Manfaat Masker Putih Telur dan Madu Untuk Wajah dan Rambut

Masker Madu - (Sumber: alodokter.com)Masker Madu - (Sumber: alodokter.com)

Masker putih telur dan madu dipercaya bermanfaat untuk kulit wajah. Manfaat tersebut antara lain mampu mengatasi masalah komedo dan pori-pori tersumbat. Komedo merupakan salah satu masalah kulit yang mengganggu.

Komedo merupakan kotoran yang menumpuk di bawah permukaan kulit dikarenakan pori-pori tersumbat, sehingga terbentuklah komedo. Komedo dapat berupa blackhead maupun whitehead. Komedo yang berupa blackhead memang berwarna hitam, hal ini karena minyak wajah yang tersumbat bercampur dengan debu dari luar, sehingga warnanya menjadi hitam.

Jika Anda mencari cara mengatasi komedo, pasti sudah banyak menemukan berbagai caranya. Di Indomaret, Alfamart atau di toko lainnya, Anda bisa menemukan benda seperti plester khusus untuk komedo, disebut dengan porepack.

Apabila Anda tertarik menggunakan porepack untuk mengurangi komedo, caranya cukup mudah. Porepack tersebut hanya tempelkan saja di hidung yang sudah dibasahi terlebih dahulu. Tunggu sekitar 15-20 menit, kemudian lepas. Di porepack tersebut, nanti Anda bisa melihat titik-titik kecil yang menempel, itulah komedo yang terangkat.

Madu Alami - (Sumber: manfaatmadulebah.com)

Madu Alami – (Sumber: manfaatmadulebah.com)

Lain halnya, jika Anda tidak tertarik menggunakan porepack, ingin menggunakan cara yang alami. Mungkin Anda bisa mencoba masker yang terbuat dari putih telur dan madu. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Siapkan putih telur (bisa dari telur ayam maupun bebek) dan 1 sdm madu murni.
  • Campurkan keduanya hingga tercampur rata.
  • Oleskan masker tersebut ke kulit wajah secara merata dengan menggunakan jari tangan (juga bisa menggunakan kuas) sambil dipijat perlahan.
  • Diamkan sekitar 15-20 menit hingga kering.
  • Setelah kering, lepaskan masker tersebut secara perlahan.
  • Kemudian bilas menggunakan air hangat.
  • Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa menggunakannya rutin selama seminggu sekali.

Selain dipercaya dapat mengatasi masalah komedo, masker putih telur dan madu ini juga menjadikan kulit cerah, kenyal, kencang serta bercahaya. Disarankan setelah menggunakan masker tersebut, aplikasikan pelembap. Pelembap alami yang bisa Anda pilih adalah minyak zaitun.

Untuk masalah jerawat, masker ini masih dipertanyakan, apakah benar berkhasiat atau tidak. Masker putih telur jika dicampur dengan jeruk lemon bisa membantu masalah jerawat. Apabila jenis kulit Anda termasuk kulit kering, maka ditambahkan madu supaya lembap. Masker putih telur dengan lemon dan madu ini bisa mengencangkan wajah, membuat wajah bersinar dan mengecilkan pori-pori.Penggunaannya pun tidak perlu setiap hari. Anda cukup menggunakan masker 2-3 minggu saja. Sebaiknya gunakan dalam kurun waktu 15-30menit lalu dibilas dengan air hangat.

Jika dalam menggunakan masker ini kemudian kulit Anda berjerawat, kemungkinan bukan disebabkan karena penggunaan masker. Namun, bisa saja bahan yang digunakan kurang bersih, atau ketika mengoleskan masker, tangan Anda kurang bersih sehingga justru mengotori wajah.

Jerawat sendiri muncul bisa disebabkan karena makeup, stres, hormonal, genetis, minyak berlebih dan bakteri. Jika saat ini Anda mengalami jerawat, bisa mencoba dengan menambahkan masker Anda dengan perasaan jeruk lemon setengah buah.

Apabila jerawat Anda tidak kunjung membaik, sebaiknya diobati dengan obat jerawat yang bisa dibeli di apotek, ataupun hasil konsultasi dengan dokter. Untuk selanjutnya, pastikan tempat mencampur masker, bahan masker, serta tangan Anda harus bersih.

Masker telur merupakan metode yang dinilai murah serta efektif untuk mencegah jerawat. Untuk manfaat yang lebih, campurkan putih telur, madu dan lemon, seperti yang dijelaskan di atas. Selain jerawat bisa teratasi, Anda mendapat manfaat lain yaitu kulit terasa kencang.

Masker Putih Telur - (Sumber: vemale.com)

Masker Putih Telur – (Sumber: vemale.com)

Jerawat juga bisa diobati menggunakan masker putih telur dengan tambahan mentimun. Mentimun dan putih telur dipercaya ampuh untuk atasi jerawat karena mengandung astringen yang berfungsi sebagai tonik wajah.

Cara membuatnya :

  • Ambil mentimun ukuran sedang, cuci bersih lalu parut
  • Campurkan parutan timun dan putih telur hingga rata
  • Oleskan ramuan tersebut pada wajah sebagai masker. Diamkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air bersih

Apakah sebelumnya Anda ada riwayat alergi telur? Jika tidak, kemungkinan jerawat tidak disebabkan karena masker. Namun bisa saja bahan yang digunakan kurang bersih, atau ketika mengoleskan masker tangan Anda kurang bersih sehingga justru mengotori kulit wajah.

Bagi Anda yang menginginkan kulit wajah yang cerah, lebih bersinar, dan tidak kusam,  masker ini juga membantu. Masker yang berfungsi memutihkan wajah, yaitu merupakan campuran dari putih telur, lemon, serta kunyit bubuk. Bahan-bahan ini mempunyai sifat mencerahkan kulit dan membantu mengurangi bintik hitam serta mencegah perubahan warna kulit.

Anda juga dapat membuatnya dengan bahan-bahan yaitu empat sendok makan perasan jeruk biasa dan putih telur dari dua butir telur mentah. Setelah dicampur dengan baik, oleskan masker campuran ini ke wajah Anda dan diamkan selama sekitar 15 menit. Lalu, bilas hingga bersih dengan menggunakan air hangat.

Selain itu, Anda dapat mencampurkan putih telur, oatmeal, dan madu. Campuran ini dapat membantu menghidrasi kulit sehingga membuat kulit tampak bercahaya, muda dan sehat. Masker telur mempunyai manfaat untuk melembapkan kulit. Selain telur, Anda dapat membuat masker dengan mencampurkan beberapa potong buah alpukat dan yoghurt.

Putih telur juga juga dapat membantu iritasi kulit. Selain putih telur, tambahkan juga beberapa sendok madu. Racikan ini mengandung zat antiseptik. Jus mentimun juga disarankan untuk dicampur ke dalamnya untuk membersihkan serta melembapkan kulit. Iritasi akibat jerawat bisa Anda atasi.

Di dalam satu butir telur mengandung 7 gram sumber protein, 5 gram lemak, dengan hanya 1,6 gram lemak jenuh dan 75 kalori. Bahkan, telur juga mengandung karotenoid, zat besi, zeaxanthin, lutein, serta vitamin, dan mineral lainnya yang bagus untuk tubuh.

Misalnya, salah satu manfaat telur adalah untuk mengurangi risiko degenerasi makula yang dapat menyebabkan kebutaan pada orang lanjut usia. Selain itu, kandungan kolin yang terdapat di dalam telur juga bisa membantu meningkatkan daya ingat dan perkembangan otak.

Baca juga:  Jerawat Tak Kunjung Hilang? Ini Rekomendasi Facial Foam Untuk Kulit Sensitif dan Berjerawat

Bagi pemilik kulit kering, dapat mencampurkan putih telur dengan madu. Penggunaan masker putih telur dan madu dipercaya dapat mencerahkan, melembutkan, dan menyegarkan wajah.

Apabila berminat membuatnya, Anda dapat mengikuti langkah berikut ini:

  • Pisahkan antara kuning telur dengan putihnya
  • Beri tambahan madu, kemudian aduk hingga rata
  • Oleskan pada wajah secara merata hingga mengering dan wajah terasa tertarik
  • Jangan melakukan gerakan wajah seperti tersenyum dan sebagainya
  • Basuh wajah dengan air hangat untuk membuka pori-pori dilanjutkan dengan air dingin untuk menutupnya.

Selain menggunakan madu, bahan lain yang bisa digunakan sebagai penggantinya adalah wortel, tomat dan bengkoang. Untuk dapat membuat kulit kering menjadi lembap, Anda dapat membuat masker yang terbuat dari putih telur dengan tambahan alpukat.

Langkah membuat masker tersebut adalah ambil buah alpukat yang sudah matang, kemudian keruk daging buahnya. Lalu, haluskan daging buah alpukat tadi sampai benar-benar halus (bisa menggunakan garpu).  Kemudian, tambahkan putih telur ayam kampung lalu aduk hingga merata. Oleskan ramuan tersebut pada wajah hingga mengering. Setelah selama beberapa menit, bilas dengan air hangat lalu basuh dengan air dingin

Selain memakai putih telur sebagai masker untuk wajah, Anda tetap disarankan mengonsumsi telur untuk mendapatkan beragam manfaat yang diberikan. Selain itu, putih telur juga ternyata merupakan sumber protein yang utama di dalam telur. Jadi, bagi Anda yang ingin menikmati manfaat yang juga terkandung di dalam telur, Anda masih bisa mengonsumsi putih telur.

Manfaat dari masker putih telur dan madu ini dirasakan sendiri oleh beberapa orang. Mereka menyebutkan selama beberapa hari menggunakan masker ini, ia merasa kulit terasa kencang dan belang di wajah berangsur memudar.

Selain itu,menurut review, beberapa orang merasakan manfaat setelah rutin menggunakan masker ini, yaitu bekas jerawat dan flek hitam memudar, jerawat perlahan hilang. Telur tidak hanya bermanfaat bagi wajah, tetapi juga bagi tubuh. Ternyata telur juga mempunyai khasiat yang baik untuk rambut dan membuat rambut tampak lebih indah alami.

Tetapi, apakah boleh memakai masker putih telur setiap hari? Menurut sumber, sebaiknya tidak perlu menggunakannya setiap hari.  Masker tersebut cukup digunakan 2-3 minggu saja. Sebaiknya masker digunakan selama 15-30 menit, kemudian dibilas dengan air hangat.

Kandungan yang terkandung di dalam telur dapat membuat rambut lebih bersinar dan bervolume. Namun, telur yang digunakan tidak secara keseluruhan melainkan hanya putihnya saja karena putih telur tidak memiliki bau dan mengandung banyak protein dan kalsium yang dapat memperkuat akar rambut.

Menggunakan putih telur dapat menjadi solusi bagi masalah rambut Anda. Cukup dengan menggunakannya dua kali seminggu maka rambut akan nampak lebih baik. Tetapi, saat Anda sedang melakukan perawatan rambut dengan telur, jangan mencampurkannya dengan bahan kimia seperti sampo karena ini dapat memperburuk kulit kepala Anda.

Putih Telur untuk Masker - (Sumber: falony.com)

Putih Telur untuk Masker – (Sumber: falony.com)

Dalam perawatan rambut menggunakan telur, akan lebih baik jika Anda mencampurkannya dengan beberapa bahan alami lainnya, antara lain:

  • Telur dengan Cuka. Caranya adalah dengan mencampurkan putih telur dengan dua sendok cuka hitam atau putih dapat membuat rambut mengalami pertumbuhan yang lebih baik.
  • Telur dan Jus Tomat. Campuran putih telur dan jus tomat merupakan obat pengusir ketombe yang sangat bagus. Cukup mengoleskannya ke kulit kepala dan membiarkannya selama 15 menit maka bahan alami ini akan meresap dan mampu menghilangkan ketombe.
  • Telur dan Minyak Zaitun. Campuran putih telur dan minyak zaitun dapat digunakan untuk pengobatan akar rambut yang sangat baik.
  • Telur dan Minyak Kelapa. Untuk membuat rambut tampak hitam dan bersinar, Anda bisa menggunakan campuran minyak kelapa dan putih telur sebagai bahan perawatan yang alami.
  • Telur dan Garam. Memijat rambut dengan campuran putih telur dan garam dapat menjadi perawatan yang ampuh untuk kulit kepala gatal dan berkutu.
  • Telur dan dan Susu. Mencuci rambut dengan campuran putih telur dan susu cocok untuk rambut kering dan coklat. Ini bisa membantu untuk meningkatkan volume rambut Anda.
  • Telur dan Madu. Untuk menciptakan rambut yang bercahaya secara alami, Anda bisa menggunakan putih telur dan madu untuk cara yang lebih sehat.

Apabila Anda mempunyai rambut yang berminyak, dan masih bingung bagaimana cara mengatasinya, mungkin bisa mencoba membuat masker berikut:

  • Rambut berminyak pun bisa mendapatkan manfaat baik dari creambath telur. Campurkan telur dengan perasan jeruk dan biarkan mengendap di rambut selama 30 menit. Setelah itu cuci rambut sampai bersih.
  • Anda dapat mencampurkan telur dan jeruk nipis. Manfaat dari masker tersebut dapat membuat rambut berkilau, menyerap minyak berlebih, dan membuat rambut tampak lebih mengembang. Kuning telur yang mengandung vitamin A, D, E, protein, lipid, dan mineral bagus untuk kesuburan rambut.

Selain itu protein yang terdapat pada telur bisa melapisi rambut dengan sempurna. Kandungan lipid atau lemak yang ada pada kuning telur juga dipercaya bermanfaat untuk membuat rambut lebih lembut.

  • Jika memiliki riwayat alergi terhadap telur atau kolesterol tinggi sebaiknya konsultasikan pada dokter Anda tentang penggunaan telur yang tepat sesuai kondisi tubuh. Telur yang baik adalah telur ayam kampung yang organik sehingga bebas dari bahan kimia dan hormon yang disuntikkan pada ayam.

Selain kaya akan protein yang dibutuhkan tubuh, telur memiliki kandungan yang bisa membantu Anda dalam mendapatkan kulit wajah yang diinginkan, dan juga dapat membantu mengatasi masalah rambut.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: