Manfaat Masker Kopi dan Putih Telur, Cara Membuatnya Simpel

Ilustrasi: wanita berkulit wajah cantik & sehat (sumber: thefacialist.co.nz)Ilustrasi: wanita berkulit wajah cantik & sehat (sumber: thefacialist.co.nz)

Banyak wanita yang ingin memiliki kulit wajah yang cantik dan mulus, sehingga tak jarang mereka melakukan berbagai macam treatment dan menggunakan produk berbahan kimia. Meskipun hasilnya baik, treatment dan produk tersebut tentunya cukup menguras kantong. Solusi hemat bagi Anda yang ingin tampil cantik tanpa mengeluarkan banyak uang, yaitu menggunakan masker kopi dan putih telur.

Masker kopi dan putih telur menjadi salah satu solusi hemat dan praktis untuk Anda coba di rumah. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya banyak, di pasaran sendiri, Anda bisa membeli kopi sachet dengan harga mulai Rp5 ribuan dan sebutir putih telur yang bisa Anda dapatkan secara gratis dari tukang jamu pinggir jalan.

Manfaat Masker Kopi dan Putih Telur

  • Menghilangkan Bekas Jerawat. Masker kopi dan putih telur diklaim ampuh untuk menghilangkan noda bekas jerawat. Ini karena kandungan vitamin dan mineral pada masker yang membantu mengangkat sel-sel kulit mati di wajah Anda dan membantu proses regenerasi sel kulit lebih cepat. Sel kulit wajah yang cepat berganti membuat bekas jerawat di bagian permukaan kulit terkikis dengan cepat.
  • Mengecilkan Pori-Pori. Bagi Anda yang ingin memiliki wajah mulus tanpa pori-pori, Anda bisa menggunakan masker kopi dan putih telur. Masker akan membantu mengembalikan ukuran pori-pori yang melebar ke ukuran semula. Sehingga, wajah tampak lebih mulus dan tidak berpori.
  • Menghilangkan Garis Halus. Bagi sebagian besar wanita, seiring bertambahnya usia, akan memiliki garis-garis halus di daerah mata dan sekitar bibir. Ini adalah tanda-tanda penuaan. Untuk mengatasinya, Anda tidak perlu menggunakan produk mahal. Gunakan masker kopi dan putih telur untuk menghilangkan garis halus tersebut.
Ilustrasi: wanita memakai masker kopi & putih telur (sumber: fabhow.com)

Ilustrasi: wanita memakai masker kopi & putih telur (sumber: fabhow.com)

  • Melembapkan Kulit Wajah. Bagi Anda yang memiliki masalah kulit wajah kering dan mengelupas, Anda bisa menggunakan masker kopi dan putih telur. Kandungan mineral dan vitamin pada masker akan menghidrasi kulit dan membuatnya lebih lembap.
  • Mengurangi Kadar Minyak di Kulit. Masker kopi dan putih telur memiliki daya serap yang baik terhadap minyak di kulit Anda. Masker akan membantu kulit Anda untuk mengontrol kadar minyak yang berlebih.
  • Mencerahkan Kulit. Masker putih telur yang memiliki kandungan vitamin akan menutrisi kulit Anda dan menghambat pigmentasi pada kulit, sehingga kulit wajah akan lebih cerah. Selain itu, kulit wajah juga akan lebih sehat karena ternutrisi dengan baik.
Baca juga:  Hilangkan Komedo dengan Benang Gigi (Floss), Seberapa Efektif dan Aman?

Itulah beberapa manfaat penggunaan masker kopi dan putih telur. Manfaat di atas tentunya tidak lepas dari kandungan masker tersebut. Masker ini mengandung protein, kolagen, vitamin E dan C, mineral, anti inflamasi, anti bakteri, antioksidan, dan kafein. Bagi Anda yang ingin mendapatkan manfaat serta nutrisi masker kopi dan putih telur, Anda juga perlu mengetahui cara pembuatan masker yang tepat.

Cara Membuat Masker Kopi dan Putih Telur

Sebelum membuat masker kopi dan putih telur, Anda perlu menyiapkan alat dan bahannya. Untuk peralatan, Anda cukup menyiapkan mangkuk kecil dan kuas masker, sedangkan untuk bahannya, Anda harus menyiapkan kopi dan sebutir telur.

Langkah pertama, tuangkan 2 sendok makan bubuk kopi ke dalam mangkuk kecil. Sebenarnya, akan lebih baik jika Anda menggunakan bubuk kopi asli, bukan kopi kemasan bermerek. Ini karena bubuk kopi sachet biasanya sudah dicampur dengan bahan pengawet yang mungkin berbahaya untuk kulit Anda.

Baca juga:  Pilihan Warna dan Cara Pengaplikasian Maybelline 2 In 1 Lip Gradation

Pecahkan sebutir telur dan pisahkan dengan kuningnya, karena Anda hanya akan membutuhkan putih telur. Kuningnya bisa Anda gunakan untuk memasak atau kebutuhan lainnya. Setelah itu, masukkan putih telur ke dalam mangkuk berisi kopi bubuk. Aduk hingga rata menggunakan kuas masker atau sendok. Anda bisa mengocoknya sedikit agar putih telur tidak terlalu menggumpal. Jika Anda merasa campuran masih terlalu kental, Anda bisa menambahkan sedikit air.

Ilustrasi: kopi dan putih telur (sumber: kamiliaadar.blogspot.com)

Ilustrasi: kopi dan putih telur (sumber: kamiliaadar.blogspot.com)

Masker putih telur dan kopi yang sudah jadi harus segera digunakan agar tidak mengandung banyak bakteri buruk. Gunakan penjepit rambut untuk merapikan rambut bagian depan atau sebaiknya Anda menggunakan bando khusus masker. Setelah itu, bersihkan terlebih dahulu wajah Anda menggunakan sabun wajah dan keringkan dengan handuk.

Setelah wajah benar-benar bersih, aplikasikan masker ke atas permukaan kulit wajah Anda hingga merata. Biarkan masker menempel di wajah Anda selama 15 hingga 20 menit. Bilas menggunakan air biasa dan sabun wajah untuk menghilangkan bau amis masker. Hindari membilas masker menggunakan air hangat atau panas, ini membuat nutrisi yang terserap pada kulit menjadi rusak. Selain itu, juga dapat membuat pori-pori kulit terbuka dan melebar.

Baca juga:  Tak Hanya Membuat kulit mulus, Putih Telur Juga Mampu Mengencangkan Payudara.

Untuk mengeringkan kulit setelah menggunakan masker, juga tidak bisa sembarangan. Hindari menggosok wajah dengan handuk, meskipun tekstur kain handuk tidak keras dan lembut. Menggosok kulit wajah menggunakan handuk dapat membuat kulit iritasi dan kemerahan. Sebaiknya, Anda menepuk-nepukkan handuk dengan lembut di atas permukaan kulit hingga kulit wajah kering. Sehingga, kulit wajah tidak akan iritasi atau kemerahan.

Masker kopi dan putih telur merupakan salah satu jenis masker organik yang bisa Anda gunakan setiap 3 hingga 5 hari sekali dalam seminggu. Gunakan masker tersebut secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya. Menurut beberapa orang yang pernah menggunakan masker tersebut, masker ini juga baik digunakan untuk detoks. Masker akan membantu mengeluarkan  racun yang mengendap di dalam kulit, sehingga wajah akan terjaga kesehatannya. Namun, hasil pemakaian pada setiap orang akan berbeda-beda, tergantung dari kondisi kulit dan kesehatan masing-masing.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: