Manfaat Meditasi Bagi Mental dan Kesehatan Tubuh

Manfaat Meditasi Bagi Tubuh - www.kiplinger.comManfaat Meditasi Bagi Tubuh - www.kiplinger.com

Ketika Anda merasa cemas dan stres, meditasi bisa menjadi salah satu cara termudah untuk mengatasinya. Meditasi baik untuk kesehatan mental dan tubuh Anda. Walaupun meditasi terlihat sepele dan minim gerakan, namun aktivitas tersebut dapat membantu pikiran Anda untuk rileks dan fokus. Meditasi memiliki banyak manfaat bagi mental dan kesehatan tubuh Anda.

Sebelumnya, Anda harus mengetahui definisi meditasi itu sendiri. Meditasi adalah latihan atau kegiatan untuk menciptakan ketenangan pikiran dan tubuh. Meditasi tidak harus dilakukan di tempat kebugaran. Faktanya, Anda bisa melakukan jenis latihan ini di mana saja tanpa perlu alat khusus. Kuncinya hanya satu, yaitu suasana yang tenang. Agar lebih maksimal, Anda bisa melakukan kegiatan meditasi di alam terbuka yang jauh dari pusat keramaian kota. Berikut kami ulas manfaat meditasi bagi mental dan kesehatan tubuh. 

Manfaat meditasi bagi kesehatan tubuh Anda

Mengurangi Stres

Stres bisa terjadi kapan dan pada siapa saja. Kadar hormon kortisol di dalam tubuh akan meningkat dan tubuh akan melepaskan bahan kimia perangsang peradangan yang disebut sitokin pada saat Anda mengalami stres. Sitokin yang diproduksi tubuh ini memicu Anda untuk mengalami gangguan tidur, meningkatkan tekanan darah, membuat Anda depresi dan cemas. Akibatnya, Anda jadi lebih rentan terkena berbagai penyakit. Namun jangan khawatir, karena kondisi ini bisa diatasi dengan meditasi.

Sebuah penelitian dan studi yang dilakukan oleh Carnegie Mellon University mengamati 33 pria dan wanita usia 18-30 tahun. Mereka diminta untuk melakukan meditasi dan latihan pernapasan dalam 25 menit sehari. Hasil dari penelitian ini adalah air liur partisipan menunjukkan penurunan kadar kortisol. Para partisipan juga merasakan peningkatan dalam memecahkan masalah ketika diberi beberapa soal matematika dan memiliki pemikiran lebih rasional ketika dihadapkan oleh beberapa masalah. Penelitian ini membuktikan bahwa meditasi memiliki banyak manfaat untuk mengurangi stres. 

Manfaat Meditasi Bagi Mental - www.yogajournal.com

Manfaat Meditasi Bagi Mental – www.yogajournal.com

Mencegah Depresi

Depresi dipicu oleh stres dalam jangka panjang. Depresi bisa semakin parah jika tidak mendapatkan penanganan khusus. Jika Anda akhir-akhir ini sering merasakan depresi, jangan khawatir karena hal tersebut bisa diatasi melalui meditasi. Meditasi adalah terapi untuk memberikan ketenangan dan kenyamanan yang bertujuan untuk mencegah depresi. 

Sebuah studi yang dilakukan Rutgers University telah mengamati 55 orang wanita dan 22 orang pria. Seluruh partisipan yang berjumlah 77 orang ini di antaranya memiliki depresi. Mereka diminta mengikuti kegiatan meditasi selama 30 menit lalu dilanjutkan dengan latihan aerobik selama 30 menit selama 8 minggu. Setelah 8 minggu berakhir, ternyata hasilnya memiliki efek positif. Hasilnya menunjukkan gejala depresi berkurang hingga 40 persen. Para partisipan jadi lebih mampu mengatasi masalah dan mengendalikan dirinya untuk tidak cemas secara berlebihan. 

Mengendalikan Rasa Cemas

Selain stres, rasa cemas juga dapat memicu depresi. Sebuah riset mengamati 2.466 peserta yang melakukan berbagai kegiatan meditasi dengan cara yang berbeda. Hasilnya dari penelitian tersebut adalah, orang yang mengikuti meditasi yoga mampu mengurangi tingkat kecemasan. Para peserta jadi lebih mampu mengendalikan kecemasan yang muncul atau bahkan mencegah rasa cemas itu sendiri.

Memperbaiki Kualitas Tidur

Kualitas tidur yang buruk sering dipicu oleh stres, depresi, dan kecemasan secara berlebihan. Hal tersebut bisa diperburuk dengan kondisi tubuh yang lemah. Walaupun kebiasaan sulit tidur dapat diatasi dengan obat tidur, namun penggunaan pil sering kali menyebabkan efek samping yang merugikan.

Sebuah studi membuktikan bahwa orang yang mengikuti meditasi bisa tidur lebih cepat dan lebih nyenyak dibanding dengan orang yang tidak mengikuti meditasi. Peneliti berpendapat bahwa meditasi dapat menenangkan pikiran seseorang. Ketika meditasi, tubuh melepaskan ketegangan dan jadi lebih rileks sehingga dapat tidur lebih baik.

Meningkatkan Imunitas tubuh

Jika Anda sering terkena penyakit seperti flu atau batuk, artinya anda memiliki imunitas tubuh yang lemah. Cara mudah untuk meningkatkan imunitas tubuh bisa melalui meditasi. Menurut sebuah studi, orang yang sering melakukan kegiatan olahraga dan meditasi menunjukkan tingkat kekebalan tubuh yang lebih baik dibandingkan mereka yang tidak aktif.

Mencegah Kecanduan

Kecanduan oleh sesuatu dapat dikendalikan melalui meditasi yang disiplin. Sebuah studi melaporkan bahwa sebanyak 19 orang pecandu alkohol yang digunakan sebagai subjek penelitian dapat mengendalikan keinginan mereka untuk minum setelah melakukan proses meditasi. Fakta ini menunjukkan bahwa meditasi membantu pecandu untuk belajar mengalihkan kebiasaan candunya. 

Manfaat Meditasi Bagi Kesehatan Tubuh - www.insightnews.com.au

Manfaat Meditasi Bagi Kesehatan Tubuh – www.insightnews.com.au

Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi adalah awal dari kompilasi penyakit serius karena tekanan darah yang tinggi bisa membuat jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah. Akibatnya, fungsi jantung semakin buruk dan risiko terkena penyakit jantung seperti aterosklerosis (penyempitan arteri jantung), serangan jantung, dan stroke jadi lebih besar.

Meditasi dapat mengurangi ketegangan pada jantung sehingga tekanan darah akan menurun. Saat tubuh melepaskan ketegangan, sinyal saraf yang mengkoordinasikan fungsi jantung dan ketegangan pada pembuluh darah jadi lebih terkontrol.

Meningkatkan Daya Ingat

Semakin bertambah tua, fungsi otak akan jadi menurun. Meditasi yang menggabungkan nyanyian dan gerakan berulang dapat melatih konsentrasi seseorang. Sebanyak 12 penelitian menunjukkan bahwa meditasi bisa meningkatkan perhatian dan daya ingat dan konsentrasi para lansia. Manfaat lain dari meditasi ini dapat membantu mengendalikan stres, mengurangi rasa kesepian, dan meningkatkan fungsi otak bagi lansia dengan penyakit demensia.

Demikian penjelasan kami mengenai manfaat meditasi bagi mental dan kesehatan tubuh. Info di atas telah kami rangkum dari berbagai sumber. Jika Anda memiliki pertanyaan spesifik mengenai meditasi yang baik bagi kesehatan tubuh yang tidak kami jelaskan di atas, Anda bisa langsung menghubungi dokter atau pakar yang ahli di bidangnya. Semoga bermanfaat. 

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: