Apa Manfaat Berenang untuk Anak-Anak dan Orang Dewasa?

BerenangBerenang

Olahraga adalah hal yang menyehatkan sekaligus menyenangkan, tidak cuma bagi anak-anak, tetapi juga orang dewasa. Nah, salah satu jenis olahraga yang banyak penggemarnya adalah berenang. Berenang di kolam renang yang luas dengan air yang sejuk, ternyata tidak hanya membuat badan terasa segar, tetapi juga memiliki banyak manfaat lain untuk kesehatan tubuh. Apa saja itu?

Sebagai Hydrotherapy

Hydrotherapy atau terapi air adalah metode perawatan dan penyembuhan dengan menggunakan air untuk efek-efek terapis. Karena, air memiliki kualitas untuk mencapai respon tubuh yang bisa menyembuhkan simpton-simpton dan meningkatkan mekanisme tubuh dalam menghadapi ancaman eksternal. [1]

Dengan berenang, secara tidak sadar tubuh Anda akan mendapatkan efek hydrotherapy secara maksimal. Dilansir dari Vogue, efek terapis pada air bisa membuat Anda menjadi lebih santai dan rileks. Berenang juga bisa dijadikan sebagai metode untuk menghilangkan rasa stres, lelah, dan khawatir akibat masalah pekerjaan, masalah sekolah, hingga masalah kesehatan seperti coronavirus.

Stres dan rasa khawatir bisa hilang dengan cepat saat Anda merendam kepala Anda di kolam renang atau ketika menyelam. Ini adalah salah satu teknik untuk membungkam beberapa indera Anda, di antaranya mata, telinga, dan hidung. Cara tersebut akan meningkatkan aktivitas gelombang alfa di otak, sehingga Anda akan merasa lebih tenang dan damai.

Baca juga:  Sebelum Bikin Kue, Ketahui Dulu Fungsi & Cara Menggunakan Ovalet
Berenang

Berenang

Mengurangi Rasa Jenuh

Tidak hanya orang dewasa yang bisa bosan dengan ritme pekerjaan, anak-anak juga bisa bosan dengan ritme belajarnya di sekolah. Saat sekolah sedang libur dan tugas menumpuk, biasanya anak-anak menjadi lebih jenuh. Anak-anak yang merasa lelah, jenuh, dan bosan, cenderung mudah emosi dan berisiko terkena penyakit, mulai dari penyakit ringan seperti flu hingga penyakit kronis seperti Covid-19.

Agar anak-anak terhindar dari penyakit sekaligus rasa jenuh saat liburan, Anda bisa mengajak mereka berenang. Tidak sulit mengajak anak-anak berenang, karena hampir semua anak suka berenang dan bermain air. Berenang juga bukanlah olahraga yang mahal, karena sudah banyak kolam renang umum yang menyediakan kolam khusus dengan promo tiket pelajar.

Melatih Ketahanan Tubuh

Sebagai salah satu cabang olahraga, berenang juga mampu meningkatkan ketahanan tubuh. Bagi Anda yang ingin terlihat bugar dan selalu fit, bisa menjadwalkan renang sebagai kegiatan mingguan atau bulanan. Untuk orang dewasa, berenang juga mampu meningkatkan massa otot meskipun tidak sebanyak olahraga angkat beban.

Baca juga:  Beberapa Wanita Enggan Mengaku Alami Depresi Pasca Melahirkan, Mengapa?

Selain bisa dipakai untuk melatih ketahanan tubuh, berenang juga bisa dijadikan sebagai ajang latihan untuk tahan di cuaca dingin. Kondisi air kolam renang yang dingin saat Anda berlama-lama berendam, membuat tubuh semakin kebal terhadap cuaca. Sehingga, Anda tidak mudah terserang pilek atau flu akibat cuaca dingin.

Berenang

Berenang

Menjaga Kesehatan Tulang Punggung

Bagi Anda yang sering merasa nyeri di bagian leher dan tulang punggung akibat terlalu lama duduk atau bekerja, sebaiknya Anda mencoba terapi dengan berenang. Berenang dengan gaya bebas dan gaya punggung akan membuat otot-otot di daerah bahu dan punggung menjadi lebih rileks. Otot yang tadinya tegang di bagian tulang punggung akan menjadi lebih kendor, sehingga rasa nyeri akan berangsur-angsur hilang.

Berenang juga baik untuk anak-anak yang memiliki gangguan tulang punggung dengan bentuk S atau C. Berenang secara rutin akan mengembalikan bentuk tulang punggung mereka dengan lebih cepat, namun harus diimbangi dengan terapi secara medis. Ini karena saat berenang, tulang punggung akan tertarik menjadi lurus atau sejajar.

Baca juga:  Bisnis Biji Plastik, Mengolah Sampah Jadi Omzet Ratusan Juta Rupiah

Meningkatkan Fungsi Paru

Saat berenang, Anda harus bisa mengatur napas agar tidak tenggelam. Latihan pernapasan saat berenang terbilang baik untuk Anda yang memiliki gangguan fungsi paru akibat merokok, sindrom kecemasan, dan asma. Dengan berenang secara rutin, maka fungsi paru bisa kembali menjadi normal lagi.

Sebagai tips jika Anda ingin meningkatkan fungsi paru, Anda bisa mencoba berenang dalam jarak pendek hingga panjang. Semakin Anda bisa berenang dengan jarak yang panjang, maka fungsi paru-paru Anda semakin meningkat. Ini bisa Anda rasakan setelah beberapa bulan berenang secara intens.

Itulah beberapa manfaat berenang yang dapat dirasakan anak-anak dan orang dewasa. Selain itu, berenang juga bisa membuat badan menjadi lebih langsing dengan berat yang ideal. Ini karena berenang dikatakan dapat membakar sekitar 360 hingga 660 kalori per jam.

[1] Susanto, Ermawan. 2008. Olahraga Renang sebagai Hidrotherapy dalam Mengatasi Masalah-Masalah Kesehatan. MEDIKORA FIK UNY, Vol. 4(2): 50-74.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: