup.

Antidepresan

Secara turun-temurun, saffron dikenal sebagai obat antidepresi oleh masyarakat Persia. Ini menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang yang stres atau depresi, dianjurkan untuk minum teh saffron. Berdasarkan sebuah penelitian, minum saffron tea dengan dosis ekstrak saffron sebanyak 30 mg setiap hari, memiliki efektivitas yang mirip dengan imipramine 100 mg per hari. Imipramine merupakan salah satu jenis obat antidepresan ringan hingga sedang.

Sementara obat tersebut memiliki efek samping, seperti mulut kering dan sedasi lebih banyak, saffron tea tidak memiliki efek samping serupa. Dalam hal ini, saffron tea mengandung aromaterapi serta zat safranal dan crocin yang berperan dalam menenangkan saraf dan merilekskan otak.

Baca juga:  Turunkan Berat Badan, Bagaimana Cara Melakukan Diet Lemon 14 Hari?

Menurunkan Tekanan Darah

Bagi Anda yang memiliki gangguan tekanan darah tinggi atau hipertensi, bisa mencoba mengontrolnya menggunakan saffron tea. Berdasarkan sebuah penelitian, minum teh yang mengandung ekstrak saffron 100 mg setiap hari, dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan setiap harinya. Ini bermanfaat bagi Anda yang sering mengalami gejala darah tinggi.

Meskipun baik untuk penderita darah tinggi, saffron tea tidak cocok bagi Anda yang memiliki gangguan tekanan darah rendah. Bagi pasien dengan riwayat tekanan darah rendah, sebaiknya tidak mengonsumsi saffron atau saffron tea dalam jumlah banyak. Ini dapat membuat gejala darah rendah semakin parah.

Teh saffron

Teh saffron

Mengatasi Anxiety Disorder

Sebuah studi menunjukkan, kandungan crocin pada saffron tea memiliki sifat anti-kecemasan. Pemberian saffron tea pada pasien dengan gejala anxiety disorder atau gangguan kecemasan ringan dengan dosis 50 mg ekstrak saffron, dapat mengurangi dan menurunkan risiko gejala tersebut kambuh. Ekstrak saffron sebanyak 50 mg yang terdapat pada saffron tea hampir mirip dengan diazepam.

Baca juga:  Faktor Yang Memengaruhi Kadar Vitamin D Dalam Tubuh

Saffron yang dijadikan sebagai teh, sebelumnya juga telah disetujui sebagai terapi adjuvant yang efektif untuk mengurangi generalized anxiety disorder (GAD). Selain itu, menurut hasil pengujian, saffron terbukti efektif dapat mengurangi Hamilton Anxiety Rating Scale (HAM-A) dibanding plasebo.

Mengobati Premenstrual Syndrome (PMS)

Sindrom pramenstruasi merupakan salah satu masalah kesehatan paling umum yang memengaruhi 20-40% wanita usia produktif. PMS ditandai dengan perubahan suasana hati dan perilaku yang cepat. Saffron tea yang mengandung ekstrak saffron sebanyak 30 mg dan diminum setiap hari selama PMS, disebutkan dapat meredakan gejala PMS tersebut.[1]

Itulah beberapa manfaat dari saffron tea yang bisa Anda rasakan jika meminumnya secara rutin. Selain itu, saffron tea juga memiliki manfaat untuk meningkatkan kualitas tidur Anda, yaitu dengan cara mengurangi gejala insomnia dan menenangkan pikiran sebelum tidur.

[1] Afifah, Maryam Nur & Aliya Nur Hasanah. 2020. Saffron (Crocus sativus L): Kandungan dan Aktivitas Farmakologinya. Majalah Farmasetika, Vol. 5 (3): 116-123.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: