Apa Saja Manfaat Minyak Kelapa untuk Kecantikan?

Minyak kelapaMinyak kelapa

Minyak kelapa secara tradisional dan turun-temurun telah dianggap sebagai salah satu bahan perawatan kecantikan. Banyak orang yang memanfaatkan minyak ini untuk membuat aneka produk kosmetik dan skincare. Ini karena minyak nabati tersebut terbilang aman dan memiliki banyak nutrisi.

Dilansir dari allure, minyak kelapa murni mengandung asam asam laurat, memiliki efek antimikroba yang dapat membantu melawan bakteri, virus, dan patogen jamur. Selain itu, minyak tersebut juga diperkaya vitamin E sebagai zat antioksidan. Dengan adanya komposisi tersebut, apa saja manfaat minyak kelapa untuk kecantikan?

Pelembap Kulit Tubuh

Karena minyak kelapa cukup komedogenik, banyak ahli kulit sebenarnya tidak merekomendasikannya untuk digunakan pada wajah, terutama jika Anda secara alami memiliki kulit yang mudah berjerawat. Namun, Anda bisa memakainya untuk melembapkan kulit tubuh.

Sebagai pelembap kulit tubuh, minyak nabati ini diperkaya asam lemak dan memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi. Sehingga, selain melembapkan kulit, nabati oil tersebut mampu melindungi dan menutrisi kulit tubuh. Dengan mengoleskan minyak kelapa secara rutin, kulit tubuh akan menjadi lebih cantik dan sehat.

Minyak kelapa

Minyak kelapa

Penghapus Makeup

Minyak kelapa adalah penghilang makeup yang bagus, karena dapat melarutkan produk kosmetik yang waterproof atau yang biasa. Anda bisa memakai minyak ini sebagai bahan pembersihan awal. Setelah semua makeup terangkat, Anda harus membilasnya dengan sabun wajah dan air. Sehingga, kandungan lemak pada minyak kelapa tidak menempel dan menyebabkan sebum atau jerawat.

Baca juga:  Perlukah Induksi Saat Persalinan Dilakukan?

Cara membersihkan riasan wajah memakai minyak kelapa terbilang cocok bagi Anda yang suka memakai makeup tebal namun tidak memiliki banyak waktu untuk menghapusnya. Ini karena minyak kelapa dikatakan mampu mengangkat makeup dengan cepat dalam sekali usap.

Masker Rambut Sebelum Keramas

Apakah Anda sering mengalami kesulitan dengan rambut yang rusak dan sulit ditata? Coba gunakan minyak kelapa sebagai masker sebelum Anda keramas. Minyak kelapa yang memiliki kandungan vitamin E dan asam lemak tinggi, dapat membantu memperbaiki kerusakan pada rambut sekaligus melembutkan rambut. Sehingga, rambut menjadi mudah ditata dan sehat. Selain itu, minyak kelapa juga bisa dipakai untuk mengatasi rambut rontok atau kebotakan dini.[1]

Cara memakai minyak kelapa untuk masker rambut tidak sulit. Anda hanya perlu mengoleskan minyak tersebut secara tebal ke seluruh rambut, mulai dari kulit kepala hingga ujung rambut. Diamkan coconut oil selama 30 menit atau hingga agak kering. Setelah itu, Anda bisa membilasnya dengan air dan shampo.

Baca juga:  Mengusung Teknologi Lock + Clear, Benarkah Pond's Acne Solution Daily Expert Moisturizer Ampuh Basmi Jerawat Dalam Tiga Hari?

Lulur

Tidak hanya bagus dijadikan sebagai pelembap kulit tubuh, minyak kelapa juga bisa dipakai untuk luluran. Cara ini konon bisa mengembalikan kecantikan dan kesehatan kulit Anda. Selain itu, minyak kelapa juga memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit dan membersihkan kulit dari kotoran serta sel-sel kulit mati.

Minyak kelapa (sumber: nytimes.com)

Minyak kelapa (sumber: nytimes.com)

Untuk lulur, minyak kelapa bisa dioleskan secara langsung ke kulit secara tebal. Selain itu, beberapa orang suka mencampurnya dengan aneka bahan alami, di antaranya jahe, kunyit, bubuk kopi, bubuk cokelat, beras tumbuk, dan masih banyak lagi.

Lip Balm Sederhana

Sudah banyak produk lip balm yang memakai minyak kelapa sebagai bahan utamanya. Selain bisa membelinya, Anda juga bisa membuatnya sendiri. Minyak kelapa murni harus dicampur dengan wax atau lilin lebah dengan cara dipanaskan. Setelah semuanya cair dan tercampur rata, Anda bisa menambahkan berbagai bahan sebagai penambah warna dan aroma. Anda dapat mencampur ekstrak kelopak mawar atau buah berry untuk menghasilkan warna merah.

Baca juga:  Riset Ungkap, Beberapa Jenis Antibiotik Tingkatkan Risiko Keguguran

Lip balm sederhana yang sudah jadi bisa diletakkan di wadah berupa pot atau tabung lipstik dan didiamkan hingga beku. Produk yang sudah jadi bisa langsung dipakai untuk keperluan melembapkan bibir dan mencegah bibir kering atau pecah-pecah.

Selain itu, banyak orang yang memakai minyak kelapa untuk menghilangkan bekas luka dan selulit. Caranya, Anda hanya perlu mencampurkan dua sendok makan bubuk kopi dengan 5 sendok makan minyak kelapa. Setelah itu, oleskan ke bagian kulit dengan bekas luka atau selulit. Gosokkan bahan tersebut secara perlahan selama 3 hingga 5 menit dan bilas dengan air.

Untuk mendapatkan semua manfaat minyak kelapa, Anda bisa membeli minyak tersebut di toko kosmetik atau minimarket terdekat. Biasanya, minyak kelapa dijual dalam kemasan botol atau pouch dengan isi mulai 100 ml hingga 5 l.

[1] Rizka, Syanaz & Yuliana. 2019. Pengaruh Penggunaan Buah Alpukat dan Virgin Coconut Oil (VCO) terhadap Perawatan Rambut Rontok. Jurnal Pendidikan Keluarga Universitas Negeri Padang, Vol. 11(2): 74-85.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: