Segudang Manfaat Makan Labu Kuning Kukus untuk Ibu Hamil

Mengolah Labu Kuning untuk Sajian Makanan - www.erabaru.netMengolah Labu Kuning untuk Sajian Makanan - www.erabaru.net

Ibu yang sedang hamil dapat memenuhi asupan gizi untuk dirinya dan janin dalam kandungan lewat berbagai cara, termasuk mengonsumsi aneka buah atau sayuran. Nah, salah satu makanan yang banyak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil adalah labu kuning. Pasalnya, labu kuning disebut-sebut menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan ibu hamil. Labu kuning cukup mudah diolah menjadi aneka makanan, mulai dari digoreng, dijadikan labu kukus, atau masih banyak lagi.

Buah labu kuning merupakan buah yang seringkali kita jumpai di sekitar kita. Rasanya yang enak dan manis membuat buah ini banyak disukai orang. Ibu hamil juga bagus mengonsumsi buah ini karena kandungannya berkhasiat membantu memperlancar kehamilan. Di antara kandungan yang menonjol dari buah ini yang bermanfaat bagi ibu hamil adalah vitamin C, kalium, dan zat besi. Zat besi sangat diperlukan dalam pembentukan darah, khususnya hemoglobin (Hb) bagi ibu hamil. Selain itu, kandungan vitamin A pada labu kuning juga sangat bermanfaat bagi kesehatan organ reproduksi.

Kandungan gizi buah labu kuning ialah kalori, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, besi, vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan air.[1] Dilansir dari Alodokter, dalam 100 gram labu kuning, terdapat sekitar 25 kalori, 92 gram air, dan beragam nutrisi seperti berikut.

Baca juga:  Pengaruh Obat Antidepresan Terhadap Kenaikan Berat Badan

Kandungan Nutrisi Labu Kuning

  • 1 gram protein
  • 6,5 gram karbohidrat
  • 0,5 gram serat
  • 2,8 gram gula
  • 20 miligram kalsium
  • 0,8 miligram zat besi
  • 12 miligram magnesium
  • 45 miligram fosfor
  • 350 miligram kalium
  • 8,2 miligram kolin
  • 15 mikrogram folat
  • 425 mikrogram vitamin A
  • 1 miligram vitamin E
  • 1 mikrogram vitamin K

Nah, agar lebih paham, berikut ini sederet manfaat yang bisa Anda rasakan dari konsumsi labu kuning kukus.

Manfaat Labu Kuning - www.dekoruma.com

Manfaat Labu Kuning – www.dekoruma.com

Manfaat Labu Kuning untuk Ibu Hamil

Mencegah Kaki Kram

Beberapa ibu yang sedang mengandung biasanya cukup rentan mengalami keluhan kram kaki. Kondisi ini kabarnya wajar dialami selama hamil muda maupun hamil tua. Namun demikian, jika tidak segera ditangani tentu akan sangat mengganggu kenyamanan ibu hamil saat beraktivitas. Untuk mengurangi keluhan tersebut, ibu hamil bisa rutin melakukan peregangan hingga mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium, kalium, dan magnesium seperti labu kuning.

Baca juga:  Ikan Bermanfaat Untuk Tingkatkan Gairah Seksual dan Kesuburan, Benarkah?

Mencegah Sembelit

Labu kuning juga dikenal baik untuk melancarkan pencernaan. Asupan serat bisa Anda peroleh lewat konsumsi labu kuning yang dikukus.

Menjaga Daya Tahan Tubuh

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, labu kuning kaya akan nutrisi yang penting untuk meningkatkan imun atau daya tahan tubuh ibu hamil. Kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin, E, antioksidan, hingga zat besi dalam labu kuning berperan dalam menjaga daya tahan tubuh ibu hamil supaya tidak mudah terserang penyakit.

Mendukung Tumbuh Kembang Janin

Khasiat lain yang tak kalah penting dari labu kuning adalah kegunaannya untuk mendukung tumbuh kembang janin berkat kandungan folat di dalamnya.

Mencegah Insomnia

Anda kesulitan untuk tidur di malam hari? Konsumsi labu kuning kukus mungkin bisa jadi solusinya. Tidur yang cukup bagi para ibu hamil adalah hal yang penting untuk menjaga kesehatan ibu dan bayinya. Labu kuning kabarnya mengandung asam amino yang bisa membantu meningkatkan kualitas tidur.

Baca juga:  Rekomendasi Produk Toner yang Dikenal Bagus untuk Jenis Kulit Kombinasi

Meningkatkan Sel Darah Merah

Labu kuning kabarnya termasuk salah satu makanan yang dapat mencegah dan mengobati anemia. Labu tinggi zat besi yang dapat mencegah ibu hamil merasa lemah, letih, atau lesu karena kekurangan sel darah merah.

Kandungan Vitamin Labu Kuning - sajiansedap.grid.id

Kandungan Vitamin Labu Kuning – sajiansedap.grid.id

Mengontrol Kenaikan Berat Badan

Saat hamil, sebagian besar ibu akan mengalami pertambahan berat badan yang drastis. Hal itu merupakan sesuatu yang wajar. Tetapi, bila tak dikendalikan dengan baik justru berpotensi membahayakan kesehatan ibu hamil dan bayinya. Oleh sebab itu, untuk mengontrol kenaikan berat badan, Anda biasanya disarankan mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi, namun tetap rendah kalori, misalnya labu kuning.

Namun demikian, konsumsi labu kuning juga sebaiknya tidak boleh berlebihan agar dapat meminimalisir efek samping yang ditimbulkan. Konsumsi labu kuning secara berlebihan mungkin akan menyebabkan perut terasa perih atau bahkan mengalami perut kembung.

[1] Widyawati, V. Buah, Daun, Umbi-umbian, Kacang-kacangan, dan Biji-bijian Tokcer Demi Momongan Berkualitas. 2019. Liana P, editor. Yogyakarta: Laksana, hlm 52.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: