Manfaat Masker Alami, Ternyata Buah Naga Bisa Melembutkan Kulit

Wanita Menggunakan Masker - (Sumber: cantiknyakulitsehat.com) Wanita Menggunakan Masker - (Sumber: cantiknyakulitsehat.com)

Masker alami adalah masker yang terbuat dari bahan bahan alami seperti -buahan dan sayur-sayuran serta bahan alami lainnya. tubuh dengan bahan-bahan alami masih sering digunakan oleh , meskipun tidak jarang dari mereka juga menggunakan bahan kimia dan merawat tubuh dengan cara pergi ke dokter maupun klinik . Menggunakan masker alami adalah cara yang paling efektif jika ingin tubuh terawat secara aman, terjangkau dan tanpa efek samping yang buruk terhadap tubuh, terutama .

Proses pembuatan masker alami adalah mudah, tidak sesulit yang ada dalam bayangan. Akan tetapi bagi sebagian orang yang terbiasa menggunakan cara praktis, menimbulkan anggapan bahwa pembuatan dan pengaplikasian masker alami adalah rumit.

Masker Alami - (Sumber:  galena.co.id)

Masker Alami – (Sumber: galena.co.id)

Cara membuat masker alami adalah sama, yang membedakan hanyalah bahan yang digunakan. Terdapat berbagai macam contoh masker alami yang bisa anda buat, tergantung dengan jenis perawatan yang anda butuhkan. Berikut adalah beberapa macam jenis masker alami yang bisa anda jadikan opsi untuk perawatan wajah secara optimal.

Masker buah Apel

Apel merupakan buah yang kaya akan kandungan antioksidan. Masker dari buah apel ini sangat cocok bagi pemilik kulit berminyak karena dapat mengontrol kelebihan minyak pada kulit wajah. Blender satu buah apel hingga halus lalu aplikasikan ke wajah secara merata. Diamkan beberapa saat sampai masker mengering dengan sendirinya. Basuh dengan air hangat untuk membuka pori-pori dan mengeluarkan minyak, lalu basuh kembali dengan air dingin agar pori-pori menutup.

Masker buah Stroberi

Anda suka mengkonsumsi stroberi? Lain kali sisakan sedikit untuk dibuat masker. Caranya, blender stroberi namun jangan terlalu halus. Campurkan dengan satu sendok makan madu. Aplikasikan ramuan tersebut ke wajah secara merata dan diamkan selama 30 menit. Ketika masker hampir kering, lakukan pemijatan secara melingkar untuk melepaskan sel-sel kulit mati. Bilas dengan air dingin.

Masker buah Mentimun

Masker mentimun ini akan melindungi kulit wajah dari sengatan sinar matahari. Jadi, jika anda seharian berada di luar rumah tersengat matahari, saat pulang, cobalah untuk membuat masker mentimun ini. Caranya, campurkan jus mentimun, air rendaman mawar dan gliserin nabati. Gliserin nabati bisa Anda dapatkan di toko bahan kimia. Setelah tercampur rata, oleskan ke wajah Anda.

Masker Jeruk Nipis

Jeruk nipis dikenal dengan kandungan dan antioksidannya yang tinggi. Sudah sejak lama, jeruk nipis digunakan sebagai bahan untuk menghilangkan jerawat. Kali ini kita akan membuat masker jeruk nipis untuk membebaskan wajah dari jerawat. Caranya, campurkan minyak sari kacang tanah (yang bisa didapatkan dari apotek atau toko kosmetik) dengan air perasan jeruk nipis. Oleskan campuran ini pada wajah Anda dan diamkan selama 10 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat.

Masker Buah Anggur

Buah anggur ternyata memiliki khasiat untuk menyegarkan dan mengencangkan kulit wajah. Kandungan antioksidannya juga dapat melawan keriput. Untuk membuat masker anggur, caranya cukup simpel. Ambil beberapa buah anggur lalu blender dan saring. Ambil kapas dan celupkan pada jus anggur tadi. Ratakan pada wajah dan biarkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air mawar. Masker ini bisa digunakan setiap hari untuk semua jenis kulit.

Masker Buah Alpukat

Alpukat merupakan buah yang diperkaya dengan nutrisi cukup lengkap. Mulai dari vitamin E, mineral alami, folat, dan masih banyak lagi. Masker alpukat ini sangat cocok digunakan untuk kulit bertipe kering, kusam, dan bahkan bersisik. Gunakan secara rutin untuk mendapatkan kulit lembab alami.

Cara membuat masker wajah alami dari alpukat adalah, potong alpukat menjadi dua bagian, lalu ambil haluskan setengah porsi dari daging buah alpukat tersebut menggunakan blender.

Untuk hasil terbaik kamu juga bisa menambah madu dan minyak zaitun seperlunya. Kemudian oleskan keseluruh bagian wajah kurang lebih 25-30 menit. Bilas dengan menggunakan air dingin sampai bersih.

Masker Buah Pepaya

Terdapat banyak produk pemutih yang mengandung pepaya, misalnya seperti sabun pepaya. Buah ini memang banyak diekstrak dalam produk pemutih karena ia mengandung enzim papain. Papain merupakan enzim yang berguna untuk membantu proses pengelupasan sel kulit mati, sehingga dapat membuka jalan regenerasi sel kulit baru. Hal ini yang membuat kulit menjadi halus, lembut dan segar. Untuk hasil terbaik gunakanlah pepaya hijau atau yang masih muda, karena saat itulah enzim papain bekerja secara lebih efektif.

Langkah untuk membuat masker dari buah pepaya ini adalah dengan cara: kupas kulit pepaya, selanjutnya potong-potong. Haluskan potongan kulit pepaya tadi hingga halus menggunakan blender hingga menjadi pasta. Oleskan secara merata keseluruh bagian kulit dan diamkan kurang lebih selama 20 menit. Lalu bilas dengan air sampai bersih.

Masker Buah Naga

Siapa mengira bahwa buah naga juga bisa anda manfaatkan menjadi masker. Buah naga adalah buah yang memiliki kandungan banyak vitamin dan sangat baik untuk kulit wajah seperti membuat wajah menjadi halus, kencang, bebas jerawat dan flek hitam. Cara membuat masker dari buah naga ini cukup mudah, Pilihlah buah naga yang segar, kemudian kupas, haluskan buah naga hingga menjadi seperti pasta. Oleskan masker pada wajah secara merata. Diamkan hingga kering lalu basuh hingga bersih menggunakan air dingin.

Masker buah bengkoang

Bengkoang sangat terkenal akan manfaatnya dalam memutihkan wajah dengan cepat, menghilangkan flek hitam, dan bahkan untuk mengencangkan kulit. Terbukti dari banyaknya produk kecantikan seperti masker, lulur hingga body lotion yang menggunakan bengkoang sebagai bahan baku utamanya. Namun untuk hasil yang lebih alami, anda bisa membuat sendiri masker ini di rumah dengan cara siapkan satu buah bengkoang yang segar, kupas dan cuci hingga bersih. Parut sampai halus. Peraslah parutan bengkoang dan biarkan mengendap semalaman. Ambil endapan di keesokan hari, kemudian oleskan secara merata. Diamkan sampai mengering lalu bilas dengan air dingin.

Masker susu dan kunyit

Ramuan yang paling favorit adalah campuran dari kunyit dan susu. Kedua bahan dikabarkan dapat membantu memutihkan serta mencerahkan kulit. Selain itu, susu sendiri punya kemampuan untuk melembabkan secara maksimal serta menghaluskan kulit.

Untuk membuat masker ini hanya perlu disiapkan 1 sendok makan susu bubuk, 1 sendok kunyit bubuk, 50 ml air. Cara membuatnya pun mudah, campurkan semua bahan hingga menjadi pasta, oleskan pada wajah dan diamkan selama 10-20 menit atau hingga kering. Kemudian bilas dengan air dingin.

Masker madu

Tak diragukan lagi khasiat madu dalam dunia kecantikan. Manfaatnya yang mampu mencerahkan kulit serta menghapus noda-noda masalah pada permukaan wajah, menjadikan madu alami paling dipilih. Terlebih bahan yang cukup mudah dicari dan harganya terjangkau, perawatan dengan madu terbilang paling simpel. Adapun tata caranya adalah, ambil madu secukupnya, kurang lebih satu sendok makan. Panaskan sebentar hingga hangat.

Tunggu hingga dingin, barulah diusapkan pada permukaan wajah. Apabila terlalu lengket, bisa ditambahkan sedikit air. Gunakan dalam waktu 15 sampai 30 menit atau selama semalaman dan bilas dengan air dingin.

Masker susu dan garam

Masker kali ini resepnya sangat sederhana dan mudah didapat. Campuran antara susu dan garam ini akan membersihkan pori-pori kulit sehingga wajah terlihat lebih bersih dan bercahaya.Campurkan susu bubuk dan garam dengan air perasan jeruk nipis. Oleskan masker ini pada wajah Anda secara merata dan biarkan selama 15 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat dan keringkan dengan kain lembut. Setelah melakukan perawatan ini, pori-pori kulit akan mengecil dan kulit wajah terlihat lebih halus.

Dengan begitu banyaknya manfaat yang kita dapatkan dari masker berbahan alami ini, membuat kita sadar bahwa mempunyai wajah yang halus dan lembut tidak harus dengan biaya yang mahal. Cukup kita manfaatkan apa yang alam telah berikan.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: