Manfaat dan Cara Membuat Masker Seledri untuk Rambut

Rambut sehat, tebal & berkilau (sumber: liputan6)Rambut sehat, tebal & berkilau (sumber: liputan6)

Demi memiliki rambut yang indah, tak jarang orang menggunakan produk perawatan rambut yang mahal, mulai dari masker hingga tonik rambut kimia. Padahal, ada bahan-bahan alami yang biasa Anda jumpai di dapur yang memiliki potensi untuk memperindah rambut. Nah, salah satu bahan yang bisa Anda gunakan untuk merawat rambut adalah seledri.

Seledri merupakan jenis sayuran sekaligus rempah yang mudah dijumpai. Anda bahkan bisa membelinya di tukang sayur atau pasar terdekat. Di balik kemampuannya membuat citarasa makanan menjadi sedap dan lezat, ternyata seledri memiliki khasiat yang baik untuk kecantikan dan kesehatan rambut Anda.

Manfaat seledri untuk rambut dapat dibuktikan dengan adanya kandungan vitamin dan mineral pada sayur tersebut. Dalam satu helai daun seledri, mengandung natrium, vitamin A, vitamin B, kalsium, zat besi, dan masih banyak lagi.[1] Agar semua komponen tersebut dapat diserap oleh rambut dengan baik dan cepat, Anda bisa membuat masker rambut seledri sendiri di rumah.

Cara Membuat Masker Seledri

  • Anda hanya memerlukan beberapa bahan dasar, seperti seledri sebanyak 5 hingga 7 batang, minyak kemiri, dan minyak zaitun. Jika Anda tidak memiliki minyak kemiri atau minyak zaitun, Anda bisa menggantinya dengan minyak kelapa murni atau minyak urang-aring.
  • Siapkan juga peralatan, seperti sendok makan, sisir kuas, mangkuk plastik, pisau, talenan, dan alat penumbuk atau blender.
  • Cucilah seledri terlebih dahulu menggunakan air mengalir hingga bersih. Sebaiknya Anda juga merendam seledri pada air garam sebelum dibilas dengan air mengalir. Ini bertujuan untuk membunuh bakteri, kuman, dan hama tanaman seperti ulat.
  • Potong-potong seledri menjadi 8 bagian dan masukkan ke dalam blender. Sebaiknya Anda tidak menambahkan air atau apapun ketika menghaluskan seledri. Jika blender Anda terlalu sulit menghaluskan bahan tanpa air, Anda bisa memakai alat penumbuk.
Potongan seledri (sumber: theshonet.com)

Potongan seledri (sumber: theshonet.com)

  • Seledri yang sudah berubah bentuk menjadi pasta atau bubur, dapat dipindahkan ke dalam mangkuk plastik. Tambahkan 2 sendok makan minyak zaitun dan 2 sendok makan minyak kemiri, atau 4 hingga 5 sendok minyak kelapa ke dalam wadah plastik. Untuk urang-aring, Anda bisa menambahkan 2 hingga 4 sendok makan saja ke dalam wadah plastik.
  • Aduk semua bahan hingga tercampur rata, sehingga Anda akan mendapatkan masker rambut yang berwarna kehijauan. Jika masker seledri kurang cair, Anda bisa menambahkan minyak lagi ke dalam wadah.
  • Aplikasikan masker seledri dari ujung kepala ke ujung rambut memakai sisir kuas hingga rata. Setelah itu, pijat-pijat kulit kepala dan rambut Anda untuk mempercepat proses penyerapan kandungan masker. Diamkan selama 30 menit agar masker lebih menyerap hingga ke akar rambut.
  • Setelah 30 menit atau masker rambut mulai mengering, bilas menggunakan air dan shampo. Hindari penggunaan air panas atau air dengan suhu di atas normal, karena dapat merusak kandungan masker seledri yang sudah diserap rambut. Shampo sendiri berfungsi untuk menghilangkan minyak yang menempel di rambut Anda.
  • Setelah dibilas menggunakan shampo, pakailah kondisioner agar rambut Anda terasa lebih ringan dan mudah diatur. Selain itu, kondisioner akan membantu menghilangkan aroma masker seledri yang menempel di rambut Anda.
Baca juga:  Berapa Lama Harus Menunggu Aplikasi Setiap Lapisan Skincare?

Jangan lupa untuk mengeringkan rambut dengan handuk agar rambut tidak lepek. Selain itu, Anda bisa mengeringkan rambut dengan cara mengangin-anginkannya. Namun, sebaiknya Anda tidak memakai hairdryer untuk mengeringkan rambut setelah memakai masker seledri. Hawa panas hairdryer dapat membuka pori-pori kulit kepala dan membuat pemakaian masker seledri tidak ada hasilnya.

Keringkan rambut memakai handuk (sumber: realsimple.com)

Keringkan rambut memakai handuk (sumber: realsimple.com)

Manfaat Masker Seledri untuk Rambut

Masker seledri yang dipakai secara rutin setiap 7 hari sekali konon akan membuat rambut Anda menjadi lebih indah dan cantik. Selain itu, masker seledri juga mengandung minyak nabati dan vitamin E yang bagus untuk rambut, terutama bagi Anda yang memiliki rambut kusam, kering, dan bercabang.

Kandungan vitamin E dan minyak nabati akan membantu melembapkan dan menutrisi rambut Anda hingga ke akarnya. Sehingga, rambut akan terlihat lebih berkilau, lembap, dan tidak kusam. Masker ini juga cocok bagi Anda yang sering mengalami rambut kusut atau kaku dan mudah rontok. Karena dua kandungan tersebut akan membantu melembutkan rambut, sehingga rambut lebih mudah disisir, tidak rontok, lembut, dan tidak kaku.

Baca juga:  Marak Beredar Cream Pemutih Berbahaya di Pasaran, Yuk Kenali Ciri-cirinya

Manfaat lain penggunaan masker seledri secara rutin, yaitu untuk menghitamkan rambut. Khasiat masker tersebut cocok bagi Anda yang ingin tampil awet muda dan tidak mudah beruban. Hal ini karena masker seledri akan membantu memperkaya pigmen rambut Anda yang mulai berkurang seiring berjalannya usia.

[1] Nurnanah & Maria Krisnawati. 2014. Pengaruh Hair Tonic Lidah Mertua (Sansevieria Trifasciata Prain) dan Seledri (Apium Graveolens Linn) untuk Mengurangi Rambut Rontok. Journal of Beauty and Beauty Health Education, Vol. 3(1): 1-8.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: