Manfaat dan Resep Teh Bunga Mawar

Cangkir tehCangkir teh

Teh bunga mawar menjadi salah satu minuman yang populer dari masa ke masa. Kareba minuman yang segar dan harum ini dikatakan memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan dan kecantikan. Tak heran jika banyak orang ingin membuat teh bunga mawar sendiri di rumah. Lalu, bagaimana resepnya?

Manfaat Teh Mawar

Bunga mawar, yang terkenal dengan keindahan serta aromanya, ternyata memiliki kandungan geraniol dan citronellol dengan konsentrasi hingga 75% dari minyak.[1] Selain itu, bunga mawar juga diperkaya dengan linalool, citral, dan phenyl ethyl alcohol, geraniol, nerol, farnesol, eugenol, serta nonyl aldehyde dalam jumlah sedikit. Kandungan tersebut memiliki fungsi sebagai antiseptik alami.

Dengan kandungan zat yang ada pada bunga mawar, kemungkinan besar teh bunga mawar memiliki sifat antiseptik yang dapat membantu menghilangkan atau mengurangi kadar bakteri di dalam mulut. Sekadar informasi, jumlah bakteri yang ada di dalam mulut bisa memengaruhi kesehatan gigi dan mulut.

Aktivitas bakteri di mulut bisa menyebabkan gigi berlubang serta bau mulut. Sehingga, bisa dikatakan teh bunga mawar dapat mengatasi bau mulut dan mengurangi risiko gigi berlubang. Selain itu, antiseptik pada teh bunga mawar juga bermanfaat untuk mengurangi aktivitas bakteri yang dapat menyebabkan infeksi saluran pencernaan.

Baca juga:  Manfaat & Cara Membuat Virgin Coconut Oil (VCO) dengan Mixer
Teh bunga mawar

Teh bunga mawar

Teh bunga mawar juga memiliki kandungan polifenol sebagai zat antioksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat zat karsinogen. Sehingga, teh ini dapat dikatakan bisa menurunkan risiko penyakit kanker dan tumor. Untuk tujuan tersebut, sebaiknya Anda mengonsumsi teh bunga mawar secara rutin tanpa gula. Gula dipercaya dapat merusak kandungan teh herbal, sehingga teh bunga mawar yang ditambah gula tidak akan ada khasiatnya.

Dilansir dari parenting.orami, teh bunga mawar bisa meredakan kram dan nyeri saat menstruasi. Seperti yang kita ketahui, nyeri saat haid menjadi masalah utama bagi sebagian besar wanita. Teh bunga mawar sudah dikenal sejak dulu sebagai obat tradisional untuk menghilangkan sakit tersebut. Ini karena teh mawar juga mengandung zat anti-inflamasi atau pereda nyeri.

Selain dalam dunia medis, ternyata teh bunga mawar juga memiliki beberapa manfaat untuk kecantikan. Kandungan minyak atsiri pada teh bunga mawar dapat dijadikan sebagai obat jerawat. Anda bisa menggunakan teh bunga mawar untuk mencuci muka di pagi hari. Selain itu, teh mawar juga mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk melembapkan, mencerahkan, dan menghaluskan kulit dari dalam tubuh.

Baca juga:  Waspada, MLM Berpotensi Menghancurkan Persahabatan Anda

Bagi Anda yang ingin mendapatkan semua manfaat teh mawar tersebut, pastikan Anda membuatnya dengan tepat. Cara membuat teh mawar tidak sulit, Anda hanya perlu memperhatikan resep berikut.

Resep Teh Mawar

Bunga mawar kering

Bunga mawar kering

  • Sebelum membuat teh bunga mawar, Anda perlu menyiapkan bahan-bahan seperti 1 gelas kelopak bunga mawar segar organik dan 3 gelas air. Sebaiknya, jenis bunga mawar yang digunakan adalah bunga mawar pink yang memang terbilang umum dan baik untuk dijadikan teh.
  • Siapkan panci dan tuang air ke dalamnya. Setelah itu, nyalakan kompor dengan api sedang dan masak air hingga mendidih. Sambil menunggu air matang, cuci kelopak bunga mawar dan pisahkan dari benang sari atau putiknya.
  • Masukkan kelopak bunga mawar ke dalam air mendidih dan masak selama 5 menit atau hingga air berubah warna menjadi cokelat kemerahan. Setelah itu, tuang teh mawar ke dalam gelas saji.

Resep teh bunga mawar di atas adalah resep sederhana yang bisa Anda aplikasikan sewaktu-waktu. Selain menggunakan bunga mawar segar, Anda juga bisa memakai bunga mawar kering. Namun, caranya sedikit rumit, karena Anda perlu mengeringkan kelopak bunga mawar dengan bantuan sinar matahari langsung atau oven.

Baca juga:  Tak Cuma Bikin Sushi Makin Nikmat, Telur Ikan Terbang Ternyata Simpan Beragam Manfaat

Ada juga cara yang lebih praktis dan sederhana untuk membuat teh mawar, yaitu dengan membeli teh mawar instan di pasaran. Teh mawar siap seduh terdiri dari dua jenis, yakni teh mawar kantung dan teh mawar tubruk yang berupa bunga mawar kering. Anda bisa memilih teh mawar instan sesuai selera.

Rasa teh mawar siap seduh dan teh mawar yang terbuat dari bunga mawar segar tidak jauh berbeda. Keduanya memiliki tingkat kepahitan yang hampir sama. Meskipun rasanya sedikit pahit, teh mawar memiliki aroma yang harum dan khas. Ini yang menjadi daya tariknya sebagai minuman herbal.

[1] Dwiyanti, Albertini. 2018. Efek Ekstrak Bunga Mawar (Rosa damascena Mill) terhadap Penyembuhan Angular Cheilitis yang Diinduksi Staphylococcus aureus dan Candida albicans pada Tikus Jantan Galur Wistar (Rattus norvegicus) (Skripsi). Bagian Ilmu Penyakit Mulut Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Hasanuddin Makassar.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: